3

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Dompet Bitcoin: Panduan Lengkap untuk Pemula

Memahami Dompet Bitcoin

Apa itu dompet bitcoin? Dompet Bitcoin adalah tempat untuk menyimpan Bitcoin atau aset kripto sebelum ditransaksikan. Di dalam dompet tersebut, kamu dapat menyimpan, menerima, sekaligus mengirim Bitcoin ke pengguna lain.

Dompet ini akan memberikan sebuah alamat yang mirip dengan rekening bank, setiap wallet atau dompet akan memiliki alamat yang unik. Alamat biasanya terdiri dari alfanumerik dan selalu dimulai dengan 1,3 atau bc1 dengan panjang 26-35 karakter. Selengkapnya soal address wallet Bitcoin dapat ditemukan di sini. 

Jenis Dompet Bitcoin

Selain mengerti soal apa itu dompet Bitcoin, kamu juga perlu mengetahui jenisnya. Umumnya dompet Bitcoin dibagi menjadi dua jenis yakni hot wallet (dompet digital) dan cold wallet (dompet di piranti keras).

Hot wallet bisa disebut sebagai digital wallet karena ia terkoneksi dengan internet, merupakan software atau aplikasi yang diunduh dan dijalankan melalui mobile atau komputer. 

Jenis wallet ini paling sering ditemui dan digunakan, terutama jika kamu hanya menggunakan satu wallet yang disediakan oleh bursa tempat di mana jual beli Bitcoin dilakukan. 

Cold wallet atau biasa disebut juga sebagai hardware wallet adalah dompet Bitcoin yang berbentuk seperti hardisk atau USB, ini adalah wallet yang tidak terhubung ke internet dan terpisah dari bursa. Hardware wallet umumnya berharga lebih mahal dari hot wallet tetapi juga lebih aman. 

Keuntungan menggunakan kedua wallet ini bisa diperoleh di sini. 

Cara menyimpan Bitcoin online dan offline

Menyimpan Bitcoin bisa dilakukan online dengan menggunakan hot wallet, dan offline dengan menggunakan cold wallet.

Menyimpan Dompet Online

Penyimpanan ini biasanya menggunakan web yang terhubung ke internet atau software yang berjalan di komputer. Proses penyimpanannya cenderung lebih mudah, umumnya kamu cukup melakukan registrasi, membuat kata sandi, dan serangkaian proses yang penting untuk meningkatkan keamanan.

Wallet jenis ini mudah digunakan namun untuk keamanan termasuk rentan apabila kamu tidak sering melakukan pembaruan, sebab masih ada peluang dompet diretas oleh para hacker yang ada di internet. 

Menyimpan Dompet Offline

Menyimpan di wallet offline artinya kamu menyimpan aset di sebuah perangkat fisik, umumnya berbentuk seperti USB atau harddisk. Ada juga yang berbentuk paper wallet namun jenis ini sudah jarang digunakan. Menyimpan dengan cara ini lebih aman karena tidak terhubung ke internet, namun harganya lebih mahal dan penggunaannya seringkali membingungkan bagi pemula. 

Pilihan Dompet Bitcoin Terbaik 

Berikut ini ada berbagai dompet Bitcoin terbaik yang bisa dijadikan pilihan baik yang berjenis hot atau cold wallet. 

Pintu

Pintu menggunakan teknologi dari Curv.co yang memungkinkan kamu untuk menyimpan, mengirim, dan menerima aset digital dengan aman. Curv.co sendiri adalah platform keamanan berbasis Cloud Wallet yang memberikan keamanan tanpa cela, ketersediaan instant, dan bisa mengelola aset kamu dari aplikasi.

Indodax

Selain tempat jual beli Bitcoin, platform Indodax juga memiliki memiliki fasilitas dompet Bitcoin.

Bila kamu mendaftarkan diri di Indodax atau Bitcoin.co.id, kamu akan secara otomatis memiliki dompet sekaligus address Bitcoin untuk menerima, menyimpan, sekaligus mengirim Bitcoin ke pengguna lain.

Triv

Bursa ini juga memiliki wallet untuk menyimpan Bitcoin atau aset kripto lainnya, walletnya mudah digunakan dan mempermudah pengguna yang ingin melakukan transaksi. Kamu akan otomatis mendapatkan wallet jika melakukan registrasi dan verifikasi di Triv. 

Blockchain.com

Dompet Blockchain merupakan salah satu situs web yang paling banyak digunakan dalam industri ini. Platform ini diluncurkan pada Agustus 2011 dan berpusat di Luxembourg. Blockchain juga memungkinkan kamu untuk melakukan kemudahan transaksi seperti mengirim dan menerima cryptocurrency dengan biaya yang sedikit.

Bitcoin Wallet

Bitcoin Wallet mudah digunakan dan dapat diandalkan, serta aman dan cepat. 

Aplikasi ini adalah pilihan yang bagus untuk menyimpan bitcoin dengan interface yang user friendly, sehingga cocok untuk pengguna awam. Wallet ini juga tersedia untuk smartphone android.

Bitcoin Core

Wallet ini memberikan keamanan tinggi, privasi, dan stabilitas. Namun, memiliki lebih sedikit fitur dan membutuhkan banyak ruang penyimpanan dan memori. Bitcoin core tersedia untuk desktop windows, linux, dan mac.

Electrum

Wallet ini fokus pada kecepatan dan kesederhanaan, dengan penggunaan sumber daya yang rendah. Electrum menggunakan server jauh untuk menangani bagian paling rumit pada sistem Bitcoin, serta memungkinkan untuk memulihkan wallet anda dengan frase rahasia. Dompet ini tersedia untuk Windows, Linux dan Mac desktop serta perangkat android.

Exodus

Exodus adalah salah satu wallet perangkat lunak seperti Electrum, tetapi jauh lebih cantik dan intuitif untuk digunakan. Ini menawarkan manfaat serupa untuk keamanan tetapi terlihat jauh berbeda. Wallet yang terintegrasi dengan Trezor untuk desktop ini mengubah mata uang digital kamu seperti, Bitcoin, dan banyak lainnya, menjadi portofolio dengan grafik. Kamu juga dapat menukar dan menyimpan koin di aplikasi.

Keepkey

KeepKey adalah wallet perangkat keras yang memudahkan keamanan bitcoin. Ketika kamu mempercayakan uang dengan KeepKey, setiap transaksi Bitcoin yang dilakukan harus ditinjau dan disahkan lewat layar OLED dan tombol konfirmasi.

Ledger Nano

Ledger Nano S adalah wallet perangkat keras Bitcoin yang aman. Dapat menghubungkan ke berbagai komputer melalui USB dan menampilkan layar OLED bawaan untuk cek ulang serta mengonfirmasi setiap transaksi dengan sekali tekan tombol saja.

Trezor

TREZOR adalah wallet bitcoin berbentuk perangkat keras yang menyediakan keamanan tingkat tinggi tanpa mengorbankan kenyamanan.

Tidak seperti cold wallet lainnya TREZOR mampu melakukan transaksi selama terkoneksi dengan perangkat online. Hal ini berarti membuat dompet Bitcoin ini  lebih aman bahkan saat menggunakan komputer yang terinfeksi malware.

Tips Memilih Dompet Bitcoin

Berikut ini ada tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih wallet Bitcoin.

Keamanan

Tips memilih wallet Bitcoin yang pertama adalah keamanan. Jika kamu akan menggunakan hot wallet dengan jenis web wallet, ada baiknya kamu memilih https, bukan HTTP karena menambahkan lapisan keamanan ekstra ke dompet.

Ada juga otentikasi dua faktor yang harus ditawarkan dompet. Ini akan memastikan keamanan dan keamanan dompet. Jika kamu memilh cold wallet pastikan wallet kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak.

Pengalaman Pengguna

Dompet yang akan kamu pilih tentunya harus bisa kamu gunakan dengan mudah. Maka dari itu memilih wallet yang ramah pengguna bisa dipertimbangkan, kamu perlu tahu bagaimana  menggunakan dompet dengan baik dan benar.

Jika kamu memiliki dompet di perangkat seluler, kamu harus memilih dompet yang dapat diunduh di perangkat seluler. Jika memilih cold wallet, usahakan kamu memilih yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga bisa kamu bawa kemana-mana.

Teknologi yang Digunakan

Kamu  perlu mengetahui teknologi yang digunakan, atau paling tidak mengetahui otentikasi keamanan yang digunakan. Pilihlah wallet dengan teknologi keamanan otentikasi 2 faktor agar keamanan wallet bisa terjaga.

Fitur Cadangan 

Pilihlah wallet Bitcoin yang memiliki fitur backup, sehingga jika kamu lupa password untuk mengaksesnya, kamu memiliki sandi cadangan untuk bisa menggunakan wallet dan memulihkannya.

Beberapa prosedur fitur cadangan layak, umumnya terdiri dari tautan penyelamatan, kata sandi, dan sejumlah frasa sandi untuk mengembalikan semuanya dan bisa membuat wallet berjalan kembali.

Cocok untuk Berbagai Cryptocurrency

Kamu harus mengetahui kemampuan wallet dalam menyimpan aset crypto. Karena tidak semua aset crypto cocok dengan segala jenis wallet.

Pilihlah wallet Bitcoin atau crypto yang bisa menyimpan banyak aset, sehingga kamu tidak perlu memiliki wallet lain. Ini juga akan memudahkanmu untuk mengelola aset crypto dalam satu tempat.

Itu dia tips untuk memilih dompet Bitcoin atau crypto lainnya, tips lainnya bisa kamu dapatkan di sini.


Itu dia artikel lengkap seputar apa itu dompet Bitcoin dan hal lain yang seringkali ditanyakan seputar dompet Bitcoin.

Top exchange
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Dompet Bitcoin?

Dompet Bitcoin adalah tempat untuk menyimpan Bitcoin atau aset kripto sebelum ditransaksikan.

Ada Berapa Jenis Dompet Bitcoin?

Umumnya dompet Bitcoin dibagi menjadi dua jenis yakni hot wallet (dompet digital) dan cold wallet (dompet di piranti keras).

Rekomendasi Dompet Bitcoin?

Pilihlah dompet Bitcoin (atau crypto) yang bisa menyimpan banyak aset, sehingga kamu tidak perlu memiliki dompet lain.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar