5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT

Naufal Muhammad

2nd May, 2022

Bulan Mei membawa harapan yang cukup positif setelah koreksi dan pergerakan konsolidasi di Bulan April 2022 ini. 

Potensi apresiasi ini datang bersama Dolar Amerika yang kemungkinan akan mulai bergerak turun menormalisasi apresiasinya setelah beberapa bulan terakhir. 

Dengan melemahnya Dolar Amerika, terdapat kemungkinan bahwa aset berisiko seperti crypto mulai bergerak naik. 

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai lima crypto potensial yang memiliki potensi apresiasi terutama dalam kondisi positif ini. 

Kava (KAVA)

Pertama adalah KAVA yang merupakan sebuah blockchain yang berada di ekosistem Cosmos dan mengintegrasikan teknologi dari Ethereum. 

Kava memiliki empat sentimen positif di Bulan Mei 2022 yang kemungkinan dapat mendorong harganya naik. 

5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT
Sentimen Positif KAVA

Pertama adalah peluncuran mainnet versi pertamanya yang dikabarkan akan mengintegrasikan kemampuan interoperabilitas Cosmos dengan kemampuan smart contract Ethereum namun dengan biaya yang lebih rendah. 

Dikabarkan bahwa pada 10 Mei 2022 mainnet ini akan diluncurkan dan mulai terbuka untuk developer membangun aplikasi atau proyek baru. 

Setelah itu KAVA akan memiliki tiga sentimen positif lagi yaitu peluncuran jembatan dengan Ethereum agar token dari ekosistem Ethereum dapat masuk ke Kava tanpa proses panjang. 

Kemudian KAVA juga akan meluncurkan program Liquid Staking dimana investor dapat mengunci KAVA untuk mendapatkan keuntungan namun masih bisa menggunakan KAVA tersebut. 

Terakhir adalah peluncuran dana baru untuk diinvestasikan ke developer yang ingin membangun Proyek Game atau NFT di ekosistem KAVA. 

Bersama empat sentimen positif ini kemungkinan besar KAVA dapat memiliki ketertarikan tinggi karena mulai berdiri keluar dari Cosmos (ATOM) dan menjadi jaringannya sendiri. 

Dari sisi teknikal, saat ini terlihat bahwa KAVA sendiri sedang bergerak naik dalam grafik mingguannya walau terdapat potensi koreksi kecil sebelum naik. 

5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT
Grafik Mingguan KAVAUSD

Selama batas bawah pada $4.7 masih terjaga, kemungkinan besar KAVA dapat naik menuju $5.7 dalam beberapa pekan ke depan. 

Eos (EOS)

Kedua adalah EOS yang merupakan sebuah blockchain yang sedang merombak seluruh ekosistem dan teknologinya sejak akhir 2021. 

Di awal 2022 ini, EOS sudah membuktikan bahwa rencananya akan dijalankan dengan peluncuran beberapa pembaruan terhadap jaringannya bernama Mandel. 

5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT
Sentimen Positif EOS

Pada 19 Mei 2022 ini dikabarkan bahwa EOS akan meluncurkan Hard Fork resminya setelah beberapa kali melakukan pembaruan. 

Kemungkinan besar menuju peluncuran Hard Fork ini, EOS akan mengalami ketertarikan yang tinggi karena jaringannya adalah salah satu blockchain yang dipantau mayoritas analis beberapa bulan terakhir. 

Dari sisi teknikal, saat ini EOS sedang bergerak turun namun sedang menguji kembali zona koreksi sebelumnya. 

5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT
Grafik Mingguan EOSUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $2 masih terjaga, EOS masih dapat bergerak naik hingga $2.8 dalam beberapa pekan ke depan. 

Thorchain (RUNE)

Ketiga adalah RUNE salah satu blockchain yang dikembangkan oleh beberapa tokoh anonim atau tidak diketahui dan berhasil menarik banyak perhatian serta investor. 

Walau masih dalam tahap perkembangan untuk jaringan barunya, saat ini ketertarikan terhadapnya telah terlihat meningkat. 

5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT
Sentimen Positif RUNE

Dikabarkan bahwa pada 31 Mei 2022 RUNE akan meluncurkan jaringan utama barunya. Namun, para developernya membuat publikasi bahwa tidak ada tanggal pasti. 

Thorchain adalah salah satu blockchain yang transparan walau pendiri dan developernya tidak sepenuhnya diketahui. Jadi publikasi ini diketahui dan dimaklumi oleh para investor terutama melihat sejarahnya yang sering tidak sesuai tanggal. 

Karena ada juga yang melakukan protes, maka developernya membuat publikasi bahwa RUNE tidak akan memberi tanggal pasti. Namun melihat uji cobanya yang sudah relatif sukses sejak April 2022, kemungkinan besar jaringan inni benar akan diluncurkan di Mei 2022 ini. 

Menuju peluncuran tersebut, kemungkinan besar RUNE dapat bergerak naik karena dianggap sebagai sentimen positif oleh para investornya. 

Dari sisi teknikal, RUNE sedang bergerak relatif sama dengan EOS dimana baru saja keluar dari zona depresiasinya dan berusaha menguji kembali zona tersebut sebelum lanjut naik. 

5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT
Grafik Mingguan RUNEUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $7 masih dapat terjaga, RUNE masih memiliki kesempatan untuk bergerak naik menuju $11.9 dalam beberapa pekan ke depan. 

Near Protocol (NEAR)

Keempat adalah NEAR yang sedang mengalami ketenaran tinggi setelah mendapatkan pendanaan besar dan publikasi tinggi sejak Tahun 2022 ini. 

Saat ini sentimen positif yang kemungkinan dapat membawa NEAR naik di Bulan Mei 2022 adalah peluncuran USN yaitu stablecoin cerminan Dolar Amerika yang didasarkan oleh Near. 

Melihat dampak UST atau US Terra terhadap LUNA saat peluncurannya, kemungkinan besar hal yang sama akan terjadi pada NEAR melihat mekanismenya yang sama. 

Selain itu, saat ini NEAR dianggap sebagai salah satu blockchain terkuat di dunia dengan kemampuannya walau menggunakan mekanisme Delegated Proof of Stake yang tergolong tua. 

Dengan adanya mekanisme tambahan, saat ini Near Protocol dapat mencapai kecepatan 100 ribu hingga 500 ribu transaksi per detik dan tetap menjaga keamanannya. 

Banyak analis yang menyatakan bahwa Near Protocol dapat bersaing bahkan mengalahkan Binance Smart Chain sehingga banyak yang memprediksi harganya dapat naik setinggi BNB. 

Tapi NEAR masih membutuhkan banyak publikasi untuk mencapai harga tersebut sehingga butuh waktu yang cukup panjang. 

Walaupun begitu, kemungkinan besar saat ini NEAR sedang berada dalam kondisi yang relatif positif terutama jika pasar bergerak positif. 

Dari sisi teknikal, saat ini NEAR sedang bergerak dalam pola segitiga simetris yang belum memperlihatkan arah jelas. 

5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT
Grafik Mingguan NEARUSD

Jika batas bawah pada $11.8 masih terjaga dan batas atas pada $14 dapat ditembus, kemungkinan besar NEAR dapat mencapai $17 hingga $20 dalam beberapa pekan ke depan. 

Secret Network (SCRT)

Kelima adalah Secret Network, salah satu blockchain yang ingin menjaga keamanan dari penggunanya sehingga memiliki tingkat kerahasiaan yang tinggi, layaknya Monero (XMR). 

Pada Bulan Mei 2022 dikabarkan bahwa SCRT akan mengalami pembaruan jaringan bernama Shockwave dengan versi Alpha. 

Dikabarkan bahwa SCRT melakukan pembaruan tersebut untuk meningkatkan kemampuan jaringannya hingga 500 kali lipat dari sisi efisiensi, kecepatan, dan keamanan. 

Pembaruan ini akan dilaksanakan pada 11 Mei 2022 yang kemungkinan dapat menjadi sentimen positif untuk SCRT. 

Dari sisi teknikal terlihat bahwa saat ini SCRT sedang bergerak dalam pola segitiga menurun yang jika berhasil dilewati, dapat memberi apresiasi yang signifikan. 

5 Crypto Potensial Bulan Mei 2022: KAVA, EOS, RUNE, NEAR, SCRT
Grafik Mingguan SCRTUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $3.9 masih terjaga dan batas atas pada $5 dapat ditembus, SCRT dapat naik menuju $6.4 dalam beberapa pekan ke depan.

*Disclaimer 

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.