Linkedin Share
twitter Share

Tips · 6 min read

Apa itu Rug Pull dan Cara Menghindarinya

Ada banyak skema penipuan beberapa di antaranya adalah pump and dump, phishing, pig butchering, hingga rug pull. Artikel ini akan menjelaskan lebih dalam mengenai skema penipuan rug pull dan cara menghindarinya.

Apa itu Rug Pull?

Rug pull adalah tindakan penipuan dalam cryptocurrency, di mana pengembang crypto meninggalkan sebuah proyek dan melarikan diri dengan dana investor.

Skema penipuan ini biasanya terjadi di ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi), terutama pada pertukaran terdesentralisasi (DEX).

Dalam protokol, individu jahat diberi kesempatan untuk membuat token dan mencantumkannya di DEX, lalu memasangkannya dengan cryptocurrency terkemuka seperti Ethereum.

Setelah sejumlah besar investor yang tidak curiga menukar ETH mereka dengan token yang terdaftar, pengembang dengan mudah menarik semua kumpulan likuiditas, lalu mendorong harga koin menjadi nol. 

Pengembang bahkan dapat membuat skenario tipuan promosi dalam komunitas Telegram, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Pada awalnya, pengembang menyuntikkan sejumlah besar likuiditas ke dalam komunitas untuk menumbuhkan kepercayaan investor.

Alasan proyek rug pull yang berjamur dalam DEX adalah karena jenis pertukaran ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar token secara gratis dan tanpa audit, tidak seperti di pertukaran mata uang crypto terpusat. 

Selanjutnya, alasan pengembang membuat token mereka pada protokol blockchain open source seperti Ethereum adalah karena prosesnya yang mudah dan gratis. 

Karakteristik utama lainnya dari kemungkinan proyek tersebut rug pull adalah harga token yang meroket dalam beberapa jam, bergerak dari 0 hingga 50X lipat dalam waktu kurang dari 24 jam. Trik ini dimaksudkan untuk mendorong FOMO yang mengarahkan lebih banyak orang untuk berinvestasi dalam token.

Baca juga: 5 Tips Investasi Kripto Pemula

Contoh Kasus Rug Pull

Token Squid

Kasus token squid game merupakan salah satu rug pull terpopuler, token ini sebelumnya mengalami pertumbuhan luar biasa di minggu-minggu awal setelah peluncuran, naik lebih dari 33.600% dari satu sen menjadi mencapai $3,36.

Pertumbuhan besar token akhirnya mencapai $ 2861, sebelum tiba-tiba menghilang dan pihak token Squid tidak bisa dihubungi. Setelah rug pull koin ini kehilangan nilainya dan pengembang proyek telah memberlakukan mekanisme anti-dumping yang berarti tidak ada yang bisa menjual token dari pertukaran desentralisasi Uniswap

Yield Luna

Yield Luna adalah proyek yield yang berjalan di platform Solana (SOL). Proyek SOL telah berkembang dengan mantap, melebihi $2 miliar dalam total nilai terkunci (TVL) sebelum Luna Yield menghilang.

Pengembang proyek tiba-tiba menghapus situs web, Telegram, dan akun Twitter mereka dan menarik likuiditas hampir $10 juta. Menyusul penghapusan akun media sosial, investor Luna Yield mencoba menarik dana mereka yang tidak distake, karena tidak ada saldo di pool.

Pada penyelidikan lebih lanjut, komunitas Luna Yield menetapkan bahwa alamat pengembang proyek telah menyetujui penarikan yang terindikasi rug pull

OneCoin

OneCoin adalah salah satu skema Ponzi terbesar yang pernah ada di pasar crypto. Pengembang proyek berhasil mendapatkan lebih dari $4 miliar dari investor yang tidak menaruh curiga. Beberapa pemimpin proyek kemudian ditangkap, sementara yang lain menghilang saat proyek berlanjut.

Lebih buruk lagi, OneCoin tidak pernah diperdagangkan, juga tidak dapat digunakan untuk membeli apa pun karena tidak memiliki model blockchain atau sistem pembayaran.

Cara Mengenali Rug Pull

Meskipun penipu berpengalaman membuat rug pull, sebenarnya ada cara mudah untuk menemukannya jika investor memperhatikan tanda-tanda berikut.

Likuiditas Rendah

Jika kamu berinvestasi dalam jaringan yang memiliki likuiditas rendah, kamu sebaiknya was-was! Karena likuiditas rendah menandakan token yang kamu investasikan, akan sulit untuk mengubahnya menjadi uang tunai di kemudian hari. Dengan begitu, pengembang akan lebih mudah untuk memanipulasi harga token.

Cara terbaik untuk memeriksa likuiditas adalah dengan melihat volume perdagangannya selama 24 jam, yang setidaknya memiliki 20% hingga 40% dari total kapitalisasi pasar.

TVL Rendah 

TVL mengacu pada jumlah total yang diinvestasikan dalam proyek tertentu dan merupakan metrik yang andal untuk memeriksa keaslian proyek.

Proyek yang ‘sah’ akan memiliki dana yang diinvestasikan beberapa miliar dalam jaringan, sedangkan proyek penipuan mungkin memiliki beberapa ratus dolar saja.

Cara Menghindari Rug Pull

Menghindari situasi tersebut memang tidak mudah. Apalagi, banyak investor yang pasti terpengaruh untuk membeli token baru dan berharap akan mendapat keuntungan berlipat ganda dalam waktu singkat.

Kasus ‘untung dalam waktu singkat’ memang ada dan banyak terjadi. Namun, koreksi ratusan persen yang berakhir rugi miliaran rupiah juga tak bisa terelakan. Jadi, bijaksanalah untuk menggunakan protokol karena bagaimanapun juga berinvestasi itu butuh kesabaran dan beresiko.

Keuntungan dan pengembalian terbesar mungkin berasal dari beberapa protokol atau proyek baru yang tidak jelas, tetapi disitulah letak keuntungan besar yang bersanding dengan semua resikonya. Mempertimbangkan risiko penuh versus imbalan adalah hal wajib saat berinvestasi.

Lalu bagaimana investor crypto dapat memaksimalkan potensi pendapatan mereka tanpa resiko yang mengkhawatirkan? 

Baca Dokumen Proyek

Setiap proyek biasanya harus memiliki whitepaper yang memberi investor informasi terkait jaringan. Whitepaper umumnya berisikan konsep, tujuan, serta teknologi apa yang akan digunakan di balik proyek. 

Whitepaper yang dirancang dengan baik memberikan legitimasi dan pandangan profesional untuk proyek tersebut. Dan sebaliknya, jika whitepaper suatu proyek terlihat tidak profesional dan terkesan berantakan, kamu bisa mengibarkan red flag.

Ikuti Media Sosial 

Token rug pull biasanya memiliki situs website dengan aktivitas rendah serta platform media sosial yang belum lama dijalankan. Bahkan aktivitas komunitasnya pun terkesan sepi dan monoton.

Namun sebaliknya, proyek yang memiliki ‘masa depan’ akan memiliki komunitas yang aktif, terjangkau oleh investor terkemuka, dan banyak memberikan pembaruan di platform sosialnya, terutama Twitter, Telegram, dan channel Discord.

Gunakan Token Sniffer

Token Sniffer adalah situs yang berguna mendeteksi rug pull dan honyepots. Untuk mengetahui apakah token itu penipuan atau bukan, cukup tempat alamat kontrak ke kolom pencarian Token Sniffer.

Situs ini dapat menjalankan tes mengendus pada lebih dari 2 juta token di 12 blockchain, termasuk Ethereum, BNB Smart Chain, Polygon, Arbitrum, dan Optimism.


Akhir kata, dengan pertumbuhan industri crypto yang semakin besar dan menarik semakin banyak perhatian, rug pull kini sudah menjadi hal yang lazim di DeFi bahkan proyek NFT sekalipun.

Sebagian besar penipuan bahkan telah direncanakan dengan baik, dipasarkan secara intensif, dan dieksekusi dengan cemerlang. Karena itu sebagai investor harus lebih teliti dan berhati-hati ketika ingin membeli sebuah aset kripto.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.