7 Trend NFT Terpanas yang Ada di Industri!

Anisa Giovanny

11th September, 2021

NFT terus melaju, dengan sejumlah besar proyek dan trend NFT baru yang menjadi berita utama. Berikut adalah tren terpanas di industri NFT yang menarik untuk diperhatikan.

Keanggotaan di klub:  Bored Apes

Trend NFT pertama adalah Bored Ape Yacht Club, serangkaian NFT yang menggambarkan kera yang bosan dalam berbagai ekspresi wajah.

Mereka juga menjual dengan uang tunai, satu NFT Ape Bored pernah dijual seharga $ 2,25 juta ETH dengan koleksi menggeser lebih dari $400 juta dari total volume hingga saat ini. Saat ini lebih dari 100 NFT Ape Bored sedang dilelang di Sotheby’s, dengan perkiraan perolehan hingga $18 juta setelah semuanya selesai.

Pemilik Apes  menjadikan Apes mereka sebagai profil Twitter mereka yang bisa dibilang sebagai simbol status, tetapi mereka juga mendapatkan banyak keuntungan dengan kepemilikan mereka.  

NFT ini lebih fokus ke komunitas, di mana yang memiliki NFT Apes bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Misalnya untuk akses ke obrolan Discord untuk pemilik lain termasuk bintang NBA Steph Curry, akses ke merchandise khusus pemilik (seperti dari merek streetwear populer The Hundreds) dan NFT tambahan gratis dari BAYC, seperti Mutant Apes dan Bored Ape Kennel Club.

OG Kuno NFT: EtherRocks, CryptoPunks

Ya posisi kedua ditempati oleh NFT yang bergambar batu, kamu tidak salah baca karena ini memang hanya gambar sebuah batu namun berharga sangat mahal. 

NFT ini disebut EtherRocks, ia merupakan rangkaian 100 NFT yang menggambarkan gambar batu yang diambil dari clip art bebas royalti. Terlepas dari perbedaan warna, mereka semua sama.  

Gambar batu itu terjual seharga lebih dari $100.000 pada awal Agustus. Pada akhir bulan, mereka berhasil dijual seharga  jutaan dolar.

Klaim ketenaran EtherRocks ada dua, pertama, NFT ini terinspirasi oleh kegemaran mainan Pet Rock klasik yang lazim selama tahun 1970-an.

Kedua, mereka memiliki kesan antik karena salah satu jenisnya dibuat pada 2017, di masa-masa awal NFT mulai muncul, maka tidak heran meski bergambar batu NFT ini sangat bernilai terutama bagi para kolektor.

Visa, Budweiser

Perusahaan kini mulai menaruh minat bahkan membeli NFT, salah satu yang terbaru adalah VISA.  Perusahaan ini mengumumkan pembelian CryptoPunk NFT seharga 50 ETH (sekitar $165.000) dengan maksud untuk menambahkannya ke koleksi “artefak perdagangan bersejarah.”

Visa bukan satu-satunya merek yang membeli NFT belakangan ini. Budweiser juga membeli NFT Raksasa bir itu mengubah gambar profil Twitter-nya menjadi sketsa roket bir NFT yang dibelinya seharga $26.000, sekitar 8 ETH pada saat itu.

NFT sendiri merupakan bagian dari seri NFT Rocket Factory, yang dirancang oleh seorang seniman bernama Tom Sachs.

NFT yang dapat dibagi

NFT yang dapat dibagi telah ada selama beberapa bulan, tetapi mereka menjadi terkenal dalam beberapa hari terakhir.NFT ini dapat dipecah menjadi beberapa bagian sehingga lebih murah.

Banyak pengguna crypto sekarang berkumpul bersama di organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) yang berspesialisasi dalam membeli NFT, untuk mendapatkan eksposur ke kelas aset baru ini.

Namun,  NFT yang dapat dibagi ini memunculkan maalah lain, menurut Komisaris SEC Hester Pierce, NFT yang dibagi  ini mirip dengan produk sekuritas yang tidak terdaftar.

“Fraksionalisasi memungkinkan lebih banyak orang untuk memiliki bagian dari kue investasi. Namun, perusahaan yang menawarkan NFT pecahan kepada investor mana pun mungkin tidak menyadari implikasi peraturan dari melakukannya,” kata Philipp Pieper, salah satu pendiri Swarm Markets

NFT Gaming: Axie Infinity,

Tidak ada “tren NFT terpanas” yang akan lengkap tanpa menyebutkan NFT game. Axie Infinity yang berbasis Ethereum dengan cepat menjadi game crypto yang paling menonjol dan sukses, mengumpulkan lebih dari $1,6 miliar volume transaksi NFT sejak Juni.

Ini lebih banyak daripada koleksi atau proyek NFT tunggal lainnya. Bahkan dengan total biaya pembelian minimum ETH senilai beberapa ratus dolar, itu tidak menghentikan permainan dari melonjak. Axie kini memiliki lebih dari satu juta pengguna aktif setiap hari.

Art Blocks

Percaya atau tidak, blockchain tidak hanya dapat menampung token yang mewakili akta kepemilikan untuk sebuah karya seni, tetapi juga benar-benar membuat karya seni itu sendiri.

Itulah premis pasar NFT karya seni generatif yang sedang berkembang.Di mana skrip atau algoritme yang disimpan di blockchain menghasilkan karya seni asli yang unik selama proses pencetakan. Art Blocks sejauh ini adalah pemain terbesar di luar angkasa.

Inisiatif berbasis Ethereum mencakup beragam karya individu oleh berbagai seniman, mencakup beragam gaya dan pendekatan karya seni  dan hampir semuanya melonjak akhir-akhir ini.

Art Blocks melihat volume perdagangan senilai $583 juta pada bulan Agustus saja.

Bangunan Dunia Kolektif: Loot

Inilah tren yang saat ini dipelopori oleh satu proyek, tetapi telah memiliki dampak yang sangat besar. Loot adalah proyek yang digerakkan oleh NFT dari Dom Hofmann.

Ini adalah serangkaian daftar senjata dan peralatan dunia fantasi fiksi. Tidak ada karya seni atau arahan, dan tidak ada perusahaan atau kekuatan kreatif yang mendikte penggunaannya.

Hofmann merilis daftar ini ke dunia (gratis) sebagai prompt pada akhir Agustus, dan komunitas telah merespons dengan mengembangkan beragam alat, proyek turunan, guild, dan inisiatif lain untuk menyempurnakan sesuatu yang lebih.

Daftar Loot NFT sangat diminati berhasil  dijual seharga $954.000 dan sudah mendapatkan volume perdagangan senilai $159 juta untuk set 8.000 NFT.

Itu dia ragam trend NFT yang masih ramai dibicarakan di industri sampai sekarang, dengan berbagai kemajuan dan popularitas yang meningkat trend NFT ini pun diprediksi akan berubah seiring waktu.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency