Aplikasi Cash-Bitcoin No 1 di Google Play, Kalahkan Paypal

Naufal Muhammad

5th May, 2021

Aplikasi Cash milik Square Inc. yang diluncurkan bulan Februari 2018 lalu menjadi aplikasi paling populer menurut Google Play Store di AS untuk kategori keuangan, mengalahkan PayPal.Cash App juga ternyata menjadi aplikasi yang paling banyak di unduh tahun ini di Google Play.

Aplikasi Cash Terus Naik Peringkat

Sebelumnya pada bulan Agustus lalu, CCN mengungkapkan bahwa Aplikasi Cash berhasil menyalip Venmo untuk menempati peringkat kedua dibelakang PayPal dengan tingkat pertumbuhan tetap sebesar 154 persen. Pada bulan yang sama, mereka mengumumkan bahwa telah mengaktifkan layanan pembelian dan penjualan bitcoin untuk pengguna di seluruh 50 negara bagian AS. Tahun 2018, jika kita melihat catatan Square, bisa dikatakan angka pertumbuhan, pendapatan dan laba yang dihasilkan cukup mengesankan.

Didorong oleh popularitas penggunaan bitcoin di kalangan pengguna Cash App. Pada bulan Agustus, CFO Square, Sarah Friar mengatakan bahwa perusahaan tersebut “melihat pertumbuhan nyata” sebagai hasil dari kinerja yang kuat dari Cash App sejak perusahaan mengaktifkan layanan perdagangan bitcoin.

Baca Juga: UNICEF Mendanai 6 Perusahaan Blockchain

Pada saat itu, ia juga mengungkapkan bahwa Aplikasi Cash berada di nomor 15 dan meningkat di peringkat 30 teratas secara keseluruhan di App Store. Sebelumnya pada bulan yang sama, perusahaan mengungkapkan bahwa itu mencatat peningkatan 100 persen dalam laba cryptocurrency di Q2 di atas Q1 meskipun ditengah Bear Market.

Namun demikian, perusahaan bersikeras bahwa sementara cryptocurrency dapat memainkan peran penting dalam produk masa depan dan versi baru dari produk yang sudah ada. Lebih lanjut Friar mengatakan, tujuan sebenarnya adalah untuk meningkatkan utilitas keseluruhan dalam Aplikasi Cash.

CEO Square dan co-founder Twitter, Jack Dorsey, sebelumnya menyatakan bahwa ia membayangkan kedepannya, bitcoin bisa diadopsi menjadi mata uang internet. Menurutnya, strategi pertumbuhan Square memungkinkan orang untuk bertransaksi satu sama lain secara mulus dengan memasukkan ketidakefisienan dalam kerangka pembayaran yang ada, baik itu melalui bitcoin atau fiat.

Ada spekulasi bahwa Square akan memperkenalkan fungsionalitas terkait bitcoin tambahan seperti pemrosesan pembayaran bitcoin atau bahkan pertukaran mata uang cryptocurrency. Kabar itu akan datang sebagai kabar baik untuk Square, yang telah melewati tahun yang berat di market cryptocurrency.

Pada bulan Juni, perusahaan mencapai kapitalisasi pasar tinggi sepanjang waktu setelah menjadi salah satu dari segelintir entitas untuk bisa memenangkan BitLicense dari New York Department of Financial Services  (Departemen Layanan Keuangan New York).

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.