Berita Altcoins · 7 min read

AVAX Lampaui Solana dan Tron dalam TVL

AVAX Lampaui Solana dan Tron dalam TVL

Menunjukan performa mengesankan, Avalanche (AVAX) mengakhiri Januari 2022 dengan mencatat $8,53 miliar volume yang terkunci dalam ekosistem. Nilai tersebut menandai AVAX yang berhasil melampaui TVL Solana (SOL) dan Tron (TRX).

TVL AVAX. Sumber: DefiLlama

Meski begitu, AVAX alami penurunan cukup dramatis sebesar 27% dalam TVL, turun dari $11,83 miliar pada Desember 2021 menjadi nilainnya saat ini. Namun menariknya, ekosistem masih berhasil menahan bagian terbesar dari SOL dan TRX.

Sementara itu, Solana pada akhir Januari 2022 mencatat volume total yang terkunci senilai $7,98 miliar. Untuk Tron sendiri, nilai total yang terkunci adalah $ 3,87 miliar pada periode yang sama.

Popularitas AVAX Melonjak Sepanjang 2021

AVAX menyaksikan pertumbuhan yang mengesankan pada tahun 2021 ketika jaringan dimulai pada tahun sebelumnya dengan peringkat 70 dalam 100 cryptocurrency teratas.

Avalanche juga menghasilkan setidaknya $194 juta di TVL pada akhir kuartal pertama tahun 2021.

Namun, pada akhir Januari 2022, AVAX berhasil unjuk gigi dengan masuk ke dalam 10 besar cryptocurrency teratas, mengalahkan TRX yang sebelumnya memiliki peringkat sedikit lebih tinggi. 

Selain itu, yang lebih mengesankan adalah TVL dalam AVAX naik 4,295% menjadi $8,53 miliar yang disebutkan sebelumnya.

Sebagian besar keberhasilan jaringan berasal dari ekosistem yang memang alami berkembangan dengan pesat.

AVAX dilaporkan telah memiliki lebih dari 428 proyek yang diluncurkan sejak Agustus 2020, hingga Februari 2022. 15 dari proyek tersebut diluncurkan pada Januari 2022 saja.

Jumlah Proyek Proyek Avalanche Perbulan
Jumlah Proyek Proyek Avalanche Perbulan

Beberapa proyek yang berkontribusi pada TVL AVAX antara lain Platypus Finance (PTP), dengan lebih dari 700 juta Dollar. Wonderland (TIME) dengan keuntungan $400 juta, dan SushiSwap (SUSHI) dengan $213 juta.

Terdapat empat proyek lainnya yang memiliki lebih dari $1 miliar di TVL pada saat penulisan. Proyek-proyek tersebut adalah AAVE, dengan $3,1 miliar, Trader Joe (JOE) dengan $1,41 miliar, Curve (CRV) dengan $1,23 miliar, dan Benqi (QI) dengan $1,11 miliar. Keempat proyek ini setara dengan sekitar 80% TVL di AVAX.

Sementara itu, nilai yang terkunci dalam Avalanche pada Februari 2022 ini juga terpantau masih baik. Sejauh bulan ini, TVL mencapai $10,54 miliar dengan 17 proyek lainnya yang juga telah diluncurkan.

Baca Juga: Review Avalanche (AVAX), Naik 150% dalam Sebulan

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.