Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Mengenal Bitcoin Diamond (BCD) Aset Kripto Pecahan Bitcoin

Pernah dengar aset kripto beranama Bitcoin BCD? Jika belum, maka kamu datang ke artikel yang tepat. Apa itu Bitcoin BCD, bagaimana kekurangan dan keuntungannya, serta hal-hal menarik lainnya.

Bitcoin Diamond

Bitcoin Diamond (BCD) adalah fork Bitcoin, yang bertujuan untuk menawarkan konfirmasi transaksi yang lebih cepat, biaya yang lebih rendah, dan penambangan yang lebih inklusif. Mereka telah menghapus algoritma SHA-256 untuk menawarkan penambangan yang lebih terdesentralisasi.

Alasan Bitcoin Diamond Tercipta

Sejarah Bitcoin Diamond dimulai pada November 2017 dengan penambang Bitcoin bernama “Team Evey” dan “Team 007” yang tidak puas dengan cara pengoperasian protokol Bitcoin Core.

Meskipun Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang mendapatkan pengakuan dunia, mereka merasa bahwa Bitcoin masih gagal memberikan apa yang dijanjikan oleh penemunya Satoshi Nakamoto, yaitu transaksi cepat dan terjangkau dari semua jumlah, perlindungan privasi , aksesibilitas ke pengguna baru.

Ini adalah masalah yang dilihat oleh tim dan membuat hard fork ini tercipta, Bitcoin Diamond tetap memiliki tujuan inti dari cryptocurrency.

Utamanya dari induknya yakni Bitcoin di mana berambisi untuk menjadi jaringan global terdesentralisasi untuk pertukaran aset, Bitcoin Diamond juga ingin melakukan hal-hal yang sedikit lebih berbeda di beberapa segmen teknis dan operasional.

Harga Bitcoin BCD

Berdasarkan kapitalisasi pasar dari CoinMarketCap saat ini aset kripto BCD berada di urutan #173 dengan kapitalisasi pasar per 17 November Rp 4,906,592,383,803 IDR. Terjadi peredaran suplai sebesar 186,492,898 BCD koin dan maksimal suplai 210,000,000 BCD koin.

Untuk saat ini harga BCD masih terbilang murah yakni Rp26.000. Bitcoin Diamond pernah mencapai harga tertingginya pada 2017 di angka Rp1.414.000, dan terendah pada Maret 2020 di angka Rp3.792.

Cara Kerja Bitcoin Diamond

Koin BCD dapat dikelola penerapan algoritma Proof of Work baru di jaringannya yang disebut X-13. Algoritma ini memungkinkan pengguna untuk menambang koin BCD mereka dengan unit pemrosesan grafis (GPU) yaitu kartu grafis.

Untuk cara kerjanya, kurang lebih mirip dengan Bitcoin yakni menggunakan mekanisme proof of work, hanya saja prosesnya lebih cepat. 

Hal ini dikarenakan untuk Bitcoin blok dibatasi hingga 1 MB, ini awalnya memungkinkan platform untuk melakukan antara 2 dan 7 transaksi per detik yang telah menurunkan jumlah transaksi per detik.

Karena ukuran blok yang kecil ini, tim Bitcoin Diamond pun berusaha untuk meningkatkannya, untuk mencapai ini. Fork Bitcoin ini menawarkan dukungan untuk ukuran blok yang lebih besar, meningkatkan batas terkait menjadi 8 MB.

Sementara kedua platform memiliki waktu blok yang sama yaitu sepuluh menit, Bitcoin Diamond berharap dapat memberikan dukungan untuk jumlah informasi delapan kali lebih tinggi berdasarkan peningkatan ini.

Juga, kapasitas transaksi dari blok-blok itu seharusnya diberikan dengan peningkatan lima kali lipat. Dikombinasikan dengan proses Segregated Witness yang diterapkan, BCD diiklankan mampu melakukan 100 transaksi per detik.

Bitcoin Diamond juga meningkatkan blok unit untuk memungkinkan lebih banyak perdagangan penyimpanan dengan tujuan untuk mengoptimalkan penyimpanan di jaringannya dan menjaga pembuatan blok terisolasi seminimal mungkin.

Peningkatan yang Dibawa

Berikut ini adalah peningkatan yang dilakukan oleh Bitcoin BCD.

Waktu Transaksi Lebih Cepat

Sebagian besar cryptocurrency berjuang untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi. Jaringan Bitcoin hanya dapat memproses sekitar 2-7 transaksi per detik (Tx/s). Layanan pemrosesan pembayaran seperti Mastercard dan Visa dapat memproses ribuan transaksi per detik.

Biaya transaksi yang lebih rendah: Setiap transaksi di jaringan Bitcoin dikenakan biaya. Biaya untuk transaksi telah menjadi sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Cryptocurrency seharusnya membantu pengguna menghindari membayar biaya transfer bank yang tinggi sehingga Evey dan 007 merasa bahwa biaya Bitcoin harus turun, bukan naik.

Meningkatkan Pengguna Baru

Bitcoin menjadi sangat mahal. Hari ini, satu Bitcoin bernilai lebih dari $50.000. Hal ini membuat sangat sulit bagi pengguna baru untuk membeli satu Bitcoin. Pencipta BCD merasa bahwa Bitcoin seharusnya untuk semua orang, bukan hanya mereka yang mampu membelinya.

Walau realitanya semua orang bisa membeli Bitcoin dengan modal minim dan bisa mulai dari Rp25.000 hal ini dikarenakan Bitcoin dapat dibagi, jadi tidak perlu membeli satu Bitcoin langsung.

Keuntungan Bitcoin Diamond

Lebih Cepat dari Bitcoin

Bitcoin Diamond memproses blok yang jauh lebih besar daripada Bitcoin dalam jumlah waktu yang sama. Blok yang lebih besar berarti lebih banyak transaksi dan waktu transaksi rata-rata yang lebih cepat.

Mining Inklusif

Bitcoin Diamond memudahkan untuk menambang BCD dengan komputer yang kurang kuat. Penambangan GPU memungkinkan lebih banyak pengguna untuk terlibat dalam mendukung jaringan dan ini hanya berarti hal yang baik.

Kekurangan Bitcoin Diamond

Fitur privasi

Bitcoin BCD ini belum meningkatkan tingkat privasi pengguna. Ini akan mengganggu pengguna yang berpikir bahwa transaksi Bitcoin terlalu mudah dilacak.

Lightning Network

Tim Bitcoin BCD telah menjanjikan teknologi jaringan petir tetapi belum meluncurkannya. Mereka gagal meningkatkan fitur privasi sehingga mereka mungkin juga gagal meluncurkan lightning network.

Kepercayaan: Koin hard-fork perlu mendapatkan kepercayaan dari komunitas crypto. Tidak ada yang tahu siapa Tim Evey dan Tim 007. Banyak pengguna tidak menganggapnya sah dan beberapa bahkan menuduhnya sebagai penipuan ketika diluncurkan.

Kesimpulan

Bitcoin BCD atau diamond adalah fork Bitcoin yang berusaha untuk mengatasi kekurangan Bitcoin, sayangnya aset ini belum bisa mengalahkan ketenaran Bitcoin. Itu dia penjelasan lengkap soal Bitcoin BCD.

Top exchange
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Pintu
16 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

16 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar