Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Tips · 8 min read

5 Tips Bagi Investor Kripto Pemula

Tips untuk investor Bitcoin dan kripto pemula. Berinvestasi dalam Bitcoin (BTC) dan kripto bagi pemula bisa sangat menakutkan karena kurangnya pemahaman.  

Terjun di di dunia cryptocurrency bisa beresiko bagi siapa saja dengan atau tanpa pengalaman investasi. Soalnya ruang kripto tidak memiliki otoritas atau aturan yang terpusat dapat memandu investor.

Apalagi banyak rumor, desas-desus yang kebenarannya belum pasti beredar di internet seputar bitcoin. Hal ini tentu bisa memusingkan bagi para investor bitcoin pemula.

Seperti bisnis lainnya, jika ingin berinvestasi dalam bitcoin harus bisa memeriksa fakta dengan baik dan benar.

Banyak investor kripto yang telah mengalami kerugian karena percaya dengan rumor dan desas-desus yang beredar dalam investasi bitcoin.

Agar kamu tidak mengalami kerugian yang serupa dalam memulai investasi di dunia digital berikut ini ada lima tips yang bisa dilakukan investor kripto pemula.

Baca juga: Apa itu Cryptocurrency? Panduan untuk Pemula

Lakukan Riset dan Penelitian

Ruang Crypto sudah ada sejak beberapa tahun lalu, berarti sudah banyak yang berubah sejak awal kemunculannya.

Tentu banyak pekerjaan rumah yang harus Anda lakukan untuk memahaminya untuk bisa melakukan investasi dengan baik dan benar.

Meskipun cryptocurrency menawarkan peluang investasi yang unik, bukan berarti kamu bisa bebas dari segala risiko yang ada. Maka dari itu, tips pertama untuk investor kripto pemula adalah melakukan riset bagaimana teknologi yang mendasarinya bekerja, pahami seluruh sistemnya untuk membantu kamu mengerti segala sesuatu yang berkaitan dengan investasi yang kamu lakukan.

Jangan membaca beberapa artikel di intenet dan menyimpulkannya sendiri, temukan seorang mentor yang paham seluk beluk bitcoin dan crypto dan bisa kamu percaya.

Ajukanlan sebanyak mungkin pertanyaan jika masih kesulitan untuk memahami crypto dan berinvestasi di dalamnya.

Jangan Habiskan Modal Awal

Setelah mengetahui tentang dunia crypto bukan berarti kamu bisa mengambil langkah seenaknya. Kamu tetap harus berhati-hati, karena mata uang digital masih dalam tahap awal pengembangan.

Ada risiko tinggi yang bisa membuat kamu menang besar atau kehilangan semua investasi yang dimiliki.

Mulailah dari yang kecil dan lihat bagaimana hasilnya sebelum memasukkan lebih banyak uang. Daripada mengejar harga kripto, biarkan harga yang datang kepada kamu.

Atur waktu dalam berinvestasi dalam cryptocurrency. Setelah menemukan tempat investasi yang kamu inginkan jangan gunakan seluruh modal Anda untuk membeli koin. Belilah dalam jumlah kecil terlebih dahulu, investasi sedikit demi sedikit.

Baca juga: Investasi Crypto, Strategi, Cara, Manfaat dan Risikonya

Perluas wawasan

Ketika berinvestasi di ruang crypto, kamu perlu melakukan diverifikasi secara efektif. Dengan cara ini jika ada satu komponen yang turun dapat dengan mudah diimbangi dengan keuntungan yang sama dikomponen lainnya.

Selain berinvestasi dari Bitcoin, kamu juga dapat berinvestasi dalam Ripple (XRP), Ether, Bitcoin Cash (BCH), dan Litecoin (LTC).

Berinvestasi secara merata diberbagai komponen tersebut dapat menjadi kesimbangan, karena semuanya masih berada dalam dunia crypto dan jika satu turun dengan presentasi tertentu, yang lain bisa saja naik dengan jumlah yang sama.

Ikuti Perkembangan Harga

Karena sifatnya yang fluktuatif, para pemula investor bitcoin harus selalu mengikuti perkembangan harga bitcoin secara teratur.

Hal ini dilakukan agar kamu dapat membuat strategi yang tepat kapan waktu untuk membeli atau menjual bitcoin agar mendapatkan keuntungan.

Baca juga: 8 Cara Bisnis Bitcoin dan Crypto

Lindungi Bitcoin

Seperti halnya uang konvensional, crypto rentan akan pencurian. Biasanya pencurian Bitcoin atau kripto dilakukan dengan membobol langsung penyimpanan atau meretas data pribadi pengguna sebelum melakukan pencurian.

Sebagai perlindungan, kamubisa menggunakan perangkat lunak khusus seperti EAL atau Metamask.

Selain itu, hati-hatilah jika ada orang tak dikenal mengirim sebuah link di media sosial, usahakan jangan mengklik link tersebut karena bisa jadi itu adalah upaya untuk meretas dan mencuri Bitcoin yang ada di wallet kamu.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.