5 Crypto Potensial saat Pasar Berpotensi Pulih: MATIC, KAVA, CTK, ETC, NEAR

Naufal Muhammad

17th January, 2022

Pekan ini pasar crypto diprediksi mulai membaik dengan banyaknya data onchain yang menunjukkan potensi pergerakan apresiasi harga terutama untuk Bitcoin.

Dalam potensi pemulihan ini terdapat beberapa crypto yang memiliki kabar positif dan kemungkinan besar dapat mendorong harganya naik.

Artikel ini akan memberikan pandangan mengenai lima crypto potensial yang kemungkinan akan naik dalam pekan ini.

Polygon (MATIC)

Pertama adalah MATIC yang akan melaksanakan pembaruan dalam jaringan blockchainnya yaitu Blockchain Polygon.

Dikabarkan bahwa pada 18 Januari 2022, Polygon akan melakukan pembaruan yang mengikuti “induk” jaringannya yaitu Ethereum.

Pembaruan tersebut adalah London Hard Fork yang sebelumnya juga telah dilakukan pada Blockchain Ethereum.

Tujuan dari implementasi pembaruan ini relatif sama dengan Ethereum yaitu untuk mengurangi biaya transaksi dan mengurangi jumlah persediaan.

Adanya mekanisme ini akan membuat sebagian MATIC dalam biaya transaksi dihilangkan atau dilakukan burn.

Lama-kelamaan dengan semakin banyaknya MATIC yang dilakukan burn maka tokennya akan semakin langka.

Jika permintaan terhadap MATIC terus naik, kemungkinan besar harganya juga akan naik karena kelangkaannya juga terus naik.

Dari sisi teknikal, saat ini MATIC sedang berusaha untuk bergerak naik namun masih terhalang oleh batas atas pergerakannya.

Grafik Harian MATICUSD

Kemungkinan besar jika batas atas pada $2.448 dapat ditembus, MATIC dapat kembali naik menuju $3 selama masih menjaga batas bawah pada $1.974.

Kava (KAVA)

KAVA menjadi salah satu crypto yang kemungkinan juga akan mulai bergerak naik bersama dengan adanya potensi sentimen positif.

Pada 19 Januari 2022, KAVA dikabarkan akan melakukan dua pembaruan pada jaringannya yaitu integrasi dengan Cosmos (ATOM) melalui IBC dan pembaruan jaringan Kava 9.

Melalui pembaruan jaringan utama Kava 9, akan lebih banyak aset crypto yang terintegrasi dan tersedia pada platform Kava.

Pembaruan ini juga dipermudah melalui integrasi dengan IBC milik Cosmos, atau Inter-Blockchain Communication yang merupakan sebuah mekanisme untuk komunikasi dengan banyak blockchain.

IBC mempermudah satu aset dari satu blockchain untuk pindah ke blockchain lain tanpa perlu mekanisme rumit dan tanpa biaya tinggi.

Akibatnya, ekosistem Kava dapat terus meningkat bersama volume transaksi akibat lebih banyaknya aset yang masuk ke dalam ekosistemnya.

Dari sisi teknikal, saat ini KAVA baru saja keluar dari zona depresiasinya dan sedang berusaha untuk bergerak naik.

Grafik Harian KAVAUSD

Selama batas bawah pada $5.2 hingga $3.49 masih terus terjaga, KAVA kemungkinan dapat bergerak naik menuju $6.2 hingga $7 dalam beberapa hari ke depan.

Certik (CTK)

Berikutnya adalah CTK yang dikabarkan akan melakukan pembaruan jaringan pada Tanggal 20 Januari 2022.

Pembaruan akan dilakukan pada Shentu Chain yang merupakan jaringan utama dari Certik untuk meningkatkan kemanan dan kualitas penyaringan data.

Walau kabar ini bukan prioritas utama dari CTK, kemungkinan besar adanya pembaruan ini dapat menjadi sentimen positif.

Sayangnya bersama kabar ini volume transaksi terhadap CTK masih relatif kecil sehingga ada kemungkinan dampak positifnya akan terasa cukup lama dan tidak langsung.

Dari sisi teknikal, saat ini CTK sedang bergerak menyamping atau sideways namun berusaha untuk bergerak naik.

Grafik Harian CTKUSD

Jika berhasil menembus batas atas pada $1.52 kemungkinan besar CTK dapat bergerak naik menuju $2 hingga $2.6 dalam beberapa hari ke depan.

Ethereum Classic (ETC)

Selanjutnya adalah ETC yang dikabarkan akan melakukan peluncuran terhadap jaringan uji coba baru bernama Kotti.

Peluncuran tersebut dikabarkan akan dilakukan pada 23 Januari 2022, dan berpotensi meningkatkan kembali volume dan aktivitas pada jaringan Ethereum Classic.

Peluncuran jaringan uji coba ini juga merupakan langkah kedua sebelum peluncuran jaringan utama barunya pada 13 Februari 2022.

Sehingga menuju peluncuran jaringan utama baru tersebut, ada kemungkinan sentimen positif akan terbentuk dan mendorong harga ETC naik.

Dari sisi teknikal, saat ini ETC sedang berusaha untuk bergerak naik setelah keluar dari zona depresiasinya beberapa hari terakhir.

Grafik Harian ETCUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $27.9 masih terjaga, ETC dapat naik menuju $44.8 jika batas atas pada $33.8 dapat ditembus dalam beberapa hari ke depan.

Near Protocol (NEAR)

Terakhir adalah NEAR yang pada pekan lalu telah menarik perhatian banyak investor dengan apresiasi harganya yang mencapai lebih dari 30% dalam beberapa hari.

Walau berisiko tinggi, kemungkinan besar NEAR dapat mengalami apresiasi kembali menuju adanya kabar positif yaitu pertemuan komunitas pada 20 Januari 2022.

Dalam pertemuan tersebut, kemungkinan besar akan ada beberapa kabar positif yang dapat mendorong ketertarikan terhadap NEAR.

Jika dalam pertemuan tersebut benar terdapat banyak sentimen positif seperti janji dari tim NEAR, kemungkinan besar harganya dapat naik.

Dari sisi teknikal, NEAR sedang berusaha untuk terus bergerak naik walau ada kemungkinan koreksi melihat apresiasinya yang sudah tinggi.

Grafik Harian NEARUSD

Selama batas bawah pada $18 masih dapat terjaga, kemungkinan besar NEAR dapat kembali bergerak naik hingga $25 dalam beberapa hari ke depan.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.