Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Mengenal Reksadana Bitcoin Melalui Grayscale Bitcoin Trust

anisa giovanny     Tuesday, January 12 2021

Ternyata ada lho cara untuk berinvestasi Bitcoin melalui pasar keuangan tanpa harus membelinya secara langsung. Caranya adalah melakukan pembelian melalui salah satu instrumen keuangan yaitu reksadana Bitcoin. 

Cara ini dihadirkan oleh Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang memiliki sebagian besar Bitcoin di seluruh dunia. GBTC ini adalah salah satu dari beberapa sarana keuangan yang memungkinkan investor  untuk memperdagangkan saham dalam trust atau reksadana yang memiliki kumpulan besar Bitcoin dengan harga masing-masing kepemilikan yang mendekati harga Bitcoin. 

Pada Desember 2020, Grayscale Bitcoin Trust mewakili $11,5 miliar dari aset Bitcoin yang diinvestasikan secara pribadi. Grayscale, sebuah perusahaan investasi kripto AS yang merupakan salah satu pembeli Bitcoin terbesar di dunia, meluncurkan trust pada September 2013. Instrumen ini diperdagangkan di bawah nama kode “GBTC.”

Baca jga: 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Investasi Bitcoin di 2021

Grayscale Bitcoin Trust memegang 546.544 Bitcoin, atau 70% dari 775.137 Bitcoin yang dipegang oleh perusahaan publik, menurut Bitcointreasuries.org. Pada 17 Desember, GBTC saat ini diperdagangkan pada $30,16, dan per dokumen resmi, memegang 0,00095 Bitcoin (senilai $22,52) per saham

Trust telah menjadi berita utama karena pertumbuhannya yang cepat. Pada 9 Juni 2020, Trust memiliki 384.953 Bitcoin. Ini  menandai peningkatan lebih dari 161.000 Bitcoin hanya dalam waktu kurang dari enam bulan.

Baca juga: Grayscale Kini Miliki Setengah Juta Bitcoin!

Bagaimana Cara Kerja Reksadana Bitcoin GBTC?

  1. Kepercayaan Bitcoin Grayscale bekerja seperti ini:
  2. Grayscale mengundang kumpulan pribadi investor kaya untuk menjanjikan uang ke dana tersebut, yang digunakannya untuk membeli Bitcoin dalam jumlah besar.
  3. Kemudian, Grayscale mencantumkan dana itu di bursa saham publik, artinya siapa pun dapat memperdagangkan saham di dalamnya.
  4. Saham dalam dana melacak harga Bitcoin, tetapi hanya secara kasar.

Saham dana dapat diperdagangkan dengan harga premium atau diskon dari harga Bitcoin sebenarnya. Secara historis, mereka hampir selalu berdagang dengan harga premium. Ini adalah kabar baik untuk Grayscale dan investornya, yang mendapatkan uang dari premi itu.

Alasan Investor Membeli Saham di GBTC

Pertama, berinvestasi dalam Bitcoin trust fund memungkinkan orang memperoleh eksposur ke Bitcoin tanpa harus khawatir tentang cara menyimpannya, mematuhi hukum atau mengajukan pajak terpisah.

Jika kamu memiliki Bitcoin,  ada kekhawatiran seperti  bagaimana kamu menyimpannya,  apakah yang terjadi jika kamu  kehilangan kunci atau dompet Bitcoin kamu diretas?

Sebagai trust yang diperdagangkan secara publik, yang melapor ke Securities and Exchange Commission (SEC) AS, Grayscale Bitcoin Trust membuatnya mudah untuk dilakukan dan tidak perlu dikhawatirkan oleh pera investor.

Kedua,  Bitcoin trust yang diperdagangkan secara publik  dengan berbagai keuntungan pajak. Grayscale’s Trust memberi investor tersebut eksposur ke Bitcoin dengan cara yang ramah pajak.

Ketiga, perdagangan crypto sangat tertutup. Kamu  tidak dapat memperdagangkan Bitcoin terhadap saham di Tesla dan Apple (tanpa menggunakan platform turunan saham crypto).

Ini menyulitkan hubungan antara ekonomi crypto dari yang tradisional. Akan tetapi, jika kamu mendaftarkan Bitcoin di bursa saham meskipun dengan cara yang sangat mahal dan terbatas  investor tradisional dapat berinvestasi dalam ekonomi kripto.

Baca juga: Simpan Bitcoin dan 5 Saham Ini Selama 4 Tahun, Ternyata Segini Untungnya!

Grayscale Bitcoin Trust adalah salah satu dari beberapa trust yang diperdagangkan secara publik, meskipun Grayscale sejauh ini adalah yang terbesar. Produk Bitcoin Rival ETC Group memiliki kapitalisasi pasar $123 juta, per Desember 2020, dan produk Bitcoin Wisdom Tree memiliki kapitalisasi pasar $134,6 juta.

Grayscale juga menawarkan beberapa produk lain yang diperdagangkan di bursa, meskipun produk Bitcoinnya sejauh ini adalah yang terbesar. Selain Reksadana Bitcoin, Ethereum trust juga cukup  diminati, dengan Ethereum senilai $1,8 miliar yang dikelola. Lainnya termasuk Bitcoin Cash, Ethereum Classic, Litecoin, Stellar Lumens, XRP, Horizen dan ZCash, serta dana besar digital yang berisi BTC, ETH, XRP, BCH dan LTC.

Informasi soal Grayscale bisa didapatkan di sini

Artikel Terkait

 Lihat Lebih