ART Moments Jakarta Hadirkan NFT Art dari Blockchain Tezos

Anisa Giovanny

6th December, 2021

Art Moments Jakarta Online (AMJO 2) masih berlangsung hingga 21 Desember 2021. Acara yang telah diselenggarakan dua kali ini, mengusung tema Yesterday since Tomorrow is Today.

Lebih dari 1.200 karya dipamerkan dan 56 galeri dari dalam dan luar negeri berpartisipasi.

Dalam AMJO yang kedua ini panitia memberikan ruang bagi karya seni digital dengan menggelar NFT Art Prized Moments menggunakan blockchain Tezos yang ramah lingkungan.

Kegiatan tersebut adalah kompetisi karya seni NFT berskala nasional yang diklaim pertama kali digelar di Indonesia.

Kompetisi tersebut menyediakan hadiah uang tunai sejumlah Rp30 juta. Sementara, dewan juri kompetisi terdiri dari Khai Hori, Prasajadi, dan Detty Wulandari. Pengumuman pemenang akan disampaikan pada 10 Desember 2021.

NFT saat ini tengah populer dan meledak, khususnya di industri crypto, NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token, aset digital yang dapat mewakili aset di dunia nyata seperti foto, video, lukisan, musik, dan lain sebagainya.

Nilai NFT berbeda antar satu aset dengan aset lainnya, maka tidak heran jika aset ini bukan hanya dipertimbangkan sebagai koleksi namun juga investasi, karena semakin langka, unik, dan menarik karya NFT yang dimiliki harganya bisa semakin mahal jika dijual kembali.

“Perkembangan NFT art tanpa dirasa sudah cukup luar biasa dalam setahun ini, terutama di anak muda, kalangan millenial dan Gen Z yang sekarang banyak fokus di NFT Art. Kita buat platform atau wadah untuk masyarakat seni lainnya yang ingin tahu tentang NFT, kita akan cari kreator NFT terbaik”  kata Leo Silitonga, Fair Director Art Moments Jakarta, dalam jumpa pers hybrid di Jakarta, Jumat, 19 November 2021.

Pameran Art Moments Berlangsung Hibrid

Pameran ini berlangsung online hal tersebut dilakukan mengingat pandemi yang masih berlangsung. Kelebihan pameran online menurut Leo mampu menjangkau pengunjung lebih luas dan koleksi karya seniman Indonesia bisa dilihat oleh kolektor mancanegara.

Bagi pengunjung yang tetap ingin melihat secara offline, AMJO pun membukan pameran di tiga lokasi. Di lokasi pertama yang berada Art:1 New Museum sudah terselenggara hingga Minggu, 21 November 2021.

Jadwal berikutnya adalah di CAN’S Gallery pada 3–5 Desember 2021 dan ISA Art and Design Gallery pada 10–12 Desember 2021. Kuota dibatasi menurut protokol kesehatan yang ketat.

Seni Merambah ke Digital

Pameran yang menampilan NFT ini menunjukan bahwa mau tidak mau semua akan bergerak ke dunia digital, termasuk seni, hal tersebut diungkapkan oleh  Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti.

“ Mau tidak mau semua sektor merambah ke digital, termasuk pameran seni. Selain didorong oleh situasi pandemi, pameran digital juga memiliki kelebihan lain, yakni bisa lebih menghemat waktu untuk menikmati karya secara menyeluruh. Di masa sekarang, yang ketinggalan adalah orang yang tidak mau ikuti perubahan, “ katanya.

Ia juga mengapresiasi AMJO 2 memberi ruang lebih besar bagi NFT. Kehadirannya diyakini akan semakin meningkatkan potensi pembeli, terutama kalangan millennial dan Gen Z.

Dapatkan informasi seputar NFT Tezos di sini. 

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency