Berita Regulasi · 7 min read

Parlemen Jepang : Yen Digital Harus Dirilis Dalam Dua Tahun

Kepala komisi penelitian sistem perbankan dan keuangan di Partai Demokrat Liberal Jepang, Kozo Yamamoto. Mengatakan, bahwa Jepang  harus membuat yen digital dalam dua hingga tiga tahun.

Reuters melaporkan pada 10 Februari, bahwa Yamamoto menyatakan, bahwa rencana mata uang digital bank sentral (CBDC) harus dimasukkan dalam pedoman kebijakan tengah tahun pemerintah.

Dia menjelaskan bahwa mata uang digital dapat dengan cepat menyebar di negara-negara berkembang dan membantu Cina yang lebih dulu bekerja pada CBDC  untuk bisa memajukan hegemoni digitalnya. Karena itu, ia mengatakan bahwa pengembangan yen digital harus cepat.

“Lebih cepat lebih baik. Kami akan menyusun proposal untuk dimasukkan dalam pedoman kebijakan pemerintah, dan mudah-mudahan mewujudkannya dalam dua hingga tiga tahun. Jika setiap negara berhasil mengendalikan aliran uang dengan mata uang (digital) mereka sendiri, itu dapat mencegah lonjakan besar pada saat krisis dan menstabilkan ekonomi mereka sendiri, ” ujar Yamamoto.

Baca juga : Jepang akan Rilis Proposal Mata Uang Digital

Pernyataan Yamamoto  tersebut mengikuti ucapan mantan menteri ekonomi dan anggota partai yang berkuasa Akira Amari, yang mengatakan bahwa ia ingin mengeluarkan CBDC untuk melawan digital yuan Cina yang akan datang.

 Yamamoto mengakui bahwa, sementara waktu  penyebaran CBDC dapat merusak supremasi dolar, dan itu akan turut mempengaruhi pasar negara berkembang yang mengandalkan dolar seperti Kamboja.

Keinginan Jepang Meneliti Mata Uang Digital

Anggota parlemen Jepang baru-baru ini juga menyerukan jika  pemerintah mereka  sedang mendorong mata uang digital untuk ditempatkan pada agenda G7 tahun ini.

Lebih lanjut, pada akhir Januari, wakil gubernur Bank of Japan mengatakan bahwa institusi tersebut harus siap untuk mengeluarkan CBDC jika permintaan publik meningkat dalam menanggapi perkembangan teknis.

Selain itu Bank Sentral Jepang juga melibatkan Bank Sentral AS agar rencana mereka dalam meneliti dan menerbitkan mata uang digital berhasil serta dapat mencegah Cina untuk menguasai ekonomi digital.

Cina memang menjadi salah satu negara pemicu yang membuat negara lain ingin meneliti dan menerbitkan mata uang digital sendiri. Perkembangan CBDC Cina pun semakin baik dan sudah menyelesaikan desain lapisan atas serta siap di uji coba di berbagai kota.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.