Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Satu Bitcoin Bisa Dipakai untuk Apa Saja Ya?

Tahukah kamu, jika pertama kali muncul ke publik Bitcoin tidak memiliki nilai jual/beli. Namun, dengan sifat, solusi, dan nilai intrinsik yang dibawa Bitcoin, nilainya sekarang menjadi 10.000 USD lebih! Bahkan, ia pernah bertengger di angka fenomenal 20.089 USD atau setara Rp270.799.720 dihitung dengan kurs saat itu per Bitcoin. 

Walaupun harga tersebut masuk ke dalam harga bubble, tetapi minat dan adopsi Bitcoin tidak pernah pudar bahkan terus berkembang. Bahkan, setelah tiga tahun dari kejadian tersebut, Bitcoin terus melonjak dan bisa menunjukkan dirinya sebagai aset yang bahkan bisa beradaptasi dengan pandemi sekali pun. 

Jadi penasaran bukan, apa saja sih yang bisa dibeli jika kita memiliki satu Bitcoin? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel Coinvestasi di bawah!

Perkembangan Harga Bitcoin

Ketika Bitcoin muncul pada 2009 lalu, banyak orang yang belum memahami konsep yang dibawa dari Bitcoin. Jika membaca white paper Bitcoin (sebuah makalah yang berisi penjelasan mengenai Bitcoin dan diterbitkan bersamaan dengan perilisan Bitcoin ke dalam jaringan), Bitcoin membawa konsep yang cukup baru “A peer-to-peer Electronic Cash System”

Bitcoin dikembangkan oleh penciptanya seorang pseudonim dengan nama Satoshi Nakamoto. Ketika itu Bitcoin dirilis di masa-masa krisis ekonomi di AS pada tahun 2007-2008 dengan konsepnya cukup eksentrik. Yaitu, sistem transaksi dengan tidak melibatkan perantara dan mengusung konsep desentralisasi. 

Kondisi ekonomi AS saat itu, memang cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, semenjak krisis ekonomi 2008 tersebut, banyak stimulus yang dikeluarkan oleh Federal Reserve sebagai pemegang kuasa untuk mencetak uang. Namun, aksi ini justru membiarkan inflasi menjadi tidak terkendali. 

Munculnya white paper Bitcoin ke publik, bak solusi yang sungguh revolusioner. Lantaran peristiwa ini, banyak yang menganggap Bitcoin merupakan kritik terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang ada pada saat itu. 

Saat pertama kali muncul, tentunya Bitcoin masih belum memiliki nilai, bahkan mungkin setara Rp0. Untuk mendapatkan Bitcoin saat itu, pengguna harus melakukan mining alias menambang Bitcoin. Tingkat kesulitan tentunya masih terbilang mudah. Dengan modal komputer dengan CPU biasa, pengguna sudah bisa memiliki Bitcoin.

Sayangnya, pada tahun kemunculannya Bitcoin belum sepenuhnya efektif digunakan sebagai alat transaksi atau aset. Tentunya, seiring banyaknya pengguna yang memiliki Bitcoin, ia menjadi alat yang digunakan di dalam komunitas tertentu.

Bitcoin Tahun 2009-2010

Pada kisaran tahun 2009-2010, Bitcoin masih dipandang sebagai proyek teknologi biasa. Nilainya yang setara Rp0 belum bisa digunakan untuk transaksi apapun. Namun, lambat laun Bitcoin semakin menunjukkan jati dirinya dan digunakan oleh kalangan tertentu.

Ada peristiwa yang sangat ikonik dan unik yang terjadi di industri mata uang crypto ini. Ini terjadi pada tanggal 22 Mei 2010, ketika dua buah loyang pizza dibeli dengan harga 10.000 Bitcoin. Tidak heran, pada tahun 2010 harga Bitcoin masih berkisar di 0,08 USD atau setara dengan Rp721,84. Namun, siapa sangka jika 10 tahun kemudian Bitcoin memiliki nilai lebih dari Rp170 juta per koinnya!

Bitcoin Tahun 2017

Selanjutnya, Bitcoin terus mengalami kenaikan harga hingga berhasil mencapai nilai All-Time-High-nya pada tahun 2017. Jangan salah kenaikan tersebut tidak bisa dianggap remeh, karena nilainya mencapai hingga 20.089 USD atau setara dengan Rp270 juta! Kenaikan harga yang sangat fantastis dan belum ada aset mana pun yang dapat menandingi peristiwa ini.

Jika melihat harga-harga rumah pada tahun 2017, berdasarkan data dari Indeks Harga Properti Residensial dari Bank Indonesia, harga rumah di JABODETABEK untuk tipe kecil dan menengah berada di kisaran Rp200-Rp300 juta. 

Pada saat itu, dengan hanya satu Bitcoin, kamu dapat membeli rumah dengan tipe kecil dan sedang tanpa cicilan alias langsung lunas di wilayah sekitar JABODETABEK atau jika dibandingkan lagi harga satu Bitcoin tersebut bisa membeli lunas satu mobil dengan kapasitas 6-8 orang.

Lebih lagi, jika membandingkan dengan biaya pendidikan tinggi di Jakarta saat itu, dengan satu Bitcoin jelas bisa membiayai biaya pendidikan tersebut bahkan hingga lunas. 

Bitcoin Tahun 2020

Nilai pada tahun 2017 itu merupakan nilai tertinggi yang pernah Bitcoin tetapkan. Tidak hanya kenaikan harga yang sangat drastis, Bitcoin juga pernah mengalami harga yang turun secara signifikan, apalagi di tahun 2020 ini terjadi krisis hampir di semua instrumen keuangan dan berakibat juga pada jatuhnya harga Bitcoin. 

Menurut data dari CoinMarketCap.com, Bitcoin sempat mencapai angka 4.900 USD hanya dalam beberapa jam dengan harga semula di 7.900 USD. Walau begitu, kepercayaan terhadap Bitcoin tidak memudar dan mulai pulih dengan mencetak harga all-time-high-nya pada tahun 2020 di harga $14,028 atau setara Rp205 Juta!

Itu artinya, jika kamu membeli satu saja Bitcoin ketika pertengahan Maret 2020, di bulan November ini kamu sudah bisa membeli rumah tipe kecil di wilayah Depok dan sekitarnya lho! Atau uang tersebut bisa dibelikan satu buah mobil Toyota New Agya dengan sisa beberapa puluh juta lagi. 

Menarik sekali bukan aset Bitcoin ini? Buat kalian yang belum punya Bitcoin, yuk masukan Bitcoin ke dalam salah satu aset yang kamu miliki!

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang
Daftar Sekarang

Bagaimana dengan Harga Bitcoin di Tahun Berikutnya?

Menilik kembali perjalanan umur aset yang genap berusia 12 Tahun pada 31 Oktober 2020 kemarin, bukan tidak mungkin aset tersebut akan terus meningkat nilainya. 

Para analis juga memprediksi dengan semakin banyaknya perusahaan institusional besar yang terlibat membeli Bitcoin dengan jumlah besar, kelangkaan Bitcoin di dalam jaringan, dan semakin populernya teknologi mata uang digital, membuat Bitcoin semakin digandrungi sebagai aset masa kini. Banyak orang juga yang merasa Bitcoin sebagai emas digital alias jadi safe haven.

Belum lagi, pertumbuhan dan perkembangan harga Bitcoin diprediksi akan terus naik dan bahkan mencapai miliaran untuk satu Bitcoinnya di masa mendatang.

Jika hal tersebut benar terjadi, bukan tidak mungkin kamu bisa membeli sebuah rumah, kendaraan pribadi, properti, dan aset lainnya dengan hanya satu Bitcoin. Belum lagi, adopsi hampir di semua sektor terkait dengan Bitcoin, mata uang crypto, dan blockchain akan membuat harga diprediksi akan menjadi semakin tinggi lagi. 

Bagaimana? Sudahkah kamu membeli Bitcoin hari ini?

Pertanyaan penting

Apa itu bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital, mata uang virtual atau aset kripto yang bekerja di jariangan dengan algoritma rumit.

Siapa pencipta bitcoin?

Pencipta bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto

Kapan bitcoin muncul pertama kali muncul?

Bitcoin pertama kali muncul pada tahun 2009 lalu

Cara mendapatkan bitcoin pada awal kemunculannya?

Pada saat itu untuk mendapatkan bitcoin didapat dengan cara mining bitcoin dan juga membelinya.

Satu bitcoin dapat beli apa?

Diperkirakan satu bitcoin dapat membeli sebuah rumah ataupun properti lainnya

Kosa Kata

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Hash Rate