5

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Cara Beli Bitcoin di Indonesia Mudah

Di artikel ini kamu akan mengetahui cara beli bitcoin di Indonesia dengan mudah, sebelum mengetahui cara beli Bitcoin atau jual beli aset mata uang kripto, ada baiknya kamu mengenal apa itu Bitcoin dan siapa pencipta Bitcoin.   

Apa itu Bitcoin 

Semenjak institusi mulai membeli Bitcoin, nama Bitcoin pun mulai meroket dan terus mendapatkan perhatian dari investor lainnya. Bitcoin adalah mata uang digital, mata uang virtual atau aset kripto yang bekerja di jaringan dengan algoritma rumit.

Bitcoin bersifat virtual sehingga tidak ada wujud fisiknya layaknya mata uang Rupiah. Walau begitu aset ini memiliki nilai yang sangat fantastis.

Di 2021 harga satu Bitcoin sudah pernah menyentuh di atas Rp800 juta. Bitcoin atau disingkat BTC juga bisa menjadi alat transaksi di internet yang memudahkan orang untuk mengirim atau menerima uang melalui internet, bahkan kepada seseorang yang tidak kita kenal atau tidak percayai.

Siapa Pencipta Bitcoin 

Bitcoin diciptakan oleh anonim bernama Satoshi Nakamoto. Ini adalah nama yang digunakan untuk orang yang mengembangkan bitcoin, menulis white paper bitcoin, dan membuat serta menerapkan implementasi referensi asli bitcoin. Jumlah Bitcoin pun ia ciptkan dengan terbatas hanya berjumlah 21 juta saja.

Sebagai bagian dari implementasi, Nakamoto juga merancang database blockchain pertama.Nakamoto aktif dalam pengembangan bitcoin hingga Desember 2010. Banyak orang telah mengklaim, atau telah diklaim, sebagai Nakamoto. Namun hingga saat ini siapa Satoshi Nakamoto belum terungkap. 

Cara Beli Bitcoin di Indonesia Mudah

Cara beli Bitcoin di Indonesia kini sudah sangat mudah, sebab banyak bursa yang telah terdaftar di Bappebti. Sehingga keamanan dan perlindungan pelanggannya terjamin. Cara beli Bitcoin mudah di Indonesia adalah sebagai berikut. 

Pilih Bursa

Langkah pertama adalah pilih bursa, kamu bisa memilih salah satu bursa yang sudah terdaftar di Bappebti dan sesuai dengan keinginan. Setelah pilih bursa unduh aplikasinya di app store atau play store. 

Daftar dan Verifikasi

Setelah itu lakukan proses pendaftaran seperti isi email, username dan kata sandi. Proses daftar biasanya berlangsung dengan cepat. Jika sudah melakukan daftar, langkah selanjutnya adalah Log in.

Kemudian melakukan verifikasi, dalam verifikasi ini ada beberapa dokumen seperti KTP atau kertas dengan tulisan bukti verifikasi. Dalam proses verifikasi ini kamu akan diminta mengisi data yang lebih lengkap. Jika semua sudah disertakan maka kamu tinggal menunggu verifikasi diterima biasanya 1×24 jam maksimal. 

Deposit

Jika sudah diverifikasi maka selanjutnya kamu bisa melakukan deposit sejumlah dana yang kamu sediakan. Deposit crypto di bursa aset digital Indonesia memiliki nominal yang beragam namun ada yang bisa dimulai dari Rp10.000.

Proses deposit di bursa crypto Indonesia bisa dilakukan dengan transfer via bank, m-banking. Khusus untuk bank pastikan nama akun sama dengan nama di rekening bank. Kamu bisa deposit juga melalui alfamart, shopeepay, gopay, dana, dan lainnya.

Mulai Beli Bitcoin 

Sudah berhasil deposit? Kalau sudah saatnya mulai beli Bitcoin atau transaksi jual beli Bitcoin yang mudah di Indonesia.

Caranya cukup mudah kamu tinggal masuk ke menu pilihan beli dan mulai beli Bitcoin sesuai dengan kebutuhan kamu dan pembelian Bitcoin pun selesai, nantinya BTC yang dibeli akan otomatis masuk ke wallet.

Itu dia cara beli Bitcoin mudah di Indonesia, berikut ini ada beberapa hal yang sering ditanyakan oleh para investor pemula yang baru ingin membeli Bitcoin. Dengan mengetahui informasi ini kamu bisa merasa lebih aman dan nyaman untuk mulai beli aset digital tersebut. 

Apakah Bitcoin di Indonesia Penipuan

Bitcoin di Indonesia bukanlah penipuan, hanya saja seringkali banyak oknum yang membawa nama Bitcoin untuk melakukan tindak kejahatan. Karena itu agar kamu tidak tertipu dengan iming-iming Bitcoin, ada baiknya kamu melakukan jual beli di bursa crypto terpercaya dan jangan mudah termakan iming-iming investasi Bitcoin yang seringkali berseliweran di grup facebook atau telegram. 

Di Indonesia, Bitcoin dan aset kripto lainnya sudah mendapatkan legalitasnya. Sehingga  para pemilik Bitcoin tidak perlu khawatir. Hanya saja perlu diingat Bitcoin hanya sah diperjual belikan di bursa berjangka, kamu belum bisa menggunakan Bitcoin untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika kamu ingin menggunakan Bitcoin untuk membeli kebutuhan pokok, Bitcoin perlu ditukar menjadi mata uang fiat lebih dulu. Alat pembayaran sah di Indonesia hanya Rupiah.

Kepastian hukum Bitcoin di Indonesia diberikan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sudah memberikan kepastian hukum soal Bitcoin di Indonesia.

Ada empat peraturan Bappebti yang melegalkan perdagangan komoditas digital, berupa aset kripto maupun emas digital. Peraturan-peraturan itu antara lain:

Peraturan Bappebti No. 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka

Peraturan Bappebti No. 3 Tahun 2019 tentang Komoditi yang Dapat Dijadikan Subjek Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah dan/atau Kontrak Derivatif Lainnya yang Diperdagangkan di Bursa Berjangka.

Peraturan Bappebti No. 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

Peraturan Bappebti No. 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka Empat peraturan ini akan menjadi landasan hukum dalam perdagangan aset kripto di Indonesia.

Top exchange
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital, mata uang virtual atau aset kripto yang bekerja di jaringan dengan algoritma rumit.

Siapa Yang Menciptakan Bitcoin?

Bitcoin diciptakan oleh anonim bernama Satoshi Nakamoto. Ini adalah nama yang digunakan untuk orang yang mengembangkan bitcoin, menulis white paper bitcoin, dan membuat serta menerapkan implementasi referensi asli bitcoin.

Apakah Bitcoin di Indonesia Penipuan?

Bitcoin di Indonesia bukanlah penipuan! Hanya saja seringkali banyak oknum yang membawa nama Bitcoin untuk melakukan tindak kejahatan

Apakah Bitcoin Legal Di Indonesia?

Di Indonesia, Bitcoin dan aset kripto lainnya sudah mendapatkan legalitasnya. Sehingga para pemilik Bitcoin tidak perlu khawatir

Apakah Bitcoin Bisa Digunakan Sebagai Alat Pembayaran Di Indonesia?

Jika kamu ingin menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaram, Bitcoin perlu ditukar menjadi mata uang fiat lebih dulu. Alat pembayaran sah di Indonesia hanya Rupiah.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar