3 Alasan Harmony Bullish dan Bisa Tembus ATH Minggu Ini!

Rossetti Syarief

17th January, 2022

Blockchain Harmony (ONE) sepertinya sedang percaya diri asetnya akan kembali menetapkan harga tertinggi sepanjang masa setelah jumlah pengguna baru yang masuk ke jaringan meroket cukup tinggi, ditambah dengan pengembangan senilai $300 juta yang baru saja diluncurkan, serta fundamental yang menguat.

Menurut data yang dilansir oleh TradingView, sejak mencapai level terendah di harga $0,13 pada 4 Desember silam, harga Harmony berhasil naik 163% untuk mencapai level tertinggi baru sepanjang masa dengan menetapkan harga $0,38 pada 14 Januari.

Pergerakan Harga Harmony. Sumber: TradingView

Berikut adalah tiga alasan fundamental Harmony menguat yang bisa mendorong pergerakkan harganya.

Dana Pengembangan Ekosistem Senilai $300 Juta

Salah satu dorongan terbesar dalam ekosistem Harmony adalah proyek yang meluncurkan program intensif pengembangan senilai $300 juga yang dirancang pada September tahun lalu.

Program tersebut dirancang untuk membantu mendanai bug bounty, hibah, dan pembuatan 100 DAO dalam Harmony.

Sejak peluncuran program, 23 DAO telah didanai dan diluncurkan dalam jaringan dengan lebih banyak lagi yang sedang dalam pengembangan.

Program tersebut juga berhasil menarik banyak protokol ke blockchain Harmony di beberapa sektor ekosistem yang paling populer, termasuk DeFi, platform pembayaran, dan NFT.

Jembatan Cross-Chain dalam Jaringan

Alasan lain yang mendukung ekosistem Harmony baru-baru ini adalah peluncuran beberapa jembatan cross-chain yang menghubungkan jaringan Harmony dengan jaringan lain yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine seperti Celer dan Polygon.

Selain penggabungan Harmony dengan c-bridge Celer, yang memungkinkan transfer cross-chain dari USD Coin (USDC) dan Wrapped Ether (wETH), Harmony juga meluncurkan jembatan cross-chain NFT sebagai bagian dari Horizon bridge back pada November 2021 silam.

Dan belum lama, blockchain telah mengungkapkan kolaborasinya dengan protokol L1 Cosmos untuk menciptakan jembatan antara dua ekosistem untuk lebih memperluas interoperabilitas dan membantu skala keuangan cross-chain.

Menurut laporan terakhir, Harmony kini sedang dalam tahap akhir pembuatan native bridge ke jaringan Bitcoin yang diharapkan akan dirilis sebelum akhir Q1 2022.

Harmony Mencatat All Time High pada TVL

Metrik bullish lain yang mendukung pertumbuhan Harmony adalah TVL pada jaringan yang meningkat pesat, yang saat ini berada di level tertinggi sepanjang masa sebesar $1,25 miliar, menurut data dari Defi Llama.

Selain itu, beberapa protokol DeFi yang berada dalam jaringan juga berkembang dengan baik, termasuk DeFi Kingdoms (JEWEL), yang menyumbang $747 juta dari TVL, Tranquil Finance dengan $201,85 juta, dan Viperswap dengan TVL $54,4 juta.

Data VORTECS™ dari Cointelegraph Markets Pro mulai mendeteksi prospek bullish untuk ONE sejak 8 Januari, sebelum kenaikan harga baru-baru ini.

Skor VORTECS™ sendiri merupakan perbandingan algoritma dari kondisi pasar historis pada saat ini yang diperoleh dari kombinasi data sentimen pasar, volume perdagangan, pergerakan harga terkini, hingga aktivitas Twitter.

Skor VORTECS™ Harmony

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, Skor VORTECS™ untuk ONE melonjak ke zona hijau pada 8 Januari dan mencapai tertinggi 75 sekitar 48 jam sebelum harga terus meningkat 50% selama empat hari ke depan.

Sementara pada saat penulisan, Harmony alami kenaikkan 5,2% dengan menetapkan harga $0,342016.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.