Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Siapa Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia? Ini Jawabannya!

Melihat kenaikan Bitcoin yang begitu pesat di akhir 2020-2021 membuat banyak orang menyesal tidak memiliki Bitcoin di awal kemunculannya atau setidaknya ketika harga aset ini belum menyentuh tiga digit per buahnya. 

Di antara banyak orang yang menyesal ada pula orang atau institusi yang beruntung karena mengenal Bitcoin dan membelinya di tahap awal keberadaannya atau setidaknya saat harga aset ini masih terjangkau.

Mereka kini telah menjadi whale atau pemilik Bitcoin dalam jumlah banyak. Siapa saja pemilik Bitcoin terbanyak? Berikut ini daftarnya. 

Bursa Crypto

Data dari BitInfoCharts menunjukkan bahwa hanya empat alamat kripto yang memiliki saldo antara 100.000BTC dan 1.000.000 BTC mewakili 3,54% dari semua koin yang ada.

Menurut Currency, dompet ini memiliki nilai mengejutkan lebih dari $ 14,9 miliar. Diketahui wallet itu milik Huobi, Binance dan Bitfinex. Bursa tersebut menyimpan BTC dengan aman jauh dari koneksi internet. 

Satoshi Nakamoto 

Pemilik Bitcoin terbanyak salah satunya adalah pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto yang identitasnya masih misterius hingga kini. Nakamoto menciptakan Bitcoin pada tahun 2009, dan telah diduga menambang total 1.125.150 token BTC.

Sejak saat itu, menjadikannya penambang BTC paling produktif di dunia. Selain itu, diklaim bahwa Nakamoto menyimpan lebih dari setengahnya, setara dengan hampir $30 miliar dalam USD. 

Baca juga: 5 Orang Ini Berhasil Kaya Raya Karena Bitcoin

Cameron dan Tyler Winklevoss 

Cameron dan Tyler Winklevoss mengamankan nama mereka di industri kripto sebagai pendiri Gemini, pertukaran mata uang kripto yang sangat populer, dan Winklevoss Capital, sebuah venture capital.

Mereka juga dikenal karena konflik mereka dengan Mark Zuckerberg atas penciptaan Facebook, dari mana mereka menerima penyelesaian hukum sebesar $65 juta. 

Pada tahun 2013, keduanya mengumumkan bahwa mereka memiliki $11 juta dalam bentuk crypto melalui perusahaan investasi mereka, ketika nilainya hanya sebagian kecil dari nilainya hari ini.

Mereka juga berinvestasi di BlockFi, pertukaran crypto lainnya, pada tahun 2019. Mereka memegang Bitcoin mereka selama bertahun-tahun dan mendapatkan keuntungan luar biasa  pada tahun 2020. Hari ini, si kembar Winklevoss memiliki sekitar $6 miliar dalam Bitcoin.

Lembaga Penegak Hukum 

Menurut Currency, pemilik Bitcoin terbanyak adalah lembaga hukum atau lembaga pemerintah. Misalnya, Bulgaria berhasil merebut 213.500 BTC pada tahun 2017 sebelum mata uang kripto menembus $20.000 untuk pertama kalinya. Jika koin-koin masih dipegang, mereka bernilai $ 4,7 miliar pada 14 Juni 2022.

Sementara itu, FBI pun memiliki  144.000 BTC ketika menutup situs Silk Road pada tahun 2013. Sayangnya, FBI akhirnya menjual tangkapan crypto ini dengan harga rata-rata $334 per koin dan jika melihat harga Bitcoin sekarang, maka FBI telah kehilangan miliaran rupiah.

Barry Silbert

Barry Silbert adalah pendiri dan CEO konglomerat Digital Currency Group (DCG), perusahaan tersebut bertujuan untuk membangun dan mendukung pengembangan berbasis blockchain.

Konglomerat ini mencakup berbagai perusahaan, termasuk penyedia likuiditas dan perusahaan investasi. DCG telah berinvestasi di lebih dari 200 perusahaan rintisan kripto dan bahkan berhasil mengakuisisi CoinDesk dan Coinbase, pertukaran mata uang kripto yang sangat populer. 

Meskipun tidak diketahui secara pasti berapa banyak Bitcoin yang dimiliki Silbert, salah satu perusahaannya, Grayscale, sebuah perusahaan investasi mata uang digital. Perusahaan ini mengelola investasi yang menampung lebih dari 650.000 Bitcoin. Ini berjumlah lebih dari $25 miliar dalam USD.

Baca juga: Mengenal Reksadana Bitcoin Melalui Grayscale Bitcoin Trust

Tim Draper

Tim Draper adalah investor modal ventura Amerika dan pendiri Universitas Draper. Sejak 1980-an, Draper telah melakukan investasi awal di perusahaan yang telah menjadi raksasa industri, seperti Tesla, Skype, dan Coinbase. Tapi investasi awalnya di Bitcoin yang membuatnya menjadi miliarder kripto.

Pada tahun 2014, Draper membeli 30.000 Bitcoin seharga $19 juta di sebuah lelang setelah disita dari pasar online Silk Road yang ilegal. Saat ini, jumlah Bitcoin tersebut bernilai lebih dari satu miliar dolar, dan Draper dipuji karena menjadi investor awal yang cerdas.

Michael J. Saylor

Saylor mendirikan MicroStrategy pada tahun 1989, sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai program perangkat lunak dan layanan berbasis cloud untuk berbagai klien.

Selama bubble dot.com, MicroStrategy kehilangan $6 miliar dan hampir membuat perusahaan bangkrut. Saylor mulai membeli Bitcoin Memiliki lebih dari 120.000 dan terus melakukan akumulasi jika harga Bitcoin mengalami penurunan. 


Itu dia beberapa nama yang memiliki jumlah Bitcoin terbanyak, selain mereka masih ada perusahaan-perusahaan dengan portofolio kript terbesar. Siapa saja? Kamu dapat membacanya di artikel 8 Perusahaan Publik Dengan Portofolio Bitcoin Terbesar

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin