5 Crypto dengan Potensi Sentimen Positif di Bulan Juli

Naufal Muhammad

1st July, 2021

Bulan Juli membawa harapan baru untuk pasar crypto akibat terdapat potensi pemulihan setelah konsolidasi panjang dalam satu bulan ini.

Walau menurut data Bull Run lalu konsolidasi bisa berlanjut hingga Agustus, terdapat beberapa crypto yang memiliki potensi kabar positif yang dapat mendorong harganya naik.

Dalam artikel ini akan diperlihatkan lima crypto dengan potensi sentimen positif yang dapat mendorong harganya naik di Bulan Juli 2021.

1. Ethereum (ETH)

Pertama adalah Ethereum yang dikabarkan akan melakukan pembaruan jaringan melalui London Hard Fork pada akhir Juli 2021.

Nantinya Hard Fork ini akan merubah ekosistem Ethereum, yaitu dari sisi teknologi dan juga dari sisi koin Ethereum itu sendiri.

Nantinya setelah Hard Fork ini, Ethereum akn mendapatkan pembaruan proposal yang akan membuat jaringannya lebih efektif dan lebih hemat biaya.

Selain itu Hard Fork ini nantinya akan memperkuat integrasi dengan layer-2 dari Polygon (MATIC).

Intergrasi ini berpotensi membuat kelancaran transaksi di Blockchain Ethereum lebih tinggi.

Setelah melakukan uji coba jaringan London Hard Fork ini, pada akhir Juli 2021, akan resmi terjadi perpindahan ke jaringan utamanya.

Perpindahan tersebut juga akan mengimplementasikan mekanisme baru dimana nantinya Ethereum akan semakin terbatas dalam persediaannya.

Nantinya akan ada mekanisme β€œburn” yang akan membuat jumlah Ethereum berkurang 1,4% per tahun.

Mekanisme ini akan dilakukan melalui biaya transaksi dimana setelah biaya transaksi di bayar, 70% dari biaya transaksi tersebut akan dihilangkan.

Jika permintaannya terus naik, maka kemungkinan besar dengan jumlahnya yang akan terus terbatas, harganya juga dapat naik, terutama dalam jangka panjang.

Dari sisi teknikal, saat ini Ethereum terlihat telah keluar dari pola descending triangle yang dapat menandakan potensi apresiasi.

Grafik Harian ETHUSD

Untuk naik lebih tinggi, saat ini Ethereum harus menembus batas atas pada $2286 hingga $2940 yang jika berhasil dilakukan, dapat mengembalikan pergerakan apresiasi.

Batas pengaman apresiasi saat ini berada pada $1982 hingga $1650 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pada Bulan Juli.

2. Hedera Hashgraph (HBAR)

Berikutnya adalah HBAR yang dikabarkan akan meluncurkan jaringan utama barunya untuk memperbaiki kualitas blockchainnya.

Dikabarkan bahwa pembaruan tersebut akan terjadi pada hari ini, 1 Juli 2021 setelah melewati tahap uji coba beberapa hari yang lalu.

Dikabarkan bahwa transisi ini sedang terjadi dan jika telah selesai, dapat membuat kualitas blockchain HBAR menjadi lebih baik.

HBAR sendiri terkenal sebagai salah satu blockchain dengan kebutuhan energi paling kecil yang membuatnya juga lebih ramah lingkungan.

Isu ini menajdi satu hal yang penting yang mendorong adopsi HBAR juga semakin tinggi beberapa bulan terakhir.

Dengan pembaruan ini, kemungkinan besar HBAR akan mendapatkan ketertarikan lebih tinggi akibat isu ramah lingkungan yang sekarang menjadi salah satu masalah untuk crypto.

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR sedang berusaha naik setelah keluar dari pola descending triangle bersama mayoritas crypto lainnya.

Grafik Harian HBARUSD

Melihat harganya yang masih dalam zona apresiasi sejak tahun lalu, kemungkinan besar harganya dapat naik secara perlahan dalam Bulan Juli.

Saat ini target yang juga merupakan batas atas dari HBAR berada pada sekitar $0.20 hingga $0.33 yang jika ditembus, dapat membawa apresiasi lebih tinggi.

Batas pengaman untuk HBAR saat ini terlihat berada pada $0.158 hingga $0.111 yang jika ditembus dapat mengurangi potensi apresiasi.

3. Dock (DOCK)

DOCK menjadi salah satu crypto yang memiliki potensi apresiasi pada Bulan Juli akibat nilainya yang masih relatif rendah namun pembaruannya yang cukup tinggi.

Dikabarkan bahwa DOCK akan meluncurkan blockchain sistem Proof of Stakenya yang akan resmi transisi pada 7 Juli 2021.

DOCK ini merupakan sebuah crypto yang memiliki fokus untuk pemeriksaan identitas untuk sektor pinjaman di dunia Decentralized Finance (DeFi)

Tujuan dari keberadaan DOCK adalah untuk memastikan bahwa peminjam adalah pihak yang layak untuk menerima pinjaman sehingga kemungkinan gagal bayar menjadi semakin kecil.

Selain itu, DOCK juga bertujuan sebagai jaringan yang menjaga keamanan identitas para pihak yang terlibat dalam sektor peminjaman.

Secara keseluruhan partisipasi DOCK di sektor peminjaman DeFi, dapat membuat kegiatan peminjaman lebih aman untuk para investor.

Jika adopsinya terus naik, signifikansi DOCK akan terus naik, yang dapat membuat harganya terus naik.

Dari sisi teknikal, saat ini DOCK juga terlihat mulai naik dan terlihat bahwa pergerakannya saat mayoritas crypto koreksi tidak seburuk crypto lainnya.

Sayangnya DOCK menjadi salah satu crypto yang masih terjebak dalam zona descending triangle, sehingga untuk naik harus melewati batas atasnya terlebih dahulu.

Grafik Harian DOCKUSD

Saat ini batas atas DOCK berada pada $0.095 yang jika ditembus dapat membawanya untuk naik hingga menuju $0.146.

Batas bawah dari zona descending triangle tersebut terlihat berada pada $0.05, yang jika ditembus dapat membawa koreksi lebih dalam.

4. Band Protoccol (BAND)

Saingan dari Chainlink (LINK) yang terlihat juga mulai mengalami ketenaran dan berpotensi untuk naik di Bulan Juli 2021 adalah BAND.

BAND ini merupakan protokol Oracle yang tujuannya adalah memberikan akses agar data dari blockchain bisa terhubung ke dunia nyata saat ingin di akses.

Dunia nyata yang dimaksud adalah data dari blockchain dapat mudah berpindah keluar atau masuk menuju dan dari platform penyimpanan data di luar blockchain.

Selain itu sisi utama dari BAND adalah kemampuannya untuk memberikan jembatan antar blockchain dengan fitur cross chain.

Sehingga melalui BAND, blockchain yang terpisah dapat berkomunikasi dan bertukar data atau transaksi dengan mudah.

Pada 13 Juli 2021, BAND dikabarkan akan segera memperbarui jaringannya yang dapat membuatnya bergerak lebih efisien.

Selain itu dalam pembaruan ini, satu fitur yang akan ditingkatkan adalah fitur cross chain. Melihat signifikansi fitur tersebut di dunia crypto, BAND berpotensi mengalami sentimen positif.

Dari sisi teknikalnya saat ini BAND sedang mengalami pergerakan keluar dari zona descending triangle yang kemungkinan dapat membawanya naik lebih tinggi.

Grafik Harian BANDUSD

Untuk naik lebih tinggi, batas atas yag harus dilewati terlihat berada pada $6.2 yang dapat membawanya naik hingga $15.3.

Batas pengaman saat ini berada pada $4.7 yang juga merupakan batas pengamannya sejak Desember 2020.

5. Ethereum Classic (ETC)

Terakhir adalah Ethereum Classic yang dikabarkan akan memperbarui jaringannya juga melalu Hard Fork seperti induknya, Ethereum.

Ethereum sendiri merupakan sebuah Fork yang telah ditinggalkan akibat adanya pembaruan lebih tinggi di jaringan Ethereum utama.

Namun saat Bull Run ini, ETC nampaknya mulai naik kembali, yang membuat beberapa developernya tergerak untuk juga memperbaiki teknologi yang menjadi aspek fundamentalnya.

Dikabarkan bahwa pada 21 Juli 2021, ETC akan melakukan Hard Fork dengan nama Magneto yang akan mengembangkan kualitas jaringannya.

Pembaruan ini akan dimulai pada 7 Juli 2021 akibat adanya beberapa transisi dan uji coba yang perlu dilakukan.

Nantinya, pembaruan ini akan membuat jaringan Ethereum Classic lebih efisien dengan peningkatan keamanan dan penurunan biaya transaksi.

Sehingga jika menarik perhatian banyak proyek baru, Ethereum Classic dapat naik sebagai salah satu blockchain yang baik.

Dari sisi teknikalnya, saat ini ETC sudah naik cukup signifikan, yang membuatnya telah bergerak keluar dari zona descending triangle.

Grafik Harian ETCUSD

Untuk saat ini, batas atas yang harus dilewati untuk naik lebih tinggi berada pada $63.3 yang kemungkinan dapat membawanya naik hingga $100 atau $128.

Batas pengaman apresiasi saat ini terlihat berada pada $50.7 hingga $32.1 yang merupakan batas pengaman sejak April 2021.

*Disclaimer

Pandangan dalam artikel ini merupakan analisis pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan legal untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.