Siaran Pers · 6 min read

Apakah Bitcoin Masuk Fase Bearish? Ini Jawaban Para Ahli

Apakah_Bitcoin_Masuk_Fase_Bear_Market,_Ini_Jawaban_Para

Sentimen negatif masih terus menyelimuti Bitcoin dan aset crypto lainnya, hal ini membuat pergerakan pasar cenderung stagnan dan mengalami penurunan. Sentimen ini pun pada akhirnya menimbulkan pernyataan apakah masa kenaikan Bitcoin atau bullish sudah berakhir dan digantikan oleh bearish yang merupakan fase penurunan?

Menjawab kegelisahan para trader, Coinvestasi pun telah mengadakan Coinfest id yang mengupas tuntas mengenai kondisi pasar crypto saat ini berdasarkan narasumber ahli di bidang crypto.

Narasumber yang mengisi Coinfest pada Sabtu (24/07) di antaranya adalah CEO TRIV Gabriel Rey, CPO PINTU Anthony Thio, Co Founder Zipmex Raymond Thio dan Founder Evolution Trading Kurnia Bijaksana.

Bullish atau Bearish Bitcoin?

Menentukan istilah yang tepat pada pasar saat ini tidak bisa diputuskan sembarangan, paling tidak ada empat pendekatan yang perlu dilakukan seperti  sentimen pasar, ketertarikan institusi, volume exchange dan on-chain, dan analisis teknikal.  

Peak Bull Run menurut data Jaringan (On-Chain) menunjukkan pergerakan Bitcoin yang terjadi pada blockchainnya, memperlihatkan bahwa pada bull-run Des 2017-Jan 2018, terjadi perpindahan Bitcoin sebesar $200B pada waktu itu dalam jaringan (di luar exchange terpusat)  dan pada bull-run kali ini (periode April – Mei 2021) terjadi perpindahan nilai Bitcoin sebesar $450B pada bulan-bulan tersebut dalam jaringan dengan kenaikan sebesar 2.25 kali dibanding bull-run sebelumnya

 “Peak bull run bisa dilihat terjadi pada April dan Mei, setelah itu terlihat turun dan masih belum terlihat kembali naik, kemudian aktivitas retail pun terpantau turun,” kata Gabriel Rey, CEO Triv saat memberikan materi di Coinfest.id

Secara umum menurut Gabriel Rey sentimen pasar crypto saat ini masih dipenuhi oleh kabar-kabar negatif yang membuat jumlah investor dan pencarian crypto di google atau cuitan di Twitter terkait aset tersebut mengalami penurunan.

Hal senada juga dikatakan oleh CPO PINTU, Anthony menurutnya saat ini Bitcoin memang sedang dalam fase koreksi karena banyak retail yang sedang mengambil untung dan miner China yang terkena aturan tegas dari pemerintah terkait kegiatan mining. 

“ Meski begitu perlu dilihat jika 2020 Bitcoin mengalami kenaikan yang sangat pesat karena institusi yang mulai masuk, walau koreksi adopsi aset ini pun meningkat terutama di Amerika,” kata Anthony saat mengisi materi di Coinfest.id. 

Pengaruh sentimen pasar ini pada dasarnya sangat penting bukan hanya untuk crypto saja namun bagi semua alat investasi lainnya, karena ketika ada sesuatu yang negatif atau positif bisa membuat pergerakan pada pasar.

“Retail bisa jual semua aset mereka ketika sentimen negatif tapi ketika positif mereka bisa saja FOMO,” kata CEO Triv.

Melihat paparan dari CEO Triv dan CPO Pintu  ini bisa ditarik kesimpulan jika kondisi Bitcoin memang sedang dalam fase bearish, walau begitu perlu diperhatikan sebagai aset yang volatil perubahan harga Bitcoin sangat mungkin terjadi, dan untuk saat ini tidak ada yang mengetahui kapan fase bearish ini akan selesai dan Bitcoin kembali bangkit.

Begini Nasib Altcoin

Kabar Altcoin pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan Bitcoin, sebab aset ini mayoritas mengekor pergerakan harga Bitcoin. Walau begitu Raymond Co Founder Zipmex Indonesia mengingatkan jika ada 11.000 lebih altcoin yang ada di dunia dengan berbagai tujuan berbeda dan bisa dijadikan pilihan jika ingin melakukan akumulasi di tengah pasar yang sedang turun.

“ Bagi investor pemula, jangan kejar candle hijau dulu tapi pilihlah altcoin dengan fundamental bagus yang bisa bertahan lama,” katanya saat mengisi materi mengenai Altcoin.

Sedangkan Kurnia Bijaksana menambahkan pada dasarnya setiap investor perlu melihat siklus di pasar, siklus adalah hal yang wajar dan ada di seluruh jenis aset. 

“ Ada dua masalah ketika kita melihat siklus pasar, kita tidak tahu berapa lama siklus ini berlangsung dan berapa persen sebuah siklus mengalami kenaikan atau penurunan, namun untuk saat ini altcoin kurang tepat jika dibilang bullish masih akumulasi saja,” katanya.

Karena itu ia memberikan tips bagi para investor di tengah pasar altcoin yang jauh lebih volatil dibandingkan Bitcoin,  diantaranya adalah membatasi risiko, tidak memasukan semua dana di cypto dengan serakah, melakukan analisa dan diskusi dengan orang lain di berbagai forum untuk menambah informasi.

Semua informasi mengenai acara Coinfest.id bisa kamu tonton kembali di Youtube Coinvestasi. Acara ini didukung oleh berbagai bursa crypto terkemuka, di antaranya adalah TRIV, PINTU, ZIPMEX, dan Tokocrypto, Coinfest juga didukung berbagai komunitas crypto tanah air seperti Indonesia Paham Bitcoin, Trading Bareng dan lain sebagainya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.