5

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Cara Memanfaatkan Kondisi Koreksi Besar di Pasar Crypto

Saat ini pasar crypto sedang mengalami koreksi yang walau masih relatif kecil terlihat membuat kekhawatiran di kalangan investor.

Namun, perlu diingat kembali bahwa koreksi akan selalu terjadi dalam pasar keuangan agar apresiasi terjadi secara sehat.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan diberikan beberapa saran dan pandangan untuk memanfaatkan saat koreksi ini untuk keuntungan di masa depan.

Cara Memanfaatkan Masa Koreksi Crypto

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memanfaatkan pergerakan koreksi yang sedang terjadi jika dalam skala besar.

Membeli

Langkah yang terbaik adalah melakukan pembelian di saat pasar koreksi, namun dengan menggunakan beberapa cara.

Di saat pasar koreksi mayoritas investor terutama investor baru, umumnya investor baru, cenderung mengalami ketakutan dan kekhawatiran.

Hal ini disebabkan kekhawatiran untuk membeli saat turun dan khawatir akan lanjut turun lebih dalam.

Namun yang perlu diketahui adalah semakin tinggi harganya maka semakin tinggi risiko kerugiannya.

Kalimat tersebut nampaknya mulai luput dalam kamus investor terutama investor awal yang hanya tergiur untuk mengejar keuntungan.

Namun, istilah tersebut perlu diketahui sehingga saat percaya terhadap fundamental dan masa depan suatu aset, koreksi dapat dijadikan kesempatan untuk membeli.

Di sisi lain, harga aset yang tinggi, juga bukan menjadi halangan untuk membeli, namun perlu dipahami membeli harus dilakukan setelah analisis pribadi.

Selain itu hal yang perlu diketahui adalah, jika ingin membeli pertama tanyakan kepada diri kalian sendiri terlebih dahulu.

Tanyakan kepada diri kalian sendiri Jika crypto ini terkoreksi lebih dalam hingga 30% apakah kalian akan lanjut membeli? Atau apakah kalian akan takut dan panik?

Jika jawabannya adalah lanjut membeli, berarti kalian percaya terhadap fundamental crypto tersebut, dan koreksi bukan hal yang harus dikhawatirkan.

Oleh karena itu, analisis fundamental juga perlu dilakukan sebelum kalian melakukan pembelian, yang juga untuk meyakinkan diri sendiri.

Cara Membeli Saat Koreksi

Koreksi sendiri dapat dijadikan kesempatan membeli akibat koreksi menjadi hal yang wajar agar apresiasi terjadi secara sehat dalam jangka panjang.

Salah satu cara yang aman dalam membeli saat koreksi adalah Dollar Cost Averaging (DCA) dimana kalian dapat melakukan pembelian secara bertahap.

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang

Jadi saat koreksi terjadi kalian membeli secara perlahan dan bertahap jika masih memiliki dana untuk diinvestasikan ke pasar crypto.

Dengan melakukan hal tersebut, maka rata-rata nilai portfolio kalian akan menyesuaikan dengan kondisi pasar yang koreksi dan kerugian menjadi lebih kecil secara menyeluruh.

Selain itu, keuntungannya adalah, saat koreksi selesai, nilai portfolio kalian akan lebih tinggi dari investor yang tidak membeli saat koreksi tapi membeli di puncak harga sebelum koreksi.

Dalam averaging ini kalian dapat melakukannya dengan bertahap sehingga tidak langsung menggunakan modal seluruhnya dalam satu tahap.

Kemudian langkah pengaman lainnya adalah melakukan averaging dengan diversifikasi atau menyebar investasi ke beberapa jenis crypto.

Sehingga saat satu crypto terus turun tapi yang lainnya naik, portfolio kalian masih terjaga dengan aman.

Membuka Posisi Short di Pasar Derivatif

Jika niat kalian melakukan pembelian adalah untuk jangka pendek atau sebagai trader, salah satu hal yang bisa kalian lakukan dalam mencari keuntungan adalah membuka posisi short.

Posisi short ini adalah posisi jual yang dilakukan pada umumnya di pasar derivatif salah satunya di pasar futures.

Sehingga untuk melakukan posisi short kalian harus menggunakan pasar futures dengan menjual kontrak futures.

Yang menarik di pasar futures adalah kalian tidak harus memiliki aset tersebut sebelum menjual, sehingga keuntungan bisa didapatkan saat pasar koreksi.

Saat melakukan short mekanismenya adalah kalian meminjam aset crypto dari broker atau bursa dan langsung menjual.

Saat harga aset tersebut turun, kalian membeli lagi aset tersebut untuk dikembalikan kepada broker saat harganya lebih rendah, sehingga terdapat keuntungan dari harga jual dan beli.

Namun risiko dalam pasar derivatif juga sangat tinggi terutama jika menggunakan leverage atau dana utang dari broker atau bursa.

Sehingga, perlu dilakukan analisis, terutama analisis teknikal, akibat umumnya memanfaatkan short saat koreksi berarti memanfaatkan fluktuasi pasar yang umumnya sangat sensitif.

Sensitivitas tersebut naik terutama jika aset yang sedang koreksi tersebut adalah aset yang memiliki fundamental baik dan harganya cenderung naik.

Perlu diingat artikel ini hanya bersifat edukatif dan bukan ajakan atau saran untuk membuka posisi short saat pasar koreksi. Risiko ditanggung oleh pribadi masing-masing.

Menahan

Cara terakhir adalah HODL atau menahan dan membiarkan investasi kalian dan tidak menjual, jika kalian percaya terhadap aset tersebut.

Langkah ini sangat baik terutama jika tujuan investasinya adalah dalam jangka panjang, akibat pergerakan jangka panjang akan dipenuhi oleh apresiasi dan koreksi.

Dengan melakukan ini, kalian akan terhindar dari kerugian yang datang jika kalian menjual saat koreksi sebelum apresiasi terjadi kembali.

Cara terbaik adalah menjauh dari aplikasi atau dompet digital yang berisi investasi kalian dan mengalihkan perhatian dari pasar crypto.

Dengan melakukan hal tersebut kalian akan terhindar dari kekhawatiran psikologis untuk menjual, walau kalian percaya terhadap fundamentalnya.

Namun, perlu diingat lagi, menjual juga bukan hal yang buruk jika memang kalian rasa menjual adalah langkah yang tepat dan sesuai dengan rencana awal kalian.

Perlu diingat kembali bahwa artikel ini hanya bersifat edukatif dan bukan saran atau ajakan untuk menyimpan investasi pribadi kalian.

Langkah-langkah tersebut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan saat pasar koreksi. Kalian dapat memanfaatkan artikel ini sebagai ilmu tambahan namun bukan untuk keputusan matang.

Hal tersebut disebabkan keputusan matang harus datang dari analisis pribadi kalian masing-masing  sebagai investor atau trader, karena risiko ditanggung oleh kalian masing-masing.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

Top exchange
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu koreksi?

Koreksi adalah ketika harga turun segera setelah mencapai harga tertingginya.

Bagaimana cara membeli saat koreksi?

Dengan Dollar Cost Averaging (DCA) dimana kalian dapat melakukan pembelian secara bertahap.

Apa itu short?

Posisi short ini adalah posisi jual yang dilakukan pada umumnya di pasar derivatif salah satunya di pasar futures.

Apa itu hodl?

HODL atau menahan dan membiarkan investasi kalian dan tidak menjual, jika kalian percaya terhadap aset tersebut.

Bagaimana cara memanfaatkan kondisi pasar yang sedang koreksi?

Dengan membeli, memasang posisi short, dan menahan

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar