Linkedin Share
twitter Share

Blockchain · 7 min read

Mengenal Project Floki Inu yang Beorientasi Komunitas

Floki Inu

Elon Musk beberapa lalu sempat pamer di akun twitternya kalau ia baru saja membeli anjing Shiba, yang ia beri nama Floki.

Tidak butuh waktu lama hewan peliharaan menggemaskan itu pun ikut tenar dan tak lama menjadi sebuah nama dari token kripto.

Tweet Elon Musk

Apa itu Floki Inu

Floki Inu adalah token kripto yang terinspirasi Elon Musk, miliarder CEO produsen mobil listrik Tesla.

Proyek ini berjalan di blockchain Ethereum dan jaringan Binance Smart Chain (BSC). Mereka memiliki ambisi yang ingin dicapai dengan menggunakan komunitas luas yang dikenal sebagai “Floki Vikings.”

Tim Floki Inu terdiri dari beberapa influencer crypto besar, seperti Bamidele, Uniswap Detective, dan PetaByte Capital, yang mempertaruhkan reputasi mereka untuk proyek ini.

Pengembang Floki Inu termasuk pengembang Moontography $MTGY yang disegani dan didoktrin dan pengembang Jackie Xu yang disegani dan didoktrin. Kedua pengembang memiliki pengalaman yang signifikan dalam ruang kripto dan telah terlibat dalam proyek koin utilitas lainnya, sejak tahun 2017.

Floki Inu berusaha untuk memberikan utilitas yang jelas dan bermanfaat untuk tokennya, sambil mengembangkan komunitas yang dinamis menjadi token meme paling menarik di ruang kripto.

Floki telah bermitra dengan beberapa pihak di antaranya adalah Movement Garden, sebuah inisiatif Kimbal Musk. Ini adalah sebuah gerakan yang bekerja untuk memberikan kekuatan kembali kepada masyarakat untuk memilih, menanam, menyiapkan, dan mengonsumsi makanan sehat.

Million Gardens

Floki Inu berharap bisa menjadi gerakan meme coin dengan visi untuk memberikan kekuatan kembali kepada komunitasnya. Bersama-sama, gerakan ini akan memberdayakan komunitas mereka untuk hidup mandiri dan sehat.

Kemitraan Floki Inu

Kemudian token ini juga bermitra dengan Curate, pasar crypto multiguna dengan biaya NFT tanpa gas fee dan pasar barang fisik dengan crypto seperti Amazon.

Kemitraan FLOKI dengan Curate bersifat strategis dan akan memungkinkan FLOKI untuk memanfaatkan solusi NFT tanpa gas yang inovatif dari Curate untuk beberapa inisiatif NFT-nya.

Kemudian pasar untuk membeli barang fisik Curate yang segera diluncurkan akan menggunakan token Floki sebagai alat tukar apabila telah diintegrasikan.

Curate saat ini bermitra dengan Travala yang memungkinkan token XCUR Curate digunakan untuk membeli 3 juta+ produk perjalanan dan memesan lebih dari 2,2 juta hotel dan rumah, 600+ maskapai penerbangan, 40.000+ aktivitas di lebih dari 230 negara.

Selain itu Floki telah bekerja sama dengan CryptoCart  yang merupakan marketplace dan fasilitator e-niaga kripto yang memungkinkan orang untuk membeli apa pun di lebih dari 1.700 toko di seluruh dunia termasuk Amazon, Ebay, PlayStation, Apple, Starbucks, dan perusahaan besar lainnya.

CryptoCart, yang memiliki koneksi dan kemitraan crypto yang solid dengan Chainlink dan UTU,  yang memungkinkan orang membeli barang-barang dunia nyata dengan crypto.

Saat ini, CryptoCart memungkinkan pengguna untuk bertransaksi menggunakan USDT, ETH, dan token CC asli  tetapi dengan kemitraan dengan FLOKI.

Token FLOKI akan menjadi salah satu set token baru yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian di semua 1.700 + toko yang didukung.

Valhalla, produk utilitas unggulan Floki Inu, berusaha menjadi yang pertama di ruang crypto yang menerapkan interaksi NFT onchain, memungkinkan pemain untuk berinteraksi dalam metaverse yang membayar penggunanya untuk bermain.

Fungsi Floki Inu

Marketplace NFT

Tidak hanya menjadi token utilitas dan bermitra dengan berbagai pihak, Floki Inu nantinya akan dijadikan alat tukar untuk marketplace FlokiPlaces.

Metaverse Valhalla

Floki Inu telah meluncurkan proyek andalannya bernama Valhalla. Valhalla adalah game metaverse NFT yang dijalankan dengan token Floki Inu.

Valhalla adalah metaverse NFT play-to-earn. Selain dihargai karena bertarung, semua yang DI dapatkan di metaverse adalah milik pemain dan bisa dimiliki dan dijual.

Tim yang mengerjakan Valhalla telah mengerjakan game NFT sejak 2017 dengan tim pengembangan yang terdiri dari 15 orang dan penasihat terkenal dengan pengalaman mengembangkan game sukses.

Selengkapnya soal game metaverse yang menggunakan Floki Ini bisa diperoleh di sini.

Floki Inuversity

Tim Floki Inu membangun platform bagi siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kripto dan mengembangkan Floki Inuversity menjadi platform dengan database konten kripto terbesar yang dapat diakses oleh semua orang di internet menggunakan FLOKI sebagai alat pembayaran.

Roadmap Project Floki Inu 2023

Berikut ini adalah rencana Floki Inu pada 2023.

Gambar: Roadmap Floki Inu 2023. Sumber: Medium Floki Inu.

Tahap 1 (Selesai)

  • Peluncuran Toko Floki: Toko merchandise untuk membeli merchandise Floki dengan kripto dan fiat.
  • Kemitraan Binance Pay: Meningkatkan pembayaran kripto terutama melalui Shop Floki.
  • Peningkatan Situs Web Valhalla.
  • China Plan: Pemasaran di China dan kolaborasi dengan media sosial kripto terkemuka di negara tersebut
  • Kemitraan Jaringan Pyth: Solusi oracle terdesentralisasi untuk meningkatkan kehadiran DeFi FLOKI.

Tahap 1 (Sedang berjalan)

  • Peluncuran OKC: Menambahkan FLOKI ke OKC, memperluas ketersediaannya di luar rantai ETH dan BNB.
  • Pinjam/Peminjaman DeFi: Memfasilitasi token FLOKI sebagai jaminan pinjaman.
  • Peningkatan FlokiFi Locker: Memperkenalkan pembayaran asli, rujukan, fitur pembakaran, dan banyak lagi.
  • Staking Fase 1: Pengenalan staking Floki asli dengan suara DAO.

Tahap 2

  • Staking Fase 2: Peluncuran program staking penuh.
  • Desain Ulang FlokiFi: Fitur yang ditingkatkan dan desain yang diperbarui.
  • Peluncuran Kartu Debit Floki.

Tahap 3

  • Peluncuran FlokiFi “Project TL”: Akan tersedia di 4 rantai dan memiliki fitur yang memanfaatkan token FLOKI.
  • Rilis Floki University.

Tahap 4

  • Peluncuran Mainnet Valhalla: Game on-chain, ekonomi PlayToEarn, NFT, dan Open World.
  • Valhalla Versi Cina: Menargetkan pasar game di Cina.
  • Proyek Misteri: Akan diungkapkan lebih detail nanti.

Beda Floki Inu dan Shiba Inu

Meski sama-sama memiliki logo anjing, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas karena Shiba Inu terinspirasi oleh Dogecoin sedangkan Floki Inu terinspirasi oleh anak anjing Shiba Inu milik Elon Musk yang bernama Floki.

Perbedaan lain adalah Shiba Inu memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$4 miliar, berada di peringkat 19 token teratas, sementara Floki berada di peringkat 145 dengan kapitalisasi pasar sedikit di atas us$174 juta. Data ini didapatkan dari Coinmarketcap, per 16 Oktober 2023.

Di sisi lain, Floki Inu memiliki total pasokan 10 triliun token, jauh lebih kecil dari Bitcoin yang berjumlah 21 juta, namun jauh lebih kecil dibandingkan Shiba Inu yang berjumlah 1 kuadriliun. Selain itu, transaksi Floki Inu dikenakan pajak otomatis sebesar 3%.

Kelebihan dan Kekurangan Floki Inu

Seperti kripto lainnya, Floki menghadirkan serangkaian kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan

  1. Floki beroperasi sebagai token multi-rantai, kompatibel dengan Ethereum dan Binance Smart Chain (BSC).
  2. Beragamnya produk saat ini dan masa depan di ekosistem Floki dapat meningkatkan nilai token.
  3. Floki telah berkolaborasi dengan entitas terkemuka lainnya di dunia kripto.
  4. Proyek ini bertujuan untuk mendukung tujuan filantropis.

Kekurangan

  1. Berasal dari koin meme, nilai Floki mungkin terpengaruh oleh sentimen tokoh berpengaruh seperti Elon Musk.
  2. Peredaran token Floki yang sangat tinggi menghasilkan harga token yang sangat rendah.
  3. Terdapat pajak wajib sebesar 3% untuk semua transaksi FLOKI.
  4. Di luar ekosistemnya sendiri, token ini memiliki kegunaan yang terbatas dan belum diterima secara luas oleh banyak platform DeFi.
  5. Anonimitas tim Floki memicu kekhawatiran mengenai akuntabilitas jika timbul masalah dalam usaha tersebut.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.