5

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

3 Cara Aman Beli Bitcoin Saat Harganya Meroket

Harga Bitcoin yang sudah mahal membuat para investor baru merasa ragu untuk membeli aset itu. Salah satu penyebab keraguan itu adalah perubahan harga Bitcoin yang tidak bisa ditebak dan membuat rasa kurang aman bagi para investor pemula.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut dan bisa membeli Bitcoin dan crypto dengan aman dan tidak membuat cemas, ada berbagai cara aman yang bisa digunakan. Apa saja? dapatkan jawabannya di artikel berikut ini.

Beli Bitcoin dengan Buying the Dip

Buying the dip adalah sebuah metode yang umumnya berarti membeli saat harga terkoreksi. Walau terdengar mudah, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan metode buying the dip membutuhkan perhatian khusus dalam sisi teknikal harga.

Seperti yang mayoritas investor dan trader ketahui, sisi fundamental dan teknikal memiliki peran penting walau berbeda. Dalam metode ini, diperlukan pengetahuan dasar mengenai sisi teknikal dimana investor atau trader dapat mengikuti beberapa langkah.

Baca juga: Investasi Crypto: Strategi, Cara, Manfaat dan Risikonya

Memahami Pergerakan Harga

Secara dasar, pergerakan aset keuangan umumnya terbagi menjadi tiga yaitu bergerak naik, turun, dan berkonsolidasi.

Metode ini cocok untuk digunakan saat pergerakan sedang naik akibat dalam pergerakan naik akan selalu ada koreksi.

Umumnya, metode ini diterapkan pada grafik jangka waktu yang lebih singkat namun dapat diterapkan untuk seluruh jangka waktu. Hal ini disebabkan semakin kecil jangka waktunya akan semakin terlihat fluktuasinya.

Memperjelas dengan Gambar

Salah satu cara untuk mempermudah penerapan metode ini saat beli Bitcoin adalah dengan menggunakan grafik yang bisa dimodifikasi dengan gambar.

Contohnya, untuk mempermudah penerapan metode ini dapat dilakukan batasan garis yang memperjelas pergerakan.

Dengan adanya batasan garis tersebut, umumnya lebih terlihat pergerakan naik dan lebih mudah untuk melihat potensi dip atau koreksi yang terjadi.

Umumnya dip terjadi pada batas bawah dan tengah zona pergerakan harga.

Perlu diingat bahwa ada hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli dip akibat ada potensi untuk terus turun.

Salah satunya adalah menunggu konfirmasi dimana konfirmasi tersebut bisa datang dari adanya konsolidasi setelah koreksi atau adanya pola grafik serta candlestick yang mendukung apresiasi kembali.

Dollar Cost Averaging (DCA)

Selain itu, cara yang aman untuk beli Bitcoin adalah menggabungkan metode ini dengan DCA dimana melakukan pembelian saat dip bukan dengan seluruh dana yang dimiliki.

Cara ini dapat membentuk kesempatan yang aman untuk mulai masuk ke dunia bitcoin.

DCA atau Dollar Cost Averaging mempermudah investor atau trader untuk menggunakan dananya tidak secara langsung.

Metode ini adalah bagian dari manajemen risiko yang memberikan pemilik dana kesempatan diversifikasi melalui waktu.

Baca juga: Dollar Cost Averaging, Cara Aman Investasi Crypto

Menggunakan Buy Limit Order

Cara terakhir adalah mencari bursa atau platform yang memberikan kemudahan untuk melakukan pembelian limit atau limit order.

Hal ini disebabkan strategi buying the dip adalah strategi retest yang umumnya trader dan bahkan investor gunakan untuk mendapatkan waktu yang terbaik.

Contohnya saat harga koreksi ke target yang dituju pembeli dapat menetapkan limit order pada harga tersebut agar langsung beli Bitcoin dan tidak tertinggal saat harga naik lagi tanpa harus memperhatikan grafik 24 Jam.

Contoh Penerapan Nyata

Metode ini telah terbukti mudah untuk digunakan selama satu pekan terakhir dari tanggal 31 Desember hingga hari ini. Hal ini disebabkan walau fluktuatif, pergerakannya tidak pernah keluar dari trend.

Pergerakan Harga Bitcoin Jangka Waktu 1 Jam
Pergerakan Harga Bitcoin Jangka Waktu 1 Jam

Selain itu, seluruh langkah juga diterapkan agar posisi yang diambil selalu aman dan tidak memberatkan jika rugi. Contoh nyatanya adalah seperti grafik pergerakan harga Bitcoin dengan jangka waktu 1 Jam di atas.

Selama 31 Desember hingga hari ini Bitcoin secara relatif selalu bergerak dalam zona apresiasi tersebut dan jarang keluar. Sehingga metode ini dapat dipertimbangkan untuk memulai mencoba menganalisis untuk membeli pada saat dip.

Tetapi perlu diingat bahwa layaknya seluruh metode, tidak ada metode yang pasti benar 100% sehingga investor dapat melakukan uji coba agar mengetahui yang mana yang cocok.


Itu dia cara aman beli Bitcoin dan crypto yang bisa coba kamu terapkan.

*Disclaimer: Artikel ini hanya merupakan edukasi dan bukan merupakan saran untuk investasi.

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu ATH?

Singkatan dari All-Time High atau harga tertinggi yang pernah tercatat dari suatu cryptocurrency

Apa itu buying the dip?

Membeli saat harga sedang terkoreksi

Apa saja langkah teknikal untuk buying the dip?

Memahami pergerakan harga, memperjelas dengan gambar, dan menunggu konfirmasi

Apa itu DCA?

Singkatan dari Dollar Cost Averaging atau melakukan pembelian saat dip bukan dengan seluruh dana yang dimiliki

Bagaimana cara menggunakan buy limit order?

Saat harga koreksi ke target yang dituju pembeli dapat menetapkan limit order pada harga tersebut agar langsung beli dan tidak tertinggal saat harga naik tanpa harus memperhatikan grafik

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin