Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Cryptocurrency · 6 min read

Apa Itu Token Utilitas?

Token utilitas adalah aset digital yang berguna bagi ekosistem kripto atau blockchain. Token utilitas hanya memiliki kasus penggunaan dalam protokol proyek masing-masing.

Proyek kripto bisa merilis token utilitas pada blockchain mereka atau melalui smart contract untuk memberi pengguna akses ke fitur-fitur khusus. Misalnya, token utilitas dapat digunakan untuk membeli item dalam game di judul metaverse seperti SAND The Sandbox. Beberapa token utilitas seperti UNI Uniswap dapat memberikan hak suara kepada pemegang token UNI.

Intinya adalah token utilitas hanya berfungsi dalam ekosistemnya masing-masing. Sementara token utilitas memiliki nilai moneter di pasar crypto terbuka, mereka tidak mencoba menjadi alat tukar, lindung nilai inflasi, atau penyimpan nilai jangka panjang.

Untuk mengetahui utilitas secara rinci, kamu dapat mengaksesnya di sini.

Kegunaan Utama Token Utilitas

Voting

Token utilitas memberi orang hak untuk memilih proposal perbaikan yang akan datang di dApp.

Game

Banyak game berbasis blockchain memiliki token utilitas yang dapat digunakan untuk membeli item dalam game seperti NFT (non-fungible token).

Keuntungan pertukaran kripto

Beberapa pertukaran kripto terpusat (CEX) seperti Binance, KuCoin, dan Crypto.com menawarkan token utilitas untuk memberi penghargaan kepada pemegang dengan fasilitas seperti potongan harga.

Pemberian tip

Token utilitas dapat berfungsi sebagai mekanisme pemberian tip bawaan dApp. Selain memberi penghargaan kepada pembuat konten, fungsi ini dapat memengaruhi peringkat komentar atau video di halaman utama dApp media sosial.

Membayar biaya jaringan

Orang harus membayar biaya transaksi menggunakan token utilitas asli blockchain kontrak pintar. Misalnya, orang yang ingin menggunakan dApp di Polygon harus menggunakan MATIC untuk mengonfirmasi transaksi.

Contoh Token Utilitas

Beberapa contoh token utilitas populer, di antaranya adalah: Binance coin (BNB), Uniswap (UNI), Axie Infinity (SLP), SAND (The Sandbox), LINK (Chainlink), dan lain sebagainya.

Baca juga: Perbedaan Token dan Koin Kripto yang Penting Dipahami

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.