Siaran Pers · 6 min read

Avail Rilis Mainnet, Ini Cara Menggunakan Token AVAIL

avail

Token AVAIL adalah token utilitas asli yang penting bagi ekosistem Avail. Token ini memainkan peran kunci dalam desain sistem secara keseluruhan dan arsitektur jaringan.

Saat ini, AVAIL mengamankan jaringan Avail melalui staking dan digunakan untuk mengakses layanan ketersediaan data di Avail DA. Pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang token AVAIL dan penggunaannya pada artikel ini.

Mengatur Wallet Avail

Wallet memudahkan pengguna menggunakan token AVAIL di jaringan Avail. Jika pengguna belum memiliki wallet, pengguna perlu mengatur wallet yang kompatibel dengan AVAIL.

Avail adalah jaringan blockchain permissionless dan siapapun dapat mengatur serta menyediakan wallet yang kompatibel dengan AVAIL kepada pemegang token AVAIL. Meskipun wallet baru akan ditambahkan dari waktu ke waktu, berikut adalah beberapa wallet yang kompatibel dengan Avail yang bisa kamu gunakan.

  • Subwallet;
  • Nova Wallet;
  • Talisman;
  • Klever Wallet;
  • PolkaSafe;
  • Avail Space;
  • Binance Web3 Wallet.

Pengguna juga dapat meninjau panduan pembuatan dan pengelolaan akun Avail di dokumentasi milik Avail. Perhatikan bahwa wallet yang berbeda dapat memberikan jaminan keamanan yang berbeda.

Cara Melakukan Staking di Avail

Staking token AVAIL memberikan kontribusi keamanan kripto-ekonomi yang sangat penting bagi jaringan blockchain Avail, yang melindungi jaringan rollup yang dibangun di atasnya. Siapa pun dapat memperoleh token AVAIL dan melakukan staking untuk mengamankan jaringan Avail dan mendapatkan imbalan.

Dua cara utama pemegang token AVAIL melakukan staking di Avail adalah:

  • Nomination Pools: Ini adalah opsi yang relatif sederhana, dimana pengguna dapat menominasikan token pengguna ke dalam pool nominasi. Administrator pool nominasi kemudian akan menominasikan token ke validator atas nama pemegang token dengan biaya tertentu.
  • Direct Nomination: Alih-alih melalui pool nominasi, nominasi langsung adalah ketika pengguna menominasikan token pengguna langsung ke validator. Ini memberi pengguna lebih banyak kendali atas bagaimana token pengguna dialokasikan dan memungkinkan pengguna menghindari biaya pool nominasi. Namun, ini memerlukan partisipasi aktif dalam jaringan dari pengguna.

Ada berbagai alat yang dapat pengguna gunakan untuk melakukan staking token AVAIL pengguna, termasuk Avail Staking Dashboard resmi yang membuatnya sangat mudah.

Baca juga: Avail Raih Pendanaan Rp1,2 Triliun dari Venture Capital Ternama

AVAIL Liquid Staking

Liquid staking tersedia untuk semua pemegang token AVAIL. Penyedia liquid staking memungkinkan pemegang token untuk melakukan staking token AVAIL mereka sebagai imbalan atas Liquid Staking Tokens (LST) yang mewakili jumlah yang di-stake.

Pemegang LST berpartisipasi dalam mengamankan jaringan melalui staking sambil tetap dapat menggunakan LST untuk kasus penggunaan terkait DeFi.

avail
Gambar: Dasbor liquid staking deq.fi. Sumber: Avail.

Liquid staking tersedia untuk pemegang token AVAIL melalui dApps deq.fi. stAVAIL adalah token ERC20 di Ethereum yang mewakili token Avail yang di-stake. stAVAIL dapat diperoleh dengan minting menggunakan token AVAIL di Deq Protocol yang beroperasi di jaringan Ethereum.

Jika pengguna memiliki token AVAIL di jaringan blockchain Avail, pengguna perlu menggunakan Avail bridge untuk memindahkan token ke blockchain Ethereum terlebih dahulu.

Cara Bridge AVAIL antara Avail dan Ethereum

Avail bridge memungkinkan pengguna menjembatani token AVAIL antara jaringan blockchain Avail dan Ethereum.

avail
Gambar: Bridge jaringan Avail dan Ethereum. Sumber: Avail.

Untuk menggunakan Avail bridge, pengguna perlu mengatur wallet Avail dan wallet Ethereum sehingga pengguna dapat mengirim token dari satu jaringan dan menerimanya di jaringan lain. Alamat wallet pengirim dan penerima akan berbeda untuk setiap jaringan.

Menjembatani token AVAIL dari Avail ke Ethereum biasanya memakan waktu 1-2 jam untuk diselesaikan, pengguna akan tahu ketika prosesnya selesai dengan memantau status di tab transaksi Avail bridge. Perlu dicatat bahwa alamat token AVAIL di Jaringan Ethereum adalah: 0xeeb4d8400aeefafc1b2953e0094134a887c76bd8

Baca juga: Avail Umumkan Pembentukan Avail Foundation

Memantau Blockchain Avail

Cara yang mudah dalam menjelajahi aktivitas on-chain Avail adalah dengan menggunakan explorer blockchain Avail. Dengan explorer ini, pengguna dapat memantau dan melacak transaksi, pengiriman data, aktivitas akun, aktivitas staking, dan banyak lagi.

avail
Gambar: Explorer jaringan Avail. Sumber: Avail.

Ekosistem Avail

Ekosistem Avail berkembang dengan cepat. Lebih dari 110 partnership diumumkan sebelum peluncuran Avail DA di mainnet, dan banyak partner lainnya terus ditambahkan. Pengguna dapat mengikuti perkembangan terbaru Avail di platform X dan dengan memeriksa halaman web ekosistem Avail.

avail
Gambar: Ekosistem Avail. Sumber: Avail.

Cara Mendapatkan Token AVAIL

Avail dapat dibeli di berbagai exchange kripto. Kamu bisa memeriksa mana saja exchange yang sudah menyediakan token AVAIL melalui CoinGecko atau Coinmarketcap.

Harap dicatat bahwa jaringan Avail adalah jaringan mandiri dan pengguna perlu wallet yang kompatibel dengan Avail untuk menyimpan dan menggunakan token AVAIL di luar exchange kripto.

Token AVAIL juga dapat diperoleh melalui grants dari Avail Foundation. Pengguna dapat mengikuti akun X Avail untuk mendapatkan pemberitahuan saat grants tersedia.

Baca juga: Avail DA Merilis Mainnet dan Token AVAIL

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.