FTX Rekrut Eksekutif HSBC untuk Layanan Lembaga Keuangan Tradisional

Anisa Giovanny

6th May, 2021

Pertukaran crypto FTX diketahui telah merekrut mantan eksekutif penjualan valas dari HSBC, salah satu bank terbesar di Inggris. Ia adalah Jonathan Cheesman, yang menjadi kepala penjualan forex untuk hedge fund dan bank di London.

Cheesman bergabung dengan FTX sebagai perantara keuangan tradisional dan pengguna kripto. Perekrutan ini merupakan langkah dari FTX untuk bersiap melayani lembaga keuangan tradisional. .

FTX sendiri merupakan bursa yang  sejak peluncuran dan  operasinya pada tahun 2019 telah tumbuh sangat signifikan dan merupakan pertukaran crypto spot terbesar keempat berdasarkan volume perdagangan.

“Saya sangat senang menjadi fasilitator dan penerjemah bagi orang-orang yang baru mengenal ruang crypto dalam keuangan tradisional,” katanya.

Cheesman diketahui telah menjadi pedagang dan investor kripto sejak 2017. Sebelum HSBC, dia menjadi mitra di perusahaan ventura kripto Distributed Global, dengan fokus pada hubungan dan strategi investor. Sebelum Didistribusikan Global, Cheesman menghabiskan 12 tahun di Goldman Sachs dan Barclays dan bekerja dalam peran penjualan valas.

“Saya akan dapat memanfaatkan hubungan saya di komunitas hedge fund serta melayani dan belajar dari komunitas asli kripto FTX,” katanya dilansir dari The Block.

Langkah untuk Layanan Lembaga Keuangan Tradisional

Perekrutan Cheesman adalah salah satu langkah pertama dalam upaya FTX untuk melayani lembaga keuangan tradisional. CEO FTX Sam Bankman-Fried mengatakan bahwa  FTX saat ini berhubungan dengan lebih dari 30 perusahaan keuangan tradisional, termasuk bank, pemroses pembayaran,hingga  dana lindung nilai/. Hubungan ini sebagai cara untuk mengeksplorasi penawaran crypto.

“Kami secara proaktif menjangkau sejumlah perusahaan keuangan tradisional untuk mengembangkan hubungan, mencari tahu produk mana yang paling mereka inginkan, dan membangun versi beta dari produk tersebut,” katanya.

Bankman-Fried melanjutkan bahwa banyak lembaga keuangan selama setahun terakhir telah memutuskan bahwa mereka akan masuk ke dalam ruang crypto. Sementara sebagian besar dari mereka belum melakukan jual beli dalam volume besar. Namun FTX tetap mengantisipasi apabila ada peningkatan substansial tahun ini.

Cheesman pun memberikan informasi jika beberapa produk yang diminati oleh institusi diantaranya adalah strategi perdagangan derivatif seperti produk indeks DeFi), dan produk pengembalian total seperti staking atau yield farming. Penawaran inti FTX termasuk perdagangan spot dan derivatif, serta produk seperti kontrak pra-IPO dan token saham.

“ Secara keseluruhan, FTX ingin menjadi “mitra nilai tambah” bagi lembaga keuangan tradisional dengan membantu mereka menemukan perdagangan terbaik dan berpotensi bekerja sama untuk  menyusun produk di masa depan.” kata Cheesman. 

Untuk mendukung rencana ekspansinya, FTX saat ini juga meningkatkan “putaran ekuitas besar” untuk mendukung kemitraan strategis. Sam Bankman Fried pun mengkonfirmasi putaran tersebut tetapi menolak untuk membagikan rinciannya karena hal tersebut sedang berlangsung.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency