Berita Altcoins · 6 min read

Aptos Naik +431% Sejak Awal Tahun, Berpotensi Naik Lagi!

Aptos Naik 431%

Aptos (APT) merupakan koin top 100 berdasarkan coinmarketcap dengan kenaikan signifikan dari awal tahun 2023 dari harga $3,45 ke $18,15, kenaikan +431%. Bahkan pada 26 Januari 2023, APT sempat menyentuh harga tertinggi $19,86.

Kenaikan harga yang tinggi ini membuat banyak pengamat kripto mengharapkan koreksi, akan tetapi faktor-faktor ini bisa jadi mendukung kenaikan harga APT masih dapat berlanjut.

Perkembangan Ekosistem yang Stabil

Blockchain Aptos diluncurkan pada Oktober 2022 dan masih dalam tahap awal pengembangan ekosistem.

Pada eksosistem Aptos sudah ada beberapa dApps meliputi DEX dan aplikasi DeFi walaupun aktivitas smart contract saat ini masih terbatas.

Hal ini ditunjukal oleh lebih dari 94% transaksi blockchain adalah untuk transfer APT, menunjukkan aktivitas dApps yang masih sedikit.

aptos
Gambar: Diagram pie menunjukan aktivitas pada blockchain Aptos

Akan tetapi perlu diingat bahwa Aptos adalah proyek yang relatif baru dibandingkan layer-1 lainnya dan masih banyak waktu untuk melihat perkembangan ekosistem Aptos kedepannya. Jika dilihat dari jumlah developer aktif berdasarkan data Token Terminal, Aptos bahkan mengalahkan layer-1 seperti Tezos dan Avalanche meskipun masih dibelakang Cardano, Polkadot, Solana, dan Ethereum.

Gambar: Developer aktif pada blockchain dan proyek kripto
Gambar: Developer aktif pada blockchain dan proyek kripto

Baca juga: Akumulasi Bitcoin Meningkat, Aptos Raih Valuasi $1 Miliar!

Tekanan Jual Terbatas

Tokenomics APT membatasi tekanan jual pada token untuk tahun pertama sejak peluncurannya pada Oktober 2022. Per 30 Januari 2023 hingga Oktober 2023, APT akan mengalami inflasi dalam jumlah peredaran koinnya sebesar 28% secara pro rata perbulannya. Akan tetapi setelah Oktober 2023 akan terjadi lonjakan supply APT.

Dengan demikian, harga APT masih bisa diharapkan naik sebelum inflasi dalam peredarannya meningkat 9 bulan mendatang.

Gambar: Peningkatan jumlah supply APT dari waktu ke waktu

Selain itu, distribusi jumlah pemegang APT terlihat seimbang. Per 30 Januari 2023, Aptos Foundation dengan tag wallet ‘Aptos 1’ hanya memegang 5,36% dari total supply APT saat ini, dan wallet terbesar kedua memegang 1,96%. Bisa dikataan persebaran APT tidak berat sebelah (skewed).

Jadi kemungkinan untuk satu entitas melakukan dumping akan susah karena APT cukup terdistribusi dengan baik.

Top 10 wallet pemegang APT terbanyak
Top 10 wallet pemegang APT terbanyak

Baca juga: Aptos Melonjak 512% dalam Satu Bulan, Ini Kata Binance

Kimchi Premium

Istilah ‘Kimchi Premium’ merujuk pada harga kripto yang diperdagangkan lebih tinggi pada exchange kripto Korea Selatan daripada exchange lainnya.

Hal ini menunjukkan kripto sedang banyak diminati di Korea Selatan. Biasanya kejadian ini muncul sebagai pertanda momentum bullish.

Minat beli yang signifikan untuk APT datang dari pair trading Won Korea Selatan di bursa crypto Upbit. Exchange tersebut menyumbang lebih dari 50% volume perdagangan Aptos.

Harga APT di Upbit diperdagangkan sekitar 1% – 3% lebih tinggi dari harga pasar, yang menunjukkan tingginya permintaan di wilayah tersebut.

Volume perdagangan Aptos
Volume perdagangan Aptos

Ada kemungkinan volume Upbit merupakan wash trading, atau bisa juga merupakan upaya untuk memanipulasi pasar.

Pemilik exchange telah berada di bawah pengawasan regulator berkali-kali di masa lalu.

Meski demikian, tekanan beli kemungkinan akan bertahan hingga premium Kimchi teratasi.

Hingga sentimen negatif dan premium Kimchi hilang, peluang Aptos bergerak lebih tinggi cukup besar.

Baca juga: Naik 267%, Harga Aptos All Time High! Ini Faktornya

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.