Bank Of Japan: CBDC Bukan Hal Mendesak Bagi Jepang

Anisa Giovanny

1st March, 2020

Parlemen Jepang sebelumnya mengisyaratkan jika negara harus segera mengeluarkan mata uang digital sendiri. Namun inisiatif ini belum didukung penuh oleh Bank of Japan, karena untuk menerbitkan mata uang digital diperlukan pemahaman yang lebih dalam tentang konsekuensinya.

Menurut Reuters pada 27 Februari, Deputi Gubernur Bank of Japan Masayoshi Amamiya menjelaskan bahwa mata uang digital bank sentral (CBDC) memang dapat merampingkan penyelesaian dan memfasilitasi aliran uang swasta, tetapi juga menghambat inovasi keuangan dan bank swasta.

“Ketika negara-negara mempertimbangkan untuk mengeluarkan mata uang digital bank sentral, mereka harus melakukan studi komprehensif tentang bagaimana hal itu mempengaruhi penyelesaian dan sistem keuangan mereka,” katanya.

Baca juga: Jepang akan Rilis Proposal Mata Uang Digital

CBDC Tidak Mendesak di Negara Maju

Amamiya mencatat bahwa tidak seperti negara berkembang, Jepang  tidak bisa secara cepat untuk merealisasikan CBDC. Dia menjelaskan jika negara maju harus fokus pada penanganan pencucian uang melalui regulasi dan pengawasan daripada mengeluarkan mata uang digital.

Meski begitu, sejauh ini Bank of Japan akan membentuk tim peneliti untuk CBDC dan bekerja sama dengan negara lain untuk mengadakan penelitian tersebut, Jepan pun berkolaborasi dengan bank sentral di Kanada, Inggris, Uni Eropa, Swedia dan Swiss.

Pejabat Jepang lainnya telah mengambil sikap yang lebih proaktif dalam mengeluarkan mata uang digital adalah Kepala komisi penelitian sistem perbankan dan keuangan di Partai Demokrat Liberal Jepang, Kozo Yamamoto. Menurutnya Jepang justru harus membuat yen digital dalam dua atau hingga tiga tahun.

Baca juga: Yen Digital Harus Dirilis dalam Dua Tahun

“Lebih cepat lebih baik. Kami akan menyusun proposal untuk dimasukkan dalam pedoman kebijakan pemerintah, dan mudah-mudahan mewujudkannya dalam dua hingga tiga tahun, ” katanya.

Sementara itu, keinginan Jepang untuk membuat mata uang digital sendiri tidak lepas dari keberhasilan Cina membuat CBDC sendiri, dan sebagai antisipasi dari digital yuan Cina yang ditakutkan akan berdampak pada ekonomi Jepang.

Sumber

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency