Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa itu Permission.io? Panduan untuk Pemula!

Wafa Hasnaghina     Thursday, September 3 2020

Kalian pengguna e-commerce atau pengguna Google, Amazon, atau Facebook? Pernah dengar isu jika data pribadi kalian diambil secara diam-diam oleh perusahaan-perusahaan besar tersebut dan digunakan untuk melacak perilaku konsumsi penggunanya? Sangat menakutkan, bukan?

Isu tersebut memang sudah lama menjadi masalah dan cenderung dibiarkan karena perusahaan-perusahaan tersebut dimiliki oleh entitas tunggal yang kekuatan terhadap kontrol data dan penggunaannya ada pada mereka.

Eksploitasi data besar-besaran demi kepentingan perusahaan dalam mendapatkan keuntungan, membuat pengguna dirugikan. Pasalnya, data-data tersebut digunakan untuk melihat rekam jejak data pribadi maupun transaksi yang akan dijual kepada pihak ketiga untuk beriklan. Tidak hanya itu, penyimpanan data yang terpusat/sentral membuatnya lebih rentan terhadap serangan dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Apa itu Permission.io?

Permission.io, salah satu platform penyedia layanan terdesentralisasi yang memberikan solusi kepada penggunanya untuk tetap dapat menjaga data pribadi tetap aman digunakan dengan IZIN pemilik data. Terlebih lagi, Permission.io akan memberikan rewards berupa ASK, koin asli dari protokol jaringan tersebut.

Saat ini, Permission.io berfokus pada e-commerce yang memungkinkan pembeli dan penjual terhubung langsung satu sama lain. Tidak seperti e-commerce lainnya, yang mengambil data dan rekam jejak transaksi tanpa sepengetahuan pemilik data, platform ini hanya akan memproses data seperti minat, demografis, dan data penting lainnya yang DIIZINKAN penggunaanya untuk digunakan dalam merekomendasikan iklan yang akan diterima. 

Tak hanya itu, pengguna akan mendapatkan rewards lebih berupa ASK jika mengizinkan integrasi akun Facebook, Instagram, Linkedin, dan Google. Selanjutnya, koin tersebut dapat digunakan untuk bertukar, menggunakannya sebagai koin belanja di platform atau pihak ketiga yang menerima ASK, ataupun hanya sekedar untuk disimpan.

Daftar dan Dapatkan Token ASK di Permission.io sekarang 💰

Dasar Teknologi Permission.io

Permission.io ini berbasis jaringan blockchain Ethereum sebagai dasar platformnya. Lebih dari itu, platform ini menggunakan mekanisme konsensus Proof of Authority (PoA) yang menggunakan putaran nodes yang bersaing untuk membentuk blok-blok baru.

Ketika rata-rata transaksi setiap blok sukses dilakukan, maka secara bergiliran seperti perputaran lingkaran biasa, mereka akan memunculkan blok-blok baru. Sebuah keputusaan digunakan untuk memilih node selanjutnya yang ditentukan oleh protokol Clique PoA. 

Keunggulan dari PoA yang digunakan Permission.io ini adalah kesederhanaan dalam peluncuran sebuah jaringan didalamnya. Ini mengingat proses dalam mengumpulkan sejumlah kecil node dalam pembentukan kumpulan Otoritas awal dilakukan dengan sederhana, mudah, dan cepat. 

Protokol Clique PoA ini menggunakan skema pembobotan acak yang sangat dinamis. Akibatnya, ini akan meningkatkan probabilitas setiap node dalam menyelesaikan blok berikutnya walaupun dalam pemrosesan blok sebelumnya mengalami penundaan sementara. 

Dengan mekanisme ini, pembagian beban kerja akan berlangsung secara merata antara kumpulan node Otoritas. Proses ini dilakukan karena Permission.io berada pada dasar jaringan blockchain Ethereum yang memiliki konsep “gas” atau biaya transaksi.

Nantinya, Otoritas node ini akan menyelesaikan satu blok rewards dengan total semua biaya transaksi yang dibayarkan, termasuk gas Ethereum berdasarkan penyelesaian transaksi dalam setiap bloknya.

Keunggulan Permission.io

Permission.io hadir sebagai solusi dari eksploitasi data pribadi yang tidak terkendali tentunya dengan keunggulan yang ia miliki.

1. Terdesentralisasi

Seperti yang diketahui di awal, Permission.io menggunakan jaringan Ethereum sebagai dasar dari platform tersebut. Ini berarti Permission.io memiliki dasar jaringan terdesentralisasi, di mana setiap entitasnya memiliki keputusan sama kuat dalam menciptakan konsensus di dalam protokol. 

Tentunya, konsep desentralisasi dalam platform ini akan memberikan setiap pengguna kontrol terhadap data yang akan diberikan ke dalam platform. 

2. Scalable

Platform ini juga memiliki skalabilitas dalam mengakomodasi 1 juta pengguna dengan relatif cepat, dan memiliki skalabilitas jangka panjang hingga 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Kemampuan ini biasanya tidak dimiliki oleh platform Open Source “siap pakai” seperti Permission.io ini.

3. Aman dan Terpercaya

Keunggulan ini selaras dengan visi yang ingin dibawa oleh Permission.io terkait dengan memberikan kontrol kepada penggunanya terhadap data pribadi yang dimiliki. Permission.io hadir dengan visi untuk mengembalikan kepercayaan kepada konsumen dalam menerima informasi tentang produk dan layanan online.

Permission.io juga memiliki kepercayaan untuk menciptakan nilai dalam bisnis dengan memungkinkan pengguna dan pemasang iklan untuk terlibat langsung dengan kebutuhan dan keinginan dari para pengguna yang dilakukan secara real-time.

Sehingga bisa disimpulkan, platform memiliki keamanan dan menjunjung tinggi kepercayaan yang diberikan oleh penggunannya.


Permission.io hadir sebagai solusi dari eksploitasi data dari perusahaan-perusahaan besar saat ini. Terlebih dengan IZIN penggunaan data, entitas seperti penjual, pembeli, atau pun pembuat iklan sama-sama akan mendapatkan keuntungan dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Tidak hanya itu, rewards berupa koin ASK juga akan memberikan keuntungan lebih kepada penggunanya dan sewaktu-waktu dapat digunakan dalam bertransaksi pada platform-platform yang menerima ASK sebagai koin transaksinya.

Disclaimer: Kami tidak menyarankan trading dan investasi digital asset secara ceroboh. Semua trading harus dilakukan secara mandiri dan tanpa paksaan, serta sebaiknya menggunakan exchange yang resmi terdaftar di Bappebti. Pastikan Anda sudah mempelajari serta mengetahui dan menerima resiko yang ada. Konten ini bertujuan untuk edukasi, bukan ajakan atau saran legal trading dan investasi.

Poin Penting
  • Apa itu Permission.io?

    Permission.io, salah satu platform penyedia layanan terdesentralisasi yang memberikan solusi kepada penggunanya untuk tetap dapat menjaga data pribadi tetap aman digunakan dengan IZIN pemilik data.

  • Dasar teknologi apa yang digunakan Permission.io?

    Platform ini menggunakan mekanisme konsensus Proof of Authority (PoA) yang menggunakan putaran nodes yang bersaing untuk membentuk blok-blok baru.

  • Apa keunggulan dari teknologi yang digunakan platform ini?

    Keunggulan dari PoA yang digunakan Permission.io ini adalah kesederhanaan dalam peluncuran sebuah jaringan didalamnya

  • Berapa rewards yang diberikan kepada pengguna yang daftar di Permission?

    Di tahap pertama Anda akan diberikan 100 token ASK.

  • Di mana bisa mendapatkan token ASK saat ini?

    Anda bisa ke website Permission.io shop and earn dan melakukan registrasi.

  • Keunggulan apa saja yang dibawa Permission.io?

    Terdesentralisasi, scalable, aman dan terpercaya.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih