Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Blockchain · 6 min read

Apa Itu TRC20 Wallet? Panduan Untuk Pemula

Apa itu TRC20 Wallet Panduan untuk Pemula

Tron adalah platform digital terdesentralisasi berbasis blockchain yang menawarkan dukungan blockchain publik dari throughput tinggi, skalabilitas, dan ketersediaan untuk semua Aplikasi Terdesentralisasi (DApps) di ekosistem Tron. Ekosistem Tron di antaranya adalah TRC20 dan TRC20 Wallet. Apa itu? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian TRC20 

TRC 20 adalah standar teknis yang digunakan untuk smart contract pada blockchain Tron untuk mengimplementasi token dengan TRON Virtual Machine (TVM). 

Sederhananya TRC20 adalah standar token pada jaringan Tron. Standar TRC20 mencakup beberapa aturan seperti melakukan transfer token, mengirim, menerima, menyetujui token, dan lainnya. 

Tron juga sistem operasi berbasis blockchain terdesentralisasi yang dibentuk dengan sistem konsensus Proof of Stake (PoS) untuk menyelesaikan permasalahan skalabilitas. 

Baca juga: Perbedaan ERC-20 dan TRC-20 dalam Transfer Crypto

Sebagai solusi, TVM membuat Tron lebih aman dan kuat tanpa mengorbankan transaksi per detik tinggi dan biaya yang rendah. 

Karena itu efisiennya mendapatkan popularitas di kalangan pengembang, jika dibandingkan dengan jaringan Ethereum.

Selain itu, Tron menggunakan smart contract untuk mengeluarkan token baru di blockchainnya sendiri. Semua token TRC-20 dapat berinteraksi dengan token dan aplikasi lain yang dibangun di jaringan Tron.

Berkat teknologinya yang kuat dan berbagai teknik kompleks, pengguna jaringan blockchain TRON menikmati solusi yang lebih aman dan sistematis. Karena kecepatan pemrosesannya yang lebih cepat, sangat cocok untuk jaringan yang terdesentralisasi.

Jaringan TRON memiliki waktu blok rata-rata 3 detik per blok jika dibandingkan dengan Ethereum dengan rata-rata 15 detik.

Baca juga: Yuk! Mengenal Apa Itu Tron (TRX)

Apa itu TRC20 Wallet 

TRC20 wallet adalah dompet/wallet yang bekerja di jaringan blockchain Tron, di mana penggunannya menyimpan aset TRC20 sebelum digunakan atau ditransaksikan. Mirip dengan wallet pada umumnya, setiap TRC20 Wallet memiliki akses kunci pribadi dan kata sandi.

Seseorang yang ingin melakukan transaksi untuk aset TRC20 membutuhkan wallet address.

TRC20 Wallet Address 

TRC20 wallet address adalah wallet yang alamatnya mendukung protokol TRC20 dan memiliki kemampuan untuk menerima token TRC20. Alamat wallet ini biasanya berisi urutan angka dan karakter yang terenkripsi untuk mengirim aset ke wallet Tron. Contohnya seperti ini TBia4uHnb3oSSZm5isP284cA7Np1v15Vhi.

Beda TRC20 dan ERC20 Wallet Address

Perbedaan pertama adalah jaringan tempat transaksi berlangsung, TRC20 ada di jaringan Tron, sedangkan ERC20 ada di Ethereum. Selnajutnya adalah address ERC20 dimulai dengan ‘0’ dan ‘x’. Misalnya: 0xbc6e. Address TRC20 dimulai dengan huruf kapital ‘T’. Misalnya: T9zG21.

Cara Menemukan Wallet Address TRC20

Kamu cukup masuk ke akun pertukaran yang menyediakan jaringan TRC20, misalnya adalah Binance. Ketik di kolom pencarian TRX, kemudian akan ada menu deposit TRX. Akan muncul sejumlah keterangan dan terdapat alamat deposit TRX yang menggunakan jaringan TRC20. Alamat itu yang menjadi wallet address TRC20.

Bursa yang Mendukung TRC20 Wallet 

Ada banyak pertukaran yang saat ini mendukung TRC20 seperti Indodax, Binance, Rekeningku, Tokocrypto, FTX, OKEX, KuCoin, Bitfinex, Poloniex, Bithumb, XREX, Gate.io, DragonEX, Bigone, dan lainnya. Platform tersebut menyediakan berbagai layanan untuk trading TRC20 wallet.

Itu dia penjelasan soal TRC20 dan TRC20 wallet yang merupakan bagian dari ekosistem TRON.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.