Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 7 min read

Ark Invest dan VanEck Ajukan Proposal Pengadaan ETF ETH Spot

ETF ETH SPOT

Perusahaan manajemen aset, Ark Invest dan VanEck, telah mengirimkan proposal pengajuan untuk meluncurkan ETF Ethereum (ETH) spot kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat pada Rabu (6/9).

Baca Juga: ETF Ethereum Dapat Lampu Hijau SEC, Harga ETH Rebound +11,3%

Kedua perusahan, yaitu Ark Invest dan VanEck, berencana untuk memperdagangkan ETF ETH spot di Cboe BZX Exchange. Sementara itu, dana dan aset-aset akan disimpan di Coinbase Custody Trust Company.

Pengajuan ETF ETH ini membawa kemajuan besar bagi kelas aset kripto dalam industri keuangan. Namun, perkembangan ini belum memiliki dampak besar pada harga ETH yang tetap stagnan di sekitaran harga US$1.600.

Grafik Harga ETH dalam sepekan 31 Agustus-7 September 2023.
Sumber: Coinmarketcap

Analis ETF Bloomberg, James Seyffar memperkirakan, tenggat waktu SEC untuk menyetujui proposal pengadaan ETF ETH spot akan jatuh pada 23 Mei 2024. Perkiraan ini tak jauh dari tenggat waktu SEC untuk menyetujui ETF BTC spot yang akan jatuh antara 15 Maret 2024 dan 19 Maret 2024.

Mengenal ETF ETH Spot

ETF ETH spot adalah jenis investasi bagi investor yang tidak ingin membeli dan menyimpan ETH secara mandiri. ETF spot ini tidak melibatkan produk-produk keuangan derivatif.

ETF ETH spot akan didasarkan pada nilai Ethereum yang sebenarnya. Dengan kata lain, ETF ETH akan mencerminkan perubahan harga Ethereum yang sesungguhnya di pasar kripto.

Sebelumnya, SEC diberitakan sempat memberikan sinyal hijau untuk menyetujui produk investasi berbasis futures (berjangka). Pada Oktober 2021, SEC telah menyetujui pengadaan investasi ETF dan baru-baru ini menyetujui ETF ETH Futures sejak 18 Agustus 2023.

Di sisi lain, SEC justru terus menunda-nunda keputusan pengadaan ETF BTC spot. Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat menunda keputusan terkait pengajuan ETF Bitcoin spot dari keenam perusahaan, di antaranya adalah BlackRock, Fidelity, Invesco/Galaxy, VanEck, WisdomTree, dan Bitwise.

Batas waktu baru untuk keputusan ETF Bitcoin spot pada bulan Oktober. Dengan kata lain, SEC memiliki waktu tambahan sekitar 45 hari untuk meninjau pengajuan ETF Bitcoin spot.

Baca Juga: Analisis Harga Bitcoin Usai SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin Spot

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.