Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Stagflasi dan Dampaknya Pada Crypto

Jika kamu mengira inflasi adalah hal terburuk dalam sebuah krisis ekonomi dan turunnya harga crypto saat ini, maka bersiaplah untuk mengalami krisis lebih parah dengan adanya stagflasi.

Apa itu stagflasi dan dampaknya pada crypto? Simak artikel berikut ini. 

“Stagflasi” adalah kata yang menggabungkan “inflasi” dan “stagnasi.” Perekonomian yang mengalami stagflasi memiliki inflasi harga konsumen yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang rendah dan, biasanya, meningkatnya pengangguran. 

Baca juga: Crypto Saat Resesi, Petaka atau Solusi?

Kata tersebut diciptakan oleh politisi Inggris Iain Macleod pada tahun 1965 untuk menggambarkan keadaan ekonomi Inggris pada saat itu; itu kemudian diadopsi oleh politisi AS untuk menggambarkan ekonomi AS tahun 1970-an.

Stagflasi sangat tidak biasa karena inflasi yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang rendah adalah tren yang kontradiktif yakni inflasi, pada dasarnya, biasanya terjadi bersamaan dengan ledakan ekonomi.

Salah satu contoh terbaik stagflasi terjadi pada 1970-an, kala itu beberapa negara maju yang menjadi penggerak ekonomi dunia mengalami pertumbuhan ekonomi yang lambat, pengangguran yang tinggi, dan masih terjadi inflasi. 

Penyebab stagflasi

Stagflasi yang menimpa AS dan beberapa negara maju di 1970-an tersebut, saat ini sedang dikhawatirkan akan terjadi kembali, karena tingkat inflasi yang kian tinggi, pengangguran cenderung bertambah, dan pertumbuhan ekonomi menurun karena masih dalam tahap pemulihan setelah pandemi Covid-19.

Lalu apa dampaknya stagflasi pada crypto? Simak ulasannya berikut ini.

Harga Crypto Turun

Stagflasi secara historis memiliki pengaruh buruk untuk saham dan ekuitas. Saat ini crypto memiliki korelasi cukup kuat dengan saham maka diprediksi stagflasi ini akan memberikan dampak negatif pada crypto utamanya terkait dengan penurunan harga yang akan membawa crypto mengalami bear market.

Hal ini pun diungkapkan oleh Bob Iaccino, kepala strategi di Path Trading Partners dan manajer portofolio bersama di Stock Think Tank.

“ Korelasi crypto dan Nasdaq (bursa efek USA) semakin tinggi maka stagflasi dapat merugikan pasar crypto, dalam periode stagflasi, permintaan aset defensif meningkat. Jika suku bunga naik dan ekonomi melambat, banyak harga aset mungkin turun, termasuk Bitcoin,” katanya.

Selama masa krisis investor cenderung melakukan lindung nilai terhadap kekayaan yang mereka miliki dan akan berusaha menaruh dananya ke aset lebih aman atau menyimpan fiat sebanyak-banyaknya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: The Fed Prediksi Perubahan Inflasi, Ini Dampaknya

Likuiditas Bursa Rendah

Hal ini juga akan mendorong permintaan crypto menurun dan membuat likuiditas menjadi rendah serta menghambat transaksi crypto, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kondisi operasional dan ketahanan bisnis bursa crypto. 

Baca juga: Likuiditas – Yang Perlu Diperhatikan Agar Aset Tidak Nyangkut

Industri Mining Terancam Bangkrut

Kemudian stagflasi juga menyebabkan harga industri energi terpengaruh dan melonjak naik, yang erat kaitannya dengan proses mining Bitcoin atau crypto.

Dengan harga energi yang tinggi maka miner akan membutuhkan dana lebih besar untuk mencetak Bitcoin, sedangkan saat ini Bitcoin semakin sulit dicetak karena jumlahnya yang kian terbatas. 

Cara menghentikan Stagflasi 

Stagflasi adalah fenomena ekonomi yang mempengaruhi negara-negara dari semua ukuran dan tahap pembangunan. Para ekonom setuju bahwa tidak ada solusi tunggal untuk stagflasi.

Mengatasi masalah ini perlu melibatkan banyak pihak untuk menciptakan kebijakan dinamis untuk melakukan lindung nilai terhadap kekurangan pasokan di masa depan, karena inflasi harus ditekan.

Jika pembuat kebijakan dapat secara bersamaan merangsang ekonomi dan menurunkan biaya hidup konsumen, hal itu dapat membantu mengurangi stagflasi. 

Selain itu, mengatasi stagflasi membutuhkan output untuk tumbuh pada kecepatan yang sehat sehingga bisnis dapat terus menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi pengangguran.

Juga, harga harus tetap relatif stabil untuk memastikan orang memiliki cukup uang untuk merangsang ekonomi dengan keluar dan berbelanja.


Walau stagflasi menyebabkan dampak negatif pada crypto, masih ada kemungkinan bahwa stagflasi bisa menjadi momen untuk crypto menunjukkan ketahanannya dan memisahkan diri dengan keterkaitannya dengan saham, tentu dengan catatan saat stagflasi crypto bergerak naik dan mendapatkan keuntungan lebih tinggi dari saham. 

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait

Trading Bitcoin

1 year ago

Perbedaan Trading Bitcoin dan Trading Forex

Trading Bitcoin

1 year ago

Cara Trading Kontrak Futures di FTX

Trading Bitcoin

6 months ago

Altcoin Season dan Cara Mengetahuinya
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin