Berita Bitcoin · 8 min read

Glassnode Catat Akumulasi Bitcoin Investor Ritel Sentuh All Time High

harga bitcoin naik

Berdasarkan laporan data perusahaan analitik blockchain, Glassnode, sekitar 17% dari total pasokan Bitcoin (BTC) yang beredar saat ini telah dipegang oleh investor ritel. 

Kenaikan tersebut mencapai peningkatan tertinggi sepanjang masa, karena mengingat Bitcoin yang sudah berumur 12 tahun, mengutip dari analis Reflexivity Research, Will Clemente.

Pada bagan Glassnode yang dibagikan oleh Clemente menampilkan persentase pasokan Bitcoin yang dipegang oleh investor ritel dengan kenaikan yang stabil sejak tahun 2011.

Baca juga: Glassnode Sebut Asia Mendominasi Tekanan Jual Crypto

Glassnode menggambarkan ritel menyimpan kurang dari 10 BTC dalam wallet, yang nilainya saat ini hampir US$169.000 (Rp2,6 miliar).

Bitcoin yang disimpan ritel
Bitcoin yang disimpan ritel. Sumber: Glassnode

Sementara, data dari Into The Block juga menunjukkan persentase yang sama, bahwa penyimpanan Bitcoin menunjukkan bahwa wallet  yang memiliki 0-10 BTC telah menyumbang 17,3% dari total pasokan Bitcoin. Angka ini dinilai telah mencapai kurang dari 12% pada awal tahun 2020, namun mulai tumbuh secara eksponensial pada tahun 2022. 

Selain itu, periode lain dari akumulasi ritel besar-besaran termasuk akhir tahun 2013 hingga awal tahun 2014, serta akhir tahun 2017, dan setiap periode akhir bull market dan early bear market untuk Bitcoin.

Kemudian, pada Februari 2021, data menemukan bahwa entitas dengan kurang dari 10 BTC telah menyumbang 13,9% dari pasokan, dan angka tersebut dinilai telah berkembang selama Bitcoin muncul.

Pertumbuhan Bitcoin Semakin Pesat

Meskipun Bitcoin masih dikritik karena kepemilikannya yang terkonsentrasi, dan laporan bloomberg, pada November 2020 mengklaim bahwa hanya 2% akun yang memiliki Bitcoin dari total keseluruhan 95%.

Tetapi seperti yang dilaporkan Glassnode, hal tersebut tidak memperhitungkan perbedaan antara individu dan wallet address, dan termasuk wallet exchange, yang dapat menampung Bitcoin dari ribuan atau bahkan jutaan pengguna yang berbeda.

Jumlah wallet yang menyimpan Bitcoin. Sumber: Glassnode
Jumlah wallet yang menyimpan Bitcoin. Sumber: Glassnode

Bitcoin juga tampaknya memiliki distribusi pasokan yang lebih merata daripada top kripto lainnya, seperti Ethereum dan Dogecoin. Menurut CoinMarketCap, sekitar 64% DOGE dan 38% ETH dipegang oleh wallet sekitar 0,1% dari total pasokan, dibandingkan dengan hanya 9% dari semua Bitcoin.

Sementara itu, data tambahan dari Into The Block juga menunjukkan bahwa pemilik Bitcoin lebih dari 100 BTC memiliki porsi kepemilikan yang menyusut dari waktu ke waktu sebesar 69,5% pada tahun 2013 dibandingkan 59,8% saat ini.

Baca juga: Whale Bitcoin Borong Hampir $1 Miliar BTC!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.