Linkedin Share
twitter Share

Bitcoin · 6 min read

3 Cold Wallet Kripto Terbaik!

Cold Wallet

Cold Wallet adalah wallet kripto berbentuk fisik yang tidak terhubung langsung ke internet.

Apakah wallet ini aman? Cold wallet lebih aman daripada hot wallet sebab keterbatasannya dengan internet yang mengakibatkan peretas memiliki sedikit ruang untuk melakukan pembobolan wallet.

Cold wallet ini hanya memerlukan internet ketika sedang digunakan saja. Jika sedang tidak digunakan, maka wallet tidak terhubung dengan internet.

Berikut adalah 3 cold wallet yang layak untuk dicoba.

Ledger Nano

Ledger Nano mempunyai dua produk yakni Ledger Nano S dan Ledger Nano X. Untuk Nano S dijual seharga Rp1,3 juta dan Nano X seharga Rp2,5 juta.

Perbedaan dari kedua produk adalah Nano S dapat menyimpan hingga 1.100 jenis aset kripto sementara Nano X dapat menyimpan hingga 5.500 aset kripto.

Aksesabilitas Nano X dapat dengan diakses dengan Bluetooth atau disambungkan langsung ke device sementara Nano S hanya dapat diakses dengan disambungkan langsung. Nano X juga dapat diakses melalui mobile app pada Android dan iOS sementara Nano S hanya pada Android.

Nano X dilengkapi dengan baterai dan dapat bertahan selama 8 jam sementara Nano S tidak dilengkapi baterai dan hanya dapat diaktifkan ketika disambungkan pada device.

Kedua produk ini memiliki tipe pengamanan phrase key dengan 24 kata acak.

Ledger Nano dapat dibeli melalui toko official Ledger Nano.

kripto
Gambar: Legder Nano X (kiri) dan Ledger Nano S (kanan)

Trezor

Trezor mempunyai dua produk yakni Trezor Model One dan Trezor Model T. Untuk Trezor Model One dijual seharga Rp1,1 juta dan Trezor Model T seharga Rp3,3 juta.

Trezor Model One dapat menyimpan hingga 1.289 jenis aset kripto sementara Trezor Model T dapat menyimpan hingga 1.456 aset kripto.

Trezor belum dilengkapi dengan Bluetooth seperti Nano X dan hanya dapat diakses dengan menyambungkan langsung ke device serta belum tersedia mobile apps seperti Ledger Nano. Selain itu perangkat Trezor juga belum dilengkapi baterai seperti Nano X.

Trezor dapat dibeli melalui toko official Trezor.

Gambar: Trezor Model One (kiri) dan Trezor Model T (kanan)

Safepal

Bisa dikatakan Safepal adalah cold wallet yang ramah kantong. Safepal S1, satu-satunya produk cold wallet Safepal dijual seharga Rp800 ribu. Safepal S1 mendukung penyimpanan aset dari 54 blockchain berbeda.

Berbeda dari cold wallet lainnya, Safepal S1 memang sengaja dibuat untuk diakses tanpa kontak fisik dengan device lain. Untuk menggunakan Safepal S1 hanya perlu meng-scan kode QR dengan mobile app Safepal yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.

Cara ini adalah cara satu-satunya untuk mengakses Safepal S1, maka dari itu Safepal S1 tidak dilengkapi kabel USB, Bluetooth, maupun Wi-Fi.

Safepal S1 dapat dibeli melalui toko official Safepal.

Baca juga: Mengenal SafePal, Hardware Wallet Murah dan Mudah untuk Pemula

Gambar: Safepal S1

Perlu diperhatikan, dalam membeli cold wallet pastikan membeli dari tangan pertama yakni toko official. Pembelian dari tangan kedua atau bekas pakai tidak menjamin pemilik sebelumnya tidak mencatat phrase key dari cold wallet sehingga jika pemilik sebelumnya mencatat phrase key, maka wallet tersebut masih bisa diakses. Jangan tergiur harga murah pada toko selain toko resmi demi alasan keamanan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.