Aset Bank Asal UK Sebesar $ 20 miliar Ini Dipindahkan ke Blockchain

febrian surya     Wednesday, December 4 2019

HSBC, salah satu perbankan dan organisasi jasa keuangan terbesar di dunia, sedang merencanakan untuk memindahkan aset bank-nya senilai $ 20 miliar ke platform kustodian berbasis blockchain yang baru pada Maret 2020.

Bank dan perusahaan keuangan lainnya sudah mengelontorkan dana hingga miliaran dolar untuk menemukan kegunaan atau pemanfaatan dari penggunaan blockchain, sebuah buku besar digital yang bisa diperbaruhi secara cepat dan transparan. Namun, hanya sedikit yang menggunakan blockchain sebagai aplikasi praktis dan banyak digunakan, menurut laporan Al Jazeera.

Pemberi saran mengatakan bahwa blockchain pada sektor finansial  akan memotong proses biaya pengeluaran atau yang biasanya masih melibatkan perantara – Meskipun sudah ada contoh yang kuat terkait penggunaan blockchain.

Digitalisasi catatan berbasis kertas

Platform blockchain yang akan digunakan oleh HSBC, diharapkan dapat memberikan peningkatan besar atas sistem bank sebelumnya yang berbasis di London karena digitalisasi aset berbentuk kertas ke blockchain merupakan private placement,  penerbitan saham baru oleh perusahaan, dilaporkan oleh Forbes.

Private placement biasanya dilakukan di atas kertas dan kurangnya standarisasi membuat hal ini menjadi sulit dan tidak efisien untuk mengaksesnya. Apalagi, hal ini berhubungan dengan aset bank berupa saham.

Menggunakan blockchain akan mengurangi waktu yang dibutuhkan investor untuk melakukan cek atas kepemilikan aset tersebut. Platform blockchain baru ini disebut sebagai Digital Vault, yang akan memberikan investor akses real-time ke catatan sekuritas yang dibeli di pasar saham.

Saat ini, aset bank HSBC mencapai $ 50 miliar, di mana sebesar 40% dari aset bank tersebut dipindahkan ke platform blockchain.

Permintaan untuk private placement baik surat-surat hutang dan ekuitas telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan investor mencari tingkat return yang lebih tinggi di saat suku bunga rendah di seluruh dunia.

HSBC memperkirakan nilai keseluruhan secara global dari private placement atau penerbitan saham baru oleh perusahaan akan mencapai $ 7,7 triliun pada tahun 2022, dan meningkat 60% dari lima tahun sebelumnya. Selama periode yang sama. Sedangkan, alokasi uang investor oleh klien manajer aset juga akan tumbuh menjadi 20% dari 9%.

Sumber