5 Crypto Potensial dengan Kabar Positif di Akhir Bulan Agustus

Naufal Muhammad

23rd August, 2021

Bulan Agustus nampaknya diakhiri dengan pergerakan yang berkonsolidasi setelah mengalami apresiasi yang signifikan.

Namun umumnya di akhir bulan terdapat beberapa tekanan jual singkat akibat adanya beberapa penyesuaian di pasar derivatif.

Tapi jika kondisi ini terus bertahan, kemungkinan besar Agustus dapat berakhir dengan apresiasi yang signifikan.

Dalam pekan mendekati akhir Agustus ini, terdapat lima crypto potensial yang memiliki kabar positif dan dapat mendorong harganya naik.

Cardano (ADA)

Pertama adalah Cardano yang diprediksi masih akan memiliki sentimen positif yang kuat akibat dua kabar utama.

Kabar pertama adalah sentimen positif dari pembaruan jaringan yang akan terjadi pada 12 September 2021.

Pembaruan tersebut bernama Alonzo Hard Fork, yang akan membuat beberapa perkembangan termasuk penerbitan smart contracts.

Dengan adanya smart contracts, maka akan semakin banyak proyek baru yang dapat dibangun pada ekosistem Cardano.

Semakin banyaknya proyek baru pada ekosistem tersebut, kemungkinan besar harganya dapat naik secara signifikan, karena kegunaan ADA meningkat.

Pada pekan ini, sentimen positif utamanya adalah terdaftarnya ADA pada bursa BitPoint yang merupakan salah satu bursa terbesar di Jepang.

Akibatnya, kemungkinan besar dengan ekosistem crypto yang berkembang di Jepang, dan positifnya kondisi ADA saat ini, sentimen tersebut dapat menciptakan dorongan beli baru.

Dari sisi teknikal, saat ini ADA berada pada daerah harga tertingginya dan sedang berkonsolidasi di bawah harga tertingginya

Grafik Harian ADAUSD

Kemungkinan besar selama ADA masih dapat menjaga daerah pada $2.45 atau Rp35.444 hingga $2.3 atau Rp33.274 harganya masih dapat bergerak naik.

Tujuan berikutnya jika mengacu pada Fibonacci Extension daerah 161,8% adalah pada harga sekitar $4 atau Rp57.868.

Hedera Hashgraph (HBAR)

Kedua adalah HBAR yang pada Bulan Agustus memiliki bayak sentimen positif terutama dari sisi adopsi penggunaan dan juga pembaruan jaringan.

Sentimen positif yang akan datang pada pekan ini adalah meluncurnya jaringan uji coba baru pada Blockchain HBAR.

Peluncuran ini merupakan kelanjutan dari beberapa peluncuran jaringan uji coba selanjutnya yang akan membawa HBAR kepada blockchain versi terbaru.

HBAR juga baru saja resmi diperdagangkan pada bursa LATOKEN yang kemungkinan dapat mempermudah akses untuk membelinya.

Dengan narasi blockchain yang ramah lingkungan di sekitar Hedera Hashgraph, kemungkinan besar HBAR akan terus bergerak positif.

Hal ini disebabkan hingga saat ini, HBAR masih terbukti sebagai blockchain dengan penggunaan energi paling sedikit dibanding lainnya.

Sehingga dengan banyaknya pembaruan dan kedudukan ini yang terus terjaga, HBAR akan mendapat dorongan beli secara perlahan.

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR sedang bergerak turun setelah terhalang batas atasnya.

Namun selama batas bawah pada $0.21 atau Rp3.038 hingga $0.19 atau Rp2.748 masih terjaga, potensi apresiasi masih dapat terjaga.

Grafik Harian HBARUSD

Kemungkinan besar untuk naik lebih tinggi, HBAR harus melewati $0.25 atau Rp3.616, yang jika ditembus dapat membawanya menuju $0.28 atau Rp4.050.

Apa bila terus bergerak naik, kemungkinan besar HBAR dapat menuju batas atas selanjutnya yaitu pada sekitar $0.32 atau Rp4.629 hingga $0.34 atau Rp4.918

Kava.io (KAVA)

Ketiga adalah KAVA yang akhir-akhir ini mendapatkan sentimen positif akibat ketenarannya dan kegunaannya di sektor Decentralized Finance (DeFi).

Saat ini KAVA dinobatkan sebagai salah satu proyek DeFi yang akan mengalami apresiasi tinggi menurut beberapa analis.

Hal ini disebabkan teknologi baru dari KAVA yang merupakan teknologi fitur cross chain yang mempermudah transaksi antar blockchain.

Bergerak di Blockchain Cosmos, KAVA merupakan salah satu proyek yang bergerak untuk menjadi wadah simpan-pinjam di dunia DeFi.

Keunggulannya adalah fitur cross chain tersebut yang mempermudah peminjaman stablecoins dan crypto lain serta melakukan deposit untuk mendapatkan keuntungan.

Sentimen positif yang akan datang saat ini kemungkinan besar adalah pembaruan jaringannya, dimana jaringan utama baru akan muncul pada 30 Agustus 2021.

Saat ini banyak pihak yang memprediksi bahwa harga KAVA akan naik secara signifikan bersama kabar peluncuran jaringan baru.

Hal ini disebabkan akan semakin banyak pengguna platformnya yang juga akan meningkatkan kebutuhan atas KAVA.

Dari sisi teknikal, saat ini KAVA sedang bergerak naik di daerah harga tertingginya namun terlihat tertahan untuk naik lebih tinggi di daerah $9.1 atau Rp131.649.

Grafik Harian KAVAUSD

Selama batas bawah pada $7.4 atau Rp107.055 hingga $6.6 atau Rp95.482 masih dapat terjaga, KAVA masih memiliki kesempatan untuk naik.

Tujuan berikutnya jika mengacu pada Fibonacci Extension di 161.8% kemungkinan besar KAVA akan bergerak hingga $12 atau Rp173.604.

Fantom (FTM)

Keempat adalah Fantom, yang diprediksi akan bergerak naik bersama dengan sentimen positif dari Shield Protocol (SHIELD).

Pada 24 Agustus 2021, Fantom dikabarkan akan resmi terintegrasi pada Shield Protocol sebagai peningkat kualitas jaringan. .

Kabar ini dapat menjadi sentimen positif akibat membuat kegunaan Fantom semakin luas, dan mendorong ketertarikan terhadap FTM meningkat.

Melihat signifikansi FTM dalam integrasi ini, kabar tersebut dapat menjadi bukti bahwa FTM dapat menjadi solusi untuk mempercepat transaksi dalam sebuah jaringan.

Selain itu, saat ini kondisi FTM juga terus terlihat positif, dengan platformnya yang terus mengalami pencapaian baru.

Dari jumlah token yang terkunci di dalamnya (TVL) hingga pengguna baru yang terus meningkat, saat ini FTM sedang berada dalam kondisi yang positif.

Walau relatif tergolong baru tenar, FTM dapat mengalami apresiasi yang cukup signifikan, namun nampaknya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dari sisi teknikal, saat ini FTM sedang bergerak turun, namun kemungkinan besar dapat kembali bergerak naik bersama kabar integrasi tersebut.

Grafik Harian FTMUSD

Saat ini FTM terlihat terhalang oleh batas atasnya pada $0.578 atau Rp8.361 dan sedang bergerak turun untuk koreksi kecil.

Selama batas bawah pada $0.485 atau Rp7.016 masih terjaga, kemungkinan besar harganya masih dapat kembali bergerak naik.

Tujuan berikutnya terlihat berada pada $0.65 atau Rp9.403 hingga $0.80 atau Rp11.573 yang kemungkinan akan tercapai jika batas atas saat ini berhasil dilewati.

Ocean Protocol (OCEAN)

Terakhir adalah OCEAN yang saat ini sedang mendapatkan ketenaran akibat akan menjadi proyek revolusioner di bidang data dunia crypto.

OCEAN bergerak sebagai salah satu bursa atau platform perdagangan untuk data yang dilakukan secara transparan dan aman.

Data saat ini merupakan salah satu komoditas yang penting, dan OCEAN ingin memberikan cara yang tepat untuk memperdagangkan komoditas tersebut.

Oleh karena itu, melihat tujuannya yang juga untuk menjaga keamanan pemberi dan pemilik data dalam “meng-uang-kan” data, ketertarikan terhadapnya sedang meningkat.

Sentimen positif yang akan datang pada akhir bulan ini adalah rapat dari tim yang akan membahas mengenai fitur DAO atau Decentralized Autonomous Organization.

DAO akan membuat para pihak yang terlibat termasuk investor OCEAN dan pengguna bursanya untuk memberi suara saat ada pembaruan.

Rapat tersebut akan mendiskusikan bagaimana kualitas DAO dapat ditingkatkan, dan juga bagaimana rencana OCEAN ke depannya.

Jika hasil rapat tersebut berakhir positif dan tersebar beberapa informasi baru, kemungkinan OCEAN dapat naik signifikan.

Dari sisi teknikal, saat ini OCEAN baru saja melewati batas atasnya dan terlihat masih berusaha bergerak naik walau sedang terkoreksi.

Grafik Harian OCEANUSD

Selama batas bawah pada $0.89 atau Rp12.876 masih terjaga, kemungkinan besar OCEAN masih dapat naik menuju batas atas selanjutnya.

Jika berhasil melewati $1.12 atau Rp16.203 kemungkinan besar OCEAN dapat terus naik hingga menuju $1.27 atau Rp18.373

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.