Berita Altcoins · 8 min read

Aptos Listing di Bursa! Bagaimana Harganya?

aptos sudah listing di bursa

Aptos, proyek buatan mantan karyawan META telah resmi meluncurkan mainnet pada Senin (18/10). Kini Aptos sudah diperdagangkan di Binance, Coinbase, dan FTX. Cryptocurrency ini juga akan tersedia untuk diperdagangkan di MEXC , ByBit , Bitfinex , Huobi dan OKX, dilansir dari Decrypt, Selasa (19/10/22).

Tokenomics Aptos Picu Kontroversi

Aptos menerbitkan ringkasan distribusi token dan rencana insentif yang lebih lambat dari perkiraan. Calon investor juga mengkritik soal jumlah token APT asli yang dipegang oleh investor swasta dan developer proyek.

Menurut laporan Aptos Foundation, total pasokan awal Aptos pada peluncuran mainnet hari Senin berjumlah 1 miliar, dengan sekitar 510 juta didistribusikan ke anggota komunitas, 190 juta ke tim pengembangan inti dan sisanya ke Aptos Foundation dan investor swasta.

Sementara pembagiannya adalah 410 juta token dipegang oleh Aptos Foundation yang akan dirilis bertahap selama 10 tahun ke depan.

Kemudian 125 juta APT untuk mendukung proyek ekosistem, hibah, dan inisiatif pertumbuhan komunitas yang tidak ditentukan, selanjutnya 5 juta APT untun mendukung inisiatif Aptos Foundation.

Pasokan Aptos 10 tahun mendatang.
Pasokan Aptos 10 tahun mendatang.

100 juta token lainnya dipegang oleh Aptos Labs, entitas terpusat yang mengembangkan dan memelihara blockchain Aptos.

Aptos mengatakan token yang dipegang oleh investor swasta dan kontributor inti saat ini tunduk pada jadwal penguncian empat tahun sejak peluncuran mainnet.

Selain itu ada reward bagi pemegang yang melakukan staking. Tetapi biaya transaksi saat ini dibakar dan dapat berubah berdasarkan keputusan tata kelola yang dibuat oleh komunitas Aptos. 

“Saat ini, tingkat hadiah maksimum dimulai pada 7% per tahun dan dievaluasi di setiap jangka waktu. Namun, tingkat hadiah maksimum turun 1,5% per tahun hingga batas bawah 3,25% per tahun,” dalam keterangan.

Baca juga: Mengenal Aptos, Proyek Crypto Baru Saingan Solana

Performa Blockchain Aptos

Blockchain Aptos diklaim akan mencapai 160.000 TPS dengan menggunakan sistem mekanisme Proof-of-Stake (PoS). Selain itu, data dari firma riset blockchain Coin98 Analytics ekosistem Aptos terdiri dari lebih dari seratus proyek Web3 di seluruh sektor NFT, DeFi, dan Game. 

Tetapi Data on-chain dari block explorer Aptos menunjukkan protokol saat ini hanya memproses 4,02 TPS dan hanya memiliki 102 validator aktif.

Data on-chain proses transaksi hanya empat transaksi per detik.

Menanggapi persoalan tersebut, Dalam sebuah posting di Aptos Discord , tim mengatakan TPS yang ditampilkan hanya “fungsi aktivitas jaringan” dan setelah mengumumkan aktivasi mainnet hanya beberapa jam yang lalu, belum ada transaksi pengguna.

Harga Aptos

Sementara pada saat peluncuran di berbagai macam bursa exchange, harga Aptos diperdagangkan senilai $7,47 dari harga $10,81 dan mengalami penurunan tajam hingga 30,9% pada pukul 11.38 WIB, berdasarkan data Binance. 

Sumber: Binance

Baca Juga: Jumlah Investor Aset Kripto Ungguli Investor Pasar Modal

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.