Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Simpan Bitcoin dan 5 Saham Ini Selama 4 Tahun, Ternyata Segini Untungnya!

anisa giovanny     Wednesday, July 29 2020

Menyimpan Bitcoin dari tahun 2015 lebih menguntungkan daripada memegang saham Unilever, BCA, Telkom, Indofood dan Antam dalam jangka waktu yang sama.

Baca juga: Cara Beli Bitcoin Mudah untuk Pemula


Bitcoin dan saham merupakan alat investasi yang kini sedang naik daun dan diminati oleh kalangan millennial. Kedua investasi ini memilki tujuan yang sama yakni untuk memberikan keuntungan bagi para penggunannya.

Di artikel ini kami membandingkan Bitcoin dengan lima saham besar di Indonesia yakni Unilever, BCA, Telkom, Indofood dan Antam.

Ternyata setelah dibandingkan dari segi harga jual dan beli antara lima saham itu dengan Bitcoin. Hasilnya Bitcoin jauh lebih untung dengan keuntungan berkali-kali lipat.

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang 💰

Kok bisa ya? Jawabannya bisa kamu temukan di artikel ini.

Baca juga: Ini 6 Alasan Bitcoin Lebih Baik dari Fiat!

Beda Saham dan Bitcoin 

Ada 3 hal yang berbeda dalam berinvestasi saham dan bitcoin:

  • Proses kepemilikan
  • Pasokan
  • Kapasitas menghasilkan untung

Proses Kepemilikan 

Dalam proses kepemilikan saham cenderung lebih rumit, karena untuk membeli saham kamu harus membuka rekening saham di perusahaan sekuritas yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK. Proses pendaftaran ini pun harus dilakukan secara langsung ke  sekuritas, dengan membawa berkas-berkas yang cukup banyak seperti kartu identitas, buku tabungan,  data ahli waris, dan lainnya. Prosesnya pun  belum tentu selesai dalam waktu sehari.

Sedangkan kepemilikan Bitcoin lebih sederhana, kamu tinggal pilih bursa jual beli Bitcoin yang sudah diawasi oleh Bappebti. Kemudian daftar, verifikasi dengan kartu identitas, foto dan lainnya kemudian akan diproses paling lama 1×24 jam. Sesudah itu kamu tinggal deposit, dan langsung bisa beli Bitcoin. Proses ini pun bisa dilakukan di mana saja secara online tanpa harus mengunjungi kantor bursa crypto. 

Pasokan 

Bitcoin hanya berjumlah 21 juta, jika seluruh koin ini sudah didistribusikan maka tidak akan ada lagi Bitcoin yang tercipta. Sehingga akan menjadi langka, tetapi permintaan akan makin banyak dibandingkan penawaran. Hal ini mengakibatkan harga BTC akan melambung tinggi dan bisa membuat investornya kaya raya karena aset crypto ini. 

Baca juga: Apa itu Bitcoin ? Panduan Lengkap untuk Pemula

Sedangkan saham tidak mengenal istilah pasokan yang terbatas, karena akan selalu ada perusahaan baru yang mendaftar di bursa saham dan melakukan penawaran saham ke publik. Ini tidak akan menjadikannya langka, karena pilihan saham sangat beragam.

Kapasitas untuk Menghasilkan Untung

Berinvestasi di pasar saham membutuhkan banyak kesabaran karena menghasilkan keuntungan dari sini memakan waktu hingga beberapa tahun. Sedangkan Bitcoin terkenal dengan sifatnya yang volatil dan fluktuatif, sehingga bisa mendapatkan keuntungan dengan sangat cepat. 

Baca juga: Bitcoin VS Properti, Mana Investasi yang Lebih Untung ?

Komparasi Profit BTC VS 5 Saham Indonesia

Saham yang digunakan dalam perbandingan ini adalah beberapa saham yang masuk kategori top tier di Indonesia. Saham itu adalah saham BCA, Unilever, Telkom, Antam, dan Indofood.

Sekarang mari kita coba ulas perbedaan keuntungan dari harga tertinggi di tanggal 31 Desember setiap tahunnya dengan harga Bitcoin akan dikonversi menjadi rupiah. Kemudian dalam saham, kita akan menghitungnya per 10 lot yang bernilai 1000 lembar saham. 

Maka keuntungan yang kamu dapatkan sebagai berikut. 

Tabel Keuntungan Bitcoin dan Saham Dalam 4 Tahun
Tabel Keuntungan Bitcoin dan Saham Dalam 4 Tahun

Keuntungan Bitcoin dalam empat tahun mencapai 90 jutaan, dibandingkan dengan lima saham yang ada di tabel. Sedangkan keuntungan saham paling besar diperoleh oleh BCA sedangkan saham yang mengalami kerugian saat di jual tahun 2019 adalah saham Indofood. 

Jika melihat perbandingan harga tersebut, Bitcoin jelas lebih unggul dengan kenaikan harga yang cukup besar. Meski harus dilihat lagi, pada 2018 harganya memang sempat anjlok.

Tapi jika dibandingkan dengan saham dalam proses perbaikan harga,  Bitcoin termasuk cepat karena di 2019 sudah berhasil memperoleh kembali harga di atas 100 juta Rupiah.  Sedangkan saham, mengalami kenaikan yang terbilang lebih lambat jika dibandingkan dengan Bitcoin. 

Baca juga: Bitcoin VS 5 Saham Perusahaan Teknologi, Mana Lebih Profit?

Dalam kata lain investasi Bitcoin ini bisa dijadikan investasi dalam jangka waktu cepat atau lama layaknya saham. Tapi tetap harus diperhatikan soal harga jual dan belinya agar kamu mendapatkan keuntungan investasi yang maksimal. 

Perbedaan Harga Beli & Harga Jual Bitcoin dan Saham Dalam Grafik

Jika disederhanakan dalam bentuk grafik, maka visualisasinya adalah sebagai berikut.

Chart BTC VS Top 5 Saham di Indonesia 2015 3

Harga beli paling mahal diperoleh oleh saham unilever, sedangkan Bitcoin berada di posisi ketiga dengan harga beli paling mahal dan harga beli paling murah dari perbandingan itu adalah 10 lot saham Antam.

Chart BTC VS Top 5 Saham di Indonesia 2019 3

Kemudian setelah dihodl selama empat tahun, harga jual Bitcoin berhasil berada di posisi tertinggi dengan keuntungan berkali-kali lipat dan saham unilever harus turun ke posisi kedua, sedangkan harga saham indofood justru turun, dan harga saham antam hanya mengalami sedikit peningkatan setelah disimpan selama empat tahun.

Dari sini kita bisa melihat jika Bitcoin dibandingkan saham dalam urusan keuntungan masih unggul Bitcoin. Jadi, BTC bisa dijadikan pilihan investasi yang bisa buat kamu kaya di masa depan jika mengelolanya dengan baik.

Baca juga: Seberapa Profit Bitcoin Dibandingkan Emas Dalam 10 Tahun?


Artikel ini adalah artikel perbandingan antara investasi Bitcoin dan saham yang dirangkum dari berbagai sumber untuk memberikan informasi dan perkiraan investasi mana yang lebih menguntungkan. Artikel ini bukan merupakan anjuran atau saran dalam berinvestasi, karena investasi apapun harus atas kesadaran dan kemampuan pribadi tanpa ada unsur paksaan. 

Poin Penting
  • 🔎 Apa itu Bitcoin ?

    Bitcoin adalah sebuah sistem mata uang cryptocurrency global. Baca selengkapnya di sini

  • 🔎 Apa itu saham ?

    Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

  • 💻 Apa saja lima saham yang populer di Indonesia ?

    BBCA, UNVR, TLKM, ANTM, INDOFOOD

  • ❓ Apa yang membedakan saham dan Bitcoin ?

    Proses kepemilikan, pasokan dan kapasitas dalam menghasilkan keuntungan

  • ⌛️ Simpan saham dan Bitcoin dalam lima tahun, mana yang lebih untung ?

    Berdasarkan data yang dihimpun Bitcoin lebih untung

  • 📊 Bagaimana berinvestasi dalam Bitcoin ?

    Siapkan modal, daftar di bursa, isi data dan verifikasi, deposit kemudian beli Bitcoin

  • 💰 Berapa modal yang dibutuhkan untuk investasi Bitcoin ?

    Bisa dimulai dari Rp10.000

  • 💎 Bagaimana menjadi kaya dengan Bitcoin ?

    Beli Bitcoin saat murah, kemudian disimpan pada periode waktu tertentu dan jual saat mahal

Artikel Terkait

 Lihat Lebih