5 Crypto Potensial Bulan Agustus Saat Pasar Berpotensi Pulih

Naufal Muhammad

2nd August, 2021

Agustus nampaknya dimulai dengan potensi pemulihan pasar walau pada pekan pertama dibuka dengan koreksi yang dipimpin Bitcoin.

Namun melihat kondisi pasar yang telah berusaha naik cukup signifikan, ada potensi pemulihan untuk mayoritas crypto.

Hal ini disebabkan pergerakan mayoritas crypto yang telah naik dari daerah batas bawah utamanya dan sedang berusaha naik lebih tinggi.

Mengingat adanya beberapa kabar potensial di bulan ini, dalam artikel ini akan dituliskan lima crypto potensial dengan potensi kabar tersebut.

1. Ethereum (ETH)

Pertama adalah Ethereum yang diprediksi akan naik signifikan akibat adanya pembaruan jaringan pada Blockchain utama.

Pembaruan tersebut adalah London Hard Fork yang dikabarkan akan terjadi pada 4 Agustus 2021 yang akan membawa perubahan besar.

Perubahan besar yang dimaksud adalah perubahan terhadap seluruh ekosistem Ethereum yang terutama dari sisi efisiensi dan koinnya.

Dengan pembaruan ini nantinya Ethereum akan mulai terbatas dalam jumlahnya, dimana nanti jumlah Ethereum yang beredar akan berkurang hingga 1,4% per tahun.

Cara tersebut dilakukan dengan menghilangkan sekitar 70% dari biaya transaksi yang telah terjadi pada Blockchain Ethereum setiap transaksi terjadi.

Dalam waktu dekat akan ada β€œSmart Contract Summit” pada 5 Agustus yang akan membahas Sektor Decentralized Finance (DeFi).

Acara tersebut nampaknya akan membahas bagaimana implementasi Smart Contracts dapat memperbesar ekosistem crypto terutama DeFi.

Sehingga crypto lain seperti AAVE, LINK, dan 16 crypto lain yang menjadi partisipan diprediksi mendapatkan sentimen positif.

Ethereum juga akan mendapatkan imbas dari acara tersebut akibat memiliki pangsa pasar terbesar di dunia DeFi.

Jadi kemungkinan besar Agustus dapat menjadi bulan yang baik untuk Ethereum, terutama dengan banyaknya narasi DeFi Summer 2.0.

Grafik Harian ETHUSD

Dari sisi teknikal saat ini Ethereum sedang berusaha untuk naik lebih tinggi setelah berhasil masuk ke daerah batas atasnya.

Namun apresiasi harga ini membuat banyak pihak khawatir akibat terlihatnya 11 candlestick hijau tanpa adanya koreksi.

Namun selama batas bawah pada $2500 masih terjaga, kemungkinan besar harganya masih dapat terus naik.

Target berikutnya terlihat berada pada $2879 sebelum kembali naik ke daerah batas atas berikutnya di sekitar $3389 hingga $3915.

2. Hedera Hashgraph (HBAR)

Berikutnya adalah HBAR yang diprediksi akan mendapatkan ketertarikan lebih tinggi bersama dengan adanya pembaruan jaringan.

Pembaruan jaringan tersebut akan dilakukan kepada jaringan utamanya, yang akan membuat perpindahan menjadi versi 0.16.1.

Kemungkinan besar pembaruan jaringan ini dapat membawa adanya adopsi baru pada jaringan HBAR.

Hal ini disebabkan adanya kecocokan baru untuk lebih banyak teknologi proyek dan juga penggunaan energi HBAR yang relatif kecil.

HBAR sendiri dikenal sebagai salah satu crypto dengan biaya energi yang rendah dan ramah lingkungan.

Melihat masalah energi yang sedang dibahas dan marak di pasar crypto, kemungkinan dengan pembaruan jaringan ini, HBAR dapat naik cukup signifikan.

Grafik Harian HBARUSD

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR sedang bergerak dalam zona batas atasnya yang kemungkinan dapat melanjutkan pergerakan apresiasi di Agustus.

Namun kemungkinan koreksi akan tetap terjadi, melihat apresiasi dari HBAR yang sudah cukup signifikan.

Selama batas bawah $0.18 masih terjaga, kemungkinan besar tujuan apresiasi selanjutnya adalah menuju $0.25 hingga $0.27 jika berhasil melewati $0.21.

3. Helium (HNT)

Ketiga adalah Helium yang ketertarikannya juga sedang meningkat terutama di sektor Non-Fungible Token pada Blockchainnya.

Hal ini disebabkan HNT yang bergerak dengan biaya transaksi yang cukup rendah, terutama di dunia NFT dimana biaya penerbitan NFT relatif rendah.

Hal tersebut membuat adanya ketertarikan yang tinggi yang membuat jaringan Blockchain HNT relatif berjalan dengan banyak ketertarikan.

Selain itu dengan inti pokok utama Helium yang bergerak dengan tujuan membawa seluruh hal terkait internet lebih maju, maka perkembangannya relatif terjadi secara cepat.

Sentimen positif yang berpotensi mendorong HNT naik lebih tinggi adalah Halving yang baru saja dilakukan untuk jaringan Helium.

Saat ini HNT resmi telah melakukan Halving yang membuat jumlah koin yang keluar per bulan menjadi 2,5 Juta dari sebelumnya 5 Juta.

Hal tersebut akan membuat HNT lebih langka, yang jika ketertarikan terhadapnya terus meningkat, dapat membuat harganya naik signifikan.

Grafik Harian HNTUSD

Dari sisi teknikal, saat ini HNT sedang naik ke zona batas atasnya yang kemungkinan akan mengalami koreksi kecil melihat apresiasinya.

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $12.1 masih terus terjaga, HNT dapat naik menuju $18 hingga $21 jika $15 berhasil dilewati.

4. Kava.io (KAVA)

Selanjutnya adalah KAVA yang diprediksi akan menjadi salah satu proyek DeFi yang mengalami ketertarikan tinggi di Agustus 2021.

Hal ini disebabkan adanya peluncuran jaringan utamanya yang akan terjadi pada Agustus 2021 yaitu di sekitar akhir bulan.

Proyek DeFi yang fokus pada fitur cross-chain ini membuat investor memiliki akses yang mudah untuk menghasilkan keuntungan dari berbagai proyek di berbagai platform.

Selain itu, proyek ini juga mempermudah perpindahan dana antar blockchain yang juga baik untuk pihak peminjam dana.

Saat ini KAVA juga telah berhasil meluncurkan jaringan uji coba sebelum peluncuran utama di akhir Agustus.

Jaringan uji coba tersebut dikabarkan telah mendapatkan ketertarikan yang tinggi, dengan volumenya yang naik hingga mencapai angka tertinggi.

Grafik Harian KAVAUSD

Dari sisi teknikal, saat ini KAVA sedang bergerak naik keluar dari zona batas atas sebelumnya dan kemungkinan dapat naik lebih tinggi.

Selama batas bawah pada $5.2 hingga $4.6, kemungkinan besar KAVA dapat kembali naik lebih tinggi hingga menuju $6.6 bahkan dapat mencapai $7.4.

5. StackOS (STACK)

Terakhir adalah proyek yang relatif baru yang sedang mengalami ketertarikan tinggi akibat adanya peluncuran jaringan utama.

Peluncuran jaringan utama ini akan dilakukan pada 16 Agustus 2021 yang dapat membawa sentimen positif terhadap proyek tersebut.

Proyek ini adalah StackOS yang merupakan sebuah platform yang mempermudah individu untuk memberikan ruang kosong pada tempat penyimpanan komputer agar dimanfaatkan,

Penyediaan Cloud atau ruang kosong ini bertujuan untuk dimanfaatkan oleh para developer yang ingin membangun aplikasi atau bahkan blockchain.

Sehingga, STACK berperan sebagai perantara antara yang ingin menyediakan ruang atau Cloud dan yang membutuhkannya untuk menyimpan informasi.

Tujuan dari penyediaan platform ini adalah agar menghindari penyedia Cloud yang tersentralisasi yang dapat memanfaatkan data yang disimpan di dalamnya.

Contoh penyedia Cloud yang tersentralisasi adalah Google, yang dimana saat ini mayoritas crypto bergerak untuk menyediakan alternatif terhadapnya.

Dengan adanya peluncuran jaringan utama baru, kemungkinan adopsinya akan semakin tinggi terutama juga dengan banyak perbincangan di sekitarnya.

Grafik Harian STACKWETH

Dari sisi teknikal, saat ini STACK baru tersedia di bursa terdesentralisasi seperti contohnya adalah Uniswap (UNI).

Saat ini STACK resmi diperdagangkan dengan menggunakan Ethereum sehingga pergeraan harganya terlihat berdasarkan denominasi ETH.

STACK saat ini sedang bergerak naik terhadap ETH dan melihat ETH sedang naik terhadap Dolar Amerika (USD) maka harga STACKUSD juga sedang naik.

Selama batas bawah pada sekitar 0.000027 atau $0.0688 hingga 0.00022 ETH atau $0.0561 masih terjaga kemungkinan STACK masih bisa naik.

Tujuan berikutnya jika naik lebih tinggi terlihat berada pada sekitar 0.00034 ETH atau $0.0867 hingga 0.00041 ETH atau $0.1045.

Seluruh harga tersebut dihitung menggunakan harga Ethereum pada $2550 yang hingga saat ini masih bergerak di harga tersebut.

*Disclaimer

Analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan ajakan atau saran resmi untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.