3 Rekomendasi Proyek Crypto dan Blockchain di Oktober

Anisa Giovanny

28th September, 2020

Crypto  dan blockchain adalah tempat di mana banyak inovasi terus bermunculan silih berganti. Dari beragamnya proyek yang terkait dengan crypto dan  blockchain, ada tiga pilihan proyek cryptocurrency yang menarik untuk diperhatikan dan dapat dijadikan pilihan untuk berinvestasi.

Ketiga proyek tersebut adalah Permission.io (ASK), Gather Network dan Definer. Simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini.  

Permission.io (ASK)

Permission.io adalah salah satu proyek yang patut diperhatikan di bulan Oktober ini. Proyek ini menghadirkan platform penyedia layanan terdesentralisasi dengan teknologi blockchain. Solusi yang dihadirkan oleh platform  ini sangat menarik,  sebab di tengah maraknya pencurian data di Internet, Permission.io  justru meminta persetujuan penggunanya untuk bisa menggunakan data yang mereka berikan.  

Baca juga: Apa itu Permission.io? Panduan untuk Pemula!

Hal ini memungkinkan pengguna memiliki hak penuh atas datanya, dan hanya bisa digunakan oleh platform begitu pengguna memberikan  izin.  Ketika izin  sudah diberikan oleh pengguna,  platform akan menggunakan data tersebut untuk  memberikan  iklan sesuai  dengan kebutuhan pengguna. Terlebih lagi, Permission.io akan memberikan rewards berupa ASK, koin asli dari protokol jaringan tersebut.

Baca juga: Perbedaan Brave Browser (BAT) vs Permission.io (ASK)

Saat ini Permission.io berfokus pada e-commerce yang memungkinkan pembeli dan penjual  saling terhubung,  transaksi pun bisa dilakukan dengan  koin ASK. Bagi pengguna yang mendaftar di platform  Permission.io berhak mendapatkan imbalan 100 koin ASK. Baru-baru ini koin ASK pun sudah melakukan listing dan bisa diperjualbelikan di bursa Bithumb Global dan  Vitex. 

Proyek ini menarik perhatian karena solusi yang mereka bawa. Selain itu proyek ini juga mendapatkan dukungan dari investor besar seperti Collinstar Capital, Vendetta Capital, Alphablock Investments, tiga investor awal Ripple salah satu mata uang crypto terkemuka, dan investor lainnya pun turut berpartisipasi di proyek ini. 

Gather Network  (GTH)

Gather adalah platform blockchain dengan misi memperbaiki model bisnis internet yang buruk.  Proyek ini  memanfaatkan keahlian mereka dalam komputasi awan dan teknologi blockchain, Gather menggabungkan teknologi baru dan yang sudah ada untuk membuka peluang pendapatan baru bagi semua orang.

Gather melakukan ini dengan membangun ekosistem tiga lapisan yang canggih. lapisan 0 sebagai lapisan perangkat keras Gather Online,  lapisan 1 sebagai  lapisan protokol, hybrid proof of work dan proof of stake blockchain Gather Network,  dan lapisan 2 adalah lapisan aplikasi yakni Gather cloud. Ketiga lapisan itu disebut ekosistem Gather. 

Proyek ini  memungkinkan para penerbit untuk bisa menghasilkan uang tanpa menggunakan iklan. Ini juga memungkinan bagi para pebisnis dan pengembang untuk mengakses sistem pemrosesan yang murah dan andal. Gather memungkinkan situs web memperoleh penghasilan dari pengguna yang hanya menjelajahi situs dengan kode Gather  yang tertanam di dalam untuk menambang cryptocurrency dengan kekuatan pemrosesan Idle mereka, menggunakan CPU atau GPU

Proyek  ini didukung blockchain funds terkemuka yakni Bitscale Capital, TRG Capital, Master Ventures, dan LD Capital. GTH  token pun  sukses  mengadakan penjualan privat senilai $960.000. Gather adalah salah satu proyek non-DeFi yang patut diperhatikan bulan ini. Token GTH pun sudah melakukan listing di bursa Bithumb Global.

Definer (FIN)

DeFiner adalah jaringan keuangan terdesentralisasi untuk tabungan, pinjaman, dan pembayaran crypto. Didukung oleh teknologi blockchain, platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) DeFiner memungkinkan pengguna untuk dengan mudah meminjamkan, meminjam, dan mendapatkan aset digital dalam jaringan global. DeFiner menghilangkan friksi dan biaya yang terkait dengan layanan keuangan konvensional dan sebagai gantinya menawarkan fleksibilitas maksimum untuk menetapkan tarif dan ketentuan sendiri.

Baca juga: Apa Itu DeFi ? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

DeFiner juga menghilangkan pihak ketiga dari ekosistem keuangannya dengan menggunakan blockchain yang tidak dapat diubah dan digunakan untuk melacak semua pinjaman dan transaksi. DeFiner memberikan keamanan, aksesibilitas global 24/7 dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada keuangan tradisional.

Proyek ini baru mengadakan penawaran token mereka yang bernama FIN dengan putaran publik. Token FIN di periode ini memiliki harga $0,6 /token dan akan dilakukan menjadi tiga putaran yakni bagian strategis, strong holder offering dan whitelist lottery. Proyek ini cukup dinantikan karena Definer mengintegrasikan tiga layanan dalam satu platform yang akan memudahkan pengguna untuk menikmati layanan keuangan terdesentralisasi.


Ketiga proyek ini berhasil menarik perhatian karena solusi dan teknologi yang mereka tawarkan, proyek ini juga bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin berinvestasi di dunia crypto. Tapi perlu diingat, sebelum berinvestasi sebaiknya Anda melakukan riset lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam mengenai proyek tersebut. 

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency