Berita Altcoins · 6 min read

5 Top Proyek Ethereum Layer-2 Untuk Investasi yang Menguntungkan

5 top proyek ethereum layer-2-03

Beberapa waktu lalu, pengamat cryptocurrency mengkritik Ethereum karena keterbatasannya dalam memproses jumlah transaksi yang begitu banyak dalam waktu singkat. Selain itu, para pengamat mengidentifikasi masalah ini sebagai hambatan terbesar untuk pengadopsian.

Karena kritik inilah, Vitalik Buterin membangun sebuah solusi untuk proyek Ethereum-nya agar dapat menjadi lebih efisien yang disebut Ethereum layer-2.

Ethereum layer-2 adalah Lapisan 2 (L2) adalah istilah yang menggambarkan serangkaian solusi penskalaan Ethereum tertentu. Layer-2 adalah blockchain terpisah yang memperluas Ethereum dan mewarisi jaminan keamanan Ethereum.

Berikut ini 5 top proyek Ethereum Layer-2 dengan kapitalisasi pasar tinggi yang bisa kamu pertimbangkan sebagai instrumen investasi selanjutnya.

1. Polygon (MATIC)

Polygon dengan tokennya MATIC adalah solusi Layer-2 yang mendukung penskalaan Ethereum dan pengembangan infrastruktur.

Hal hebat tentang blockchain ini adalah, jaringan Polygon telah digunakan oleh banyak proyek seperti Sushiswap, Aavegotchi, Chain Games, dan Quickswap.

Keunggulan Polygon adalah menawarkan transaksi yang terukur dan instan. Setiap sidechain Polygon secara teoritis dapat mencapai 2^16 transaksi per blok.

Protokol juga telah mencapai hingga 7.000 TPS di satu sidechain pada testnet internal, yang mana secara signifikan lebih tinggi dari 14 transaksi per detik yang dapat dicapai oleh mainnet Ethereum itu sendiri.

Dengan total US$10.7 miliyar marketcap, token MATIC dari Polygon sepertinya cocok untuk kamu pertimbangan sebagai instrumen investasi selanjutnya.

2. Loopring (LRC)

Solusi penskalaan Layer-2 untuk jaringan Ethereum yang satu ini memiliki fasilitas pembayaran atau transfer dan pertukaran terdesentralisasi (DEX) dengan LRC sebagai token aslinya.

Tim telah mengembangkan rollup zero-knowledge (ZK) yang digunakan untuk menggerakkan pertukaran Loopring. RollupZK dalam protokol juga menjadikannya menonjol dari kawanan Layer-2 lainnya.

Hal itu karena RollupZK mendorong Loopring untuk tidak memberi periode tantangan yang panjang karena validitas transaksi sudah melekat. Oleh karena itu, waktu penarikan lebih cepat daripada Polygon dan Arbitrum.

Dengan menggunakan fasilitas Loopring Pay, pengguna juga dapat mengirim dan menerima aset berbasis Ethereum (ETH) secara instan dan gratis.

Sejauh ini, Loopring telah mencatat total $933 juta dalam market cap.

3. OMG Network (OMG) 

Salah satu crypto layer-2 terbaik untuk dibeli selanjutnya adalah OMG Network, sebelumnya dikenal sebagai OmiseGo.

OMG Network memudahkan pengguna dengan mengurangi biaya sekitar 1/3 dibandingkan sebelumnya, namun tetap menjaga keamanan Ethereum.

Protokol ini juga memungkinkan pengguna untuk mentransfer Ethereum (ETH) dan token ERC-20 lainnya lebih cepat dan lebih murah saat melakukan transaksi langsung di jaringan Ethereum.

Jaringan sudah didukung solusi penskalaan yang disebut MoreViable Plasma, yang memungkinkannya untuk memverifikasi semua sebagai satu transaksi.

Sementara untuk memberikan perkiraan harga yang pasti untuk OMG Network pada tahun ini, sepertinya akan sulit karena tidak banyak analis yang memberikan ramalannya.

Namun kabar baiknya, ada banyak perkembangan positif yang terjadi dan mengarah pada kenaikan harga dalam jangka panjang.

4. Skale (SKL) 

SKALE (SKL) adalah ekosistem multi-blockchain yang dapat diprogram yang dirancang untuk menyederhanakan pembuatan dan pemeliharaan sidechain Ethereum baru.

Protokol ini termasuk yang pertama menghapus struktur Biaya Gas Ethereum. Sebagai gantinya, pengembang menyewa sumber daya jaringan melalui biaya berlangganan yang mencakup biaya pelaksanaan komputasi blockchain mereka.

Dengan cara ini, SKALE menyederhanakan pembuatan dan peluncuran sidechain elastis yang kompatibel dengan Ethereum.

Kini, SKALE telah berkembang menjadi salah satu cryptocurrency terbesar di dunia. Sebagian karena kemitraan dengan sejumlah perusahaan besar serta upgrade protokol yang mendorong masa depan token.

Banyak ahli crypto yang juga percaya bahwa harga SKALE akan naik tajam dalam jangka panjang. Ini sebagian karena seluruh pasar crypto secara umum sedang meningkat dan menjadi semakin terkenal, bahkan ada pemerintah yang terlibat di dalamnya.

Namun, investor harus tetap berhati-hati karena pergerakan harga crypto sangat fluktuatif. Kenaikan harga yang besar dan penurunan harga dapat terjadi dalam jangka pendek.

5. ZKSwap

ZKSwap adalah solusi penskalaan Layer-2, khususnya DEX dengan tipe automated market maker (AMM) yang didukung oleh teknologi zkRollup. Dikembangkan oleh L2Lab, protokol ini telah diluncurkan di mainnet Ethereum.

Protokol ini memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan aset digital tanpa pertukaran terpusat (CEX) secara otomatis dengan menggunakan liquidity pools.

ZKSwap menciptakan lingkungan yang mengkompensasi pengguna untuk tindakan mereka dengan token ZKS dan berusaha menciptakan pasar yang akan mengatasi masalah mengganggu pertukaran lainnya.

Seperti, menghilangkan biaya gas yang tinggi, waktu transaksi yang lambat, serta kapasitas transaksi yang rendah.


Disclaimer: Artikel ini hanya informasi dan edukasi, bukan merupakan saran atau ajakan investasi. Seluruh keputusan pembelian berada di tangan pembaca setelah mengetahui risiko dan keuntungannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.