Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

5 Kesalahan Trading Bitcoin yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

anisa giovanny     Sunday, December 27 2020

Perdagangan  atau trading Bitcoin bisa sangat menarik, terutama bagi mereka yang baru memulai perjalanan crypto.

Meskipun trading Bitcoin atau aset crypto lain bisa  menawarkan banyak peluang bukan berarti trading Bitcoin bisa dilakukan sembarangan.

Sebab tidak ada jalan pintas untuk menguasai  trading yang selalu profit setiap hari. Semua ada proses pembelajaran yang tentu memakan waktu.

Selama proses belajar trading tentu ada kesalahan yang pernah kamu lakukan. Diantara semua kesalahan trading, setidaknya ada lima kesalahan trading yang sebaiknya tidak pernah kamu lakukan.

Apa saja itu? Simak artikelnya berikut ini.

Terjun ke Perdagangan Kripto Tanpa Memahami Cara Kerjanya

Kita semua mungkin memiliki dorongan kuat untuk segera membuat diri  sukses, tetapi langsung terjun ke hal yang tidak diketahui tanpa berusaha untuk mempelajarinya dapat membawa kamu  ke hasil yang tidak diinginkan.

Jika kamu berencana untuk mencoba trading bitcoin, kamu harus melakukan penelitian mengenai Bitcoin itu sendiri.

Kamu perlu mempelajari cara kerjanya dan bagaimana kamu bisa  membuatnya menghasilkan keuntungan. 

Ingat, dana BTC kamu dipertaruhkan di sini dan tidak peduli seberapa kecil atau besar jumlahnya, tetap menyakitkan jika harus rugi karena trading Bitcoin dilakukan dengan ceroboh.

Baca juga: Cara Trading Crypto Dengan Aman

Menginvestasikan Modal Sangat Besar

Berinvestasi dalam bitcoin dapat memberikan hasil yang menjanjikan jika dilakukan dengan tepat.

Tetapi juga bisa rumit dan berisiko jika tidak memiliki pengetahuan dasar dan cara yang pas untuk mendapatkan penghasilan yang sesuai dari investasi Bitcoin.

Baca juga: Mau Trading Nyaman dan Tenang? Ikuti Langkah Psikologi Trading Ini

Karena Bitcoin bisa menjadi aset yang sangat tidak stabil, dan pergerakan harganya bisa tidak menentu dan tidak dapat diprediksi.

Jadi, sebaiknya kamu menginvestasikan uang dingin yang kamu miliki dengan jumlah yang rela untuk hilang jika mengalami kerugian.

Artinya itu bukan uang tabungan untuk masa depan mu atau uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari apalagi jika kamu berhutang.

Baca juga: 9 Pilihan Aset Investasi Cryptocurrency 2021

Itulah salah satu alasan mengapa memasukkan uang dalam jumlah besar dalam setiap transaksi trading terutama untuk yang pertama kalinya bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan.

Untuk membantu mendapatkan gambaran tentang seberapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari trading Bitcoin, kamu pun perlu memperhatikan nilai tukar bitcoin ke IDR

Membuat Keputusan Perdagangan Berdasarkan Emosi

Pepatah  mengatakan “jangan pernah membuat keputusan saat kamu sedang emosional”  hal ini benar dan dapat diterapkan diberbagai aspek, termasuk soal perdagangan Bitcoin.

Beberapa pedagang membiarkan  mereka terjebak dalam FOMO atau fear of missing out dan mendorong mereka untuk membeli Bitcoin ketika ada penurunan harga dan kemudian HODL koin mereka sampai harga pasar naik.

Sedangkan yang lain ada juga yang menjual bitcoin ketika ada lonjakan harga, berharap mendapat lebih banyak dari harga yang lebih tinggi.

Baca juga: 7 Tips Hindari FOMO, Musuh Besar Para Trader Crypto

Tetapi ketika harga tiba-tiba turun, mereka akan merasa menyesal dan frustasi. Emosi mungkin menjadi faktor penting ketika membuat hampir setiap keputusan harian kita.

Tetapi jangan biarkan hal itu menguasai  dirimu, terutama ketika dana kripto  dipertaruhkan!

Menyimpan Dana BTC di Wallet yang Tidak Berkualitas

Memilih dompet digital yang andal untuk menyimpan dana kripto sangat penting. Saat ini ada ribuan dompet BTC online yang tersedia, tetapi yang terbaik adalah mencari yang terkenal, andal, dan aman digunakan. 

Memiliki dompet digital yang sangat aman dan bereputasi baik dapat menyelamatkan kamu dari kekhawatiran yang tidak perlu.

Baca juga: Wallet Bitcoin Online atau Offline, Mana yang Lebih Bagus ?

Trading Berlebihan 

Overtrading atau trading berlebihan bukanlah pilihan yang bijak untuk mendapatkan banyak profit dalam satu waktu sekaligus.

Trader berpengalaman seringkali memperhatikan waktu pasar ​​ketika harga biasanya naik atau turun dan kemudian mereka baru memutuskan untuk atur strategi dari sana.

Trading secukupnya dan dilakukan di waktu yang tepat lebih bijak dibandingkan trading berlebihan dan dilakukan sembarangan.

Baca juga: Apa itu Time Frame atau Jangka Waktu dalam Grafik Trading Bitcoin


Itu dia daftar lima kesalahan trading yang paling umum di ruang crypto dan sebaiknya tidak pernah kamu lakukan.

Ada banyak peluang bagus untuk dibuka saat kamu  berdagang bitcoin, dan lebih baik mengambilnya tanpa harus melalui banyak kesalahan dan kemungkinan kerugian.

Kesabaran adalah kuncinya, jadi pastikan dirimu mengetahui bagaimana cara kerja perdagangan bitcoin, periksa waktu terbaik untuk membeli atau menjual, dan jangan pernah membiarkan emosi  menghalangi!

Selamat trading!

Artikel Terkait

 Lihat Lebih