5 Crypto Potensial Akhir Desember 2021: IOTA, STX, ONE, SAND, ALICE

Naufal Muhammad

27th December, 2021

Akhir Desember 2021 nampaknya dimulai dengan pergerakan pasar yang relatif positif setelah mayoritas crypto bergerak pulih.

Setelah mengalami koreksi yang cukup signifikan di pertengahan Desember 2021, nampaknya pasar crypto sedang bersiap pulih menuju Tahun 2022.

Dalam artikel ini akan diberikan analisis mengenai lima crypto potensial yang berpotensi naik di akhir Tahun 2021 ini.

Miota (IOTA)

Pertama adalah IOTA yang akan meluncurkan fitur tahap awal stakingnya pada 28 Desember 2021 untuk kegunaan yang berbeda dari blockchain lainnya.

Mekanisme staking pada Blockchain Miota berbeda dengan blockchain proof of stake akiba Miota masih bergerak dengan sistem proof of work.

Pada Blockchain Miota, staking digunakan untuk mendapatkan token baru yang ada di ekosistem Miota. Sehingga perannya menjadi semacam airdrop bergantian antara staker.

Oleh karena mekanisme ini, kemungkinan permintaan terhadap IOTA dapat mengalami apresiasi yang signifikan.

Asumsi ini disebabkan jumlah IOTA yang terbatas dan insentif staking untuk mengunci dan mendapatkan token baru.

Fitur staking ini juga dikatakan oleh Miota Blockchain, akan menjadi cara untuk transisi ke mekanisme konsensus proof of stake di masa depan.

Dari sisi teknikal, dapat dilihat bahwa IOTA sedang bergerak dalam pergerakan konsolidasi yang besar, namun sedang berada di bagian bawah.

Grafik Harian IOTAUSD

Sehingga ada kemungkinan harganya dapat naik ke sekitar $1.495 hingga $1.668 jika batas bawah pada $1.26 masih terus terjaga.

Stacks (STX)

Berikutnya adalah Stacks yang di 2021 telah melakukan banyak pembaruan jaringan, terutama untuk mengakomodir integrasinya dengan Blockchain Bitcoin.

Untuk akhir Desember 2021 ini, nampaknya Stacks akan mulai mendorong integrasi antara Blockchain Bitcoin dengan Non Fungible Token.

Dikabarkan bahwa di akhir Desember 2021, STX akan melakukan peluncuran beberapa koleksi NFT di sekitar tanggal 28 Desember 2021.

Selain itu, Stacks juga dikabarkan akan melakukan publikasi dan pembaruan lanjutan terhadap jaringan utama barunya yaitu jaringan utama ALEX.

Setelah berhasil meluncurkan Alex Mainnet pada 27 November 2021, nampaknya satu bulan kemudian Stacks akan melanjutkan publikasi tentang penggunaanya.

Salah satu publikasi dan kabar ke depannya akan dilaksanakan melalui AMA, yang kemungkinan akan ada informasi penting baru mengenai Sektor Decentralized Finance di Stacks.

Dari sisi teknikal, saat ini STX sedang berusaha untuk bergerak naik setelah mengalami koreksi di pertengahan Desember 2021.

Grafik Harian STXUSD

STX terlihat telah keluar dari zona konsolidasi besarnya dan kemungkinan akan bergerak naik hingga menuju $3 jika batas bawah pada $2.3 berhasil terjaga.

Harmony (ONE)

Ketiga adalah ONE salah satu blockchain yang cukup tenar di 2021 akibat beberapa adopsi dan juga pembaruan terhadap jaringannya.

Dikabarkan bahwa pembaruan tersebut belum juga selesai akibat pada 31 Desember 2021, akan ada kabar terbaru dari Blockchain Harmony.

Terdapat kabar bahwa pada 31 Desember 2021, akan dilaksanakan peluncuran versi terbaru jembatan antara Blockchain Ethereum dan Harmony.

Kabar tersebut kemungkinan besar akan menjadi sentimen positif akibat dapat meningkatkan volume transaksi pada Blockchain Harmony.

Sebab, versi terbaru ini kemungkinan akan memberikan biaya yang lebih rendah untuk perpindahan token dari Blockchain Ethereum menuju Blockchain Harmony.

Melihat juga rendahnya biaya transaksi pada Blockchain Harmony, kabar ini dapat meningkatkan permintaan terhadap ONE, sehingga dapat mendorong harganya naik.

Hal ini juga disebabkan akan banyaknya blockchain lain yang memiliki jembatan kepada Harmony.

Jadi ada kemungkinan Harmony akan terus meningkat hingga Tahun 2022.

Dari sisi teknikal terlihat bahwa ONE sedang berusaha untuk  naik setelah keluar dari zona depresiasi atau pergerakan turun beberapa pekan terakhir.

Grafik Harian ONEUSD

Kemungkinan besar jika batas bawah pada $0.237 dapat terjaga, ONE dapat naik menuju $0.32 hingga $0.40 dalam beberapa hari ke depan.

The Sandbox Game (SAND)

Selanjutnya adalah SAND yang metaversenya sangat ditunggu-tunggu kabar terbarunya di akhir Desember 2021 ini.

Pada 31 Desember 2021 ini, SAND dikabarkan akan melakukan dua hal penting terhadap proyeknya yaitu peluncuran Game Maker 1.0 dan Foundation DAO.

Game Maker 1.0 adalah fitur di Sandbox Game yang akan mempermudah pemain dan pengguna untuk membentuk NFT yang kemudian bisa digunakan di metaverse SAND.

Foundation DAO adalah sebuah DAO atau Decentralized Autonomous Organization yang berfungsi untuk menjaga fitur Governance atau pemungutan suara di The Sandbox Game.

Fitur tersebut memastikan bahwa seluruh keputusan dilakukan dengan kesepakatan bersama antara pemilik proyek, investor, dan juga pengguna metaverse SAND.

Kabar-kabar tersebut kemungkinan akan mendorong harga SAND naik akibat dianggap sebagai sentimen positif, terutama dalam jangka panjang.

Dari sisi teknikal, saat ini SAND sedang berusaha untuk naik dan masih bertahan dalam zona apresiasinya beberapa hari terakhir.

Grafik Harian SANDUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $5.8 masih terjaga, SAND dapat kembali naik menuju $9 dalam beberapa hari ke depan.

My Neighbor Alice (ALICE)

Terakhir adalah ALICE yang di akhir Desember 2021 ini melakukan banyak pembaruan terhadap permainannya.

Pembaruan-pembaruan tersebut dilakukan juga untuk menambah kesempatan untuk pemain menghasilkan crypto lebih besar dari permainannya.

Dikabarkan bahwa pada 31 Desember 2021, ALICE akan meluncurkan beberapa fitur permainan baru dan fitur Farm and Craft.

Selain itu, nantinya di Tahun 2022, pemain ALICE juga sudah bisa melakukan lelang terhadap NFT yang dimilikinya pada permainan My Neighbor Alice.

Kabar tersebut akan menjadi pendorong ketertarikan terhadap permainan ini akibat memungkinkan kesempatan penghasilan lebih tinggi.

Selain itu pembaruan tersebut juga memperluas ekosistem permainan My Neighbor Alice, sehingga dapat membuat ketahanannya lebih tinggi.

Dari sisi teknikal, saat ini ALICE sedang berusaha bergerak naik setelah mengalami koreksi yang cukup signifikan beberapa pekan terakhir.

Grafik Harian ALICEUSD

Jika terus naik dan menjaga batas bawah pada $11.58, kemungkinan ALICE akan menuju $18 hingga $22 dalam beberapa hari ke depan.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.