Berita Altcoins · 7 min read

Analisis Bitfinex Sebut Pasar Kripto Masuki Awal Altcoin Seasons

Altcoin seasons

Analis Bitfinex dalam laporan Bitfinex Alpha minggu ini melihat bahwa pasar kripto saat ini tengah memasuki awal dari musim altcoin atau altcoin seasons. Pandangan ini didukung oleh sejumlah faktor, apa saja? Simak uraiannya berikut ini. 

Momentum Positif Ether

Ether yang menembus level US$3.000, menciptakan latar belakang yang positif untuk altcoin. Kenaikan harga Ether, yang mencapai nilai tertinggi dalam 22 bulan dan penutupan mingguan tertinggi dalam 97 minggu, telah memicu kembali minat investor di pasar altcoin yang lebih luas.

“Perkembangan ini dianggap sebagai katalis signifikan bagi kebangkitan Ether, terutama setelah periode di mana ia tertinggal dari BTC dalam hal persentase pertumbuhan selama beberapa bulan,” kata analis Bitfinex.

Pertukaran kripto juga telah mencatat penarikan Ether dalam jumlah besar dalam empat bulan terakhir, dengan 800,000 ETH senilai sekitar US$2,4 miliar meninggalkan platform sejak awal tahun.

Penurunan cadangan pertukaran ETH menunjukkan krisis pasokan terkuat untuk aset tersebut sejak peningkatan Shapella. Hal ini diperkirakan akan memberikan tekanan ke atas pada harga ETH, yang mungkin memicu musim altcoin.

Baca juga: Altcoin Seasons Telah Tiba? Ini 3 Sinyal Pertandanya

Peralihan Fokus dari Bitcoin 

Peralihan fokus ke altcoin mengikuti lonjakan besar BTC, yang membuat dominasi aset mencapai level tertinggi 55% pada Desember 2023 sebelum melayang di atas level 50% dari 39% yang tercatat selama pasar bearish. Secara historis menurut Bitfinex, langkah seperti itu telah mendahului musim altcoin.

Analis mengungkapkan pola seperti ini pernah terjadi antara Januari 2018 dan Q3 2019, BTC menyaksikan reli yang signifikan selama hampir 600 hari, setelah itu stabil dan memberi ruang bagi altcoin untuk melonjak. Dengan dominasi BTC yang berada di sekitar 51%, apabila ada pergerakan di bawah 50%, maka dapat menandakan momentum di balik reli altcoin, yang akan berlanjut selama beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Menuju Halving Bitcoin 2024, Perusahaan Mining Siapkan Langkah Strategis

Prospek Positif Ekonomi AS 

Dalam laporannya, Bitfinex juga menyebutkan bahwa prospek optimis terhadap perekonomian AS, dikombinasikan dengan perkembangan signifikan dalam dunia mata uang kripto seperti rencana IPO Reddit, kemajuan legislatif dalam pengenalan aset digital, dan peluncuran mikro Bitcoin dan Ether berjangka dalam Euro oleh CME Group, secara kolektif menandakan potensi permulaan musim altcoin. 

Faktor-faktor ini meningkatkan kepercayaan investor, memperluas penerimaan institusional pasar, dan meningkatkan likuiditas, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi altcoin untuk berkembang.

Ketika pasar tradisional dan pasar kripto saling terkait erat, inovasi hukum dan keuangan membuka jalan bagi peningkatan investasi dan minat terhadap mata uang kripto yang lebih beragam, yang berpotensi mengarah pada periode di mana altcoin mengungguli Bitcoin atau aset lainnya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.