3

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Apa itu Binance DEX? Panduan untuk Pemula

Binance DEX

Binance DEX adalah pertukaran cryptocurrency terdesentralisasi yang diluncurkan oleh Binance pada 2019. Lebih dari 100 aset kripto terdaftar aktif yang tersedia pada platform tersebut. 

Dengan menggunakan Binance DEX artinya pengguna bisa melakukan perdagangan pada aset yang terdaftar dan diterbitkan di blockchain Binance sendiri, yang didukung oleh Binance Coin (BNB) atau token asli dari Binance.

Binance VS Binance DEX

Meski berada di perusahaan yang sama pada kenyataannya, Binance dan Binance DEX berbeda. Terutama soal proses transaksi dan perantara.

Seperti yang diketahui Binance adalah bursa sentralisasi atau terpusat, dikenal juga sebagai CEX. Artinya di sini, Binance CEX  bertindak sebagai pihak ketiga yang memegang aset atas nama penggunanya.

Binance DEX, di sisi lain, memungkinkan pengguna untuk berdagang langsung satu sama lain, dengan kontrol langsung atas dana mereka sendiri. Platform tidak menyimpan kunci pribadi pengguna  atau data sensitif lainnya, yang membuat pengguna memegang kendali penuh atas kripto yang pengguna miliki.

Manfaat menggunakan DEX di luar kendali atas dana pengguna sepenuhnya adalah soal keamanan, privasi, dan stabilitas yang lebih baik.

Fakta bahwa ada beberapa server di seluruh dunia yang bertentangan dengan satu server pusat berarti bahwa sistemnya juga lebih kuat, dengan waktu henti yang jauh lebih sedikit, jika masalah umumnya adalah masalah yang merusak pertukaran terpusat selama periode volatilitas harga tinggi di crypto.

Menggunakan Binance DEX

Memulai sesuatu di Binance DEX sedikit berbeda dengan menyiapkan akun di bursa reguler. Perjalanan pengguna dimulai di binance.org. Tekan tombol ‘DEX’, dan kamu akan dibawa ke beranda pertukaran utama. Dari sini, kamu perlu menekan ‘unlock wallet di kanan atas.

Setelah itu kamu memiliki beberapa opsi di sini. Jika sudah memiliki aplikasi dompet yang mendukung Wallet Connect, kamu  cukup memindai kode QR untuk menghubungkan dompet ponsel ke Binance DEX.

Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk mengatur semuanya, dan hanya membutuhkan beberapa detik. Jika kamu memiliki dompet perangkat keras dari Ledger atau Trezor, kamu  juga dapat mengaturnya dengan mudah.

Opsi lain yang tersedia adalah File Keystore. Membuat  wallet baru dengan opsi ini mengharuskan pengguna untuk membuat kata sandi dan mengunduh File Keystore. Disarankan untuk mencadangkan file Keystore di beberapa lokasi yang aman.

Kamu juga akan diminta untuk menuliskan frasa pemulihan jika perlu memulihkan file Keystore atau lupa kata sandi.  Semua metode di atas cepat dan mudah, dan tidak akan memakan waktu lebih dari lima menit.  Setelah  kamu menggunakan metode yang sudah dipilih, kamu akan dibawa ke Binance DEX.

Kemudahan penggunaan Binance DEX

DEX ini berjalan di Binance Chain, yang berarti bahwa aset di dalamnya harus kompatibel dengan Binance Chain Evolution Proposal 2, atau BEP2.

Pada dasarnya ini adalah seperangkat aturan yang berlaku untuk token pada chain, dan versi koin yang ‘dipatok’ seperti Bitcoin BEP2 yang didukung pada rantai, dapat mengambil manfaat dari kecepatan, keamanan, dan efisiensi yang ditawarkannya. 

Tapi ada sisi negatifnya, karena Binance chain menggunakan standar BEP2 untuk token, kamu  tidak dapat menyetor koin lain seperti BTC atau ETH ke jaringan secara langsung. Kamu hanya dapat mengirim dan menerima token, dengan cara yang sama seperti token ERC-20 bekerja di jaringan Ethereum.

Jika kamu ingin menyetor BTC atau ETH di Binance DEX, kamu harus terlebih dahulu membeli token yang sesuai (masing-masing BTCB dan ETHB), sebelum mengirimkannya ke alamat BNB.

Salah satu tampilan Binance DEX
Salah satu tampilan Binance DEX

Jika kamu tetap pada rute penyetoran atau pembelian BNB yang lebih mudah, kamu bisa membeli BTC dan ETH, tetapi langkah pertama harus menyetorkan ke akun Binance reguler  dan kemudian menariknya sebagai BTC dan ETH di wallet Binance reguler. 

Tanpa langkah perantara mengirimkan token ini ke Binance terlebih dahulu, kamu  tidak akan dapat langsung menariknya ke dompet ETH dan BTC yang tidak terhubung ke Binance.

Keamanan Binance DEX

Saat pertukaran berjalan, Binance DEX adalah salah satu yang paling aman yang tersedia. Sebagai permulaan, seperti pertukaran terdesentralisasi lainnya, server tersebar di seluruh dunia alih-alih berada di area yang lebih terkonsentrasi.

Ini berarti bahwa mereka hampir kebal terhadap serangan, dengan risiko downtime yang lebih rendah. Jika satu server gagal, dampaknya jauh lebih kecil pada jaringan secara keseluruhan.

Alasan kedua Binance DEX sangat aman, adalah karena sifatnya yang terdesentralisasi. Saat kamu melakukan perdagangan, pertukaran itu sendiri tidak menyentuh satu aset pun. Hal yang sama berlaku untuk seorang hacker.

Jika pertukaran diretas, tidak mungkin mereka dapat mengakses aset pengguna, karena mereka selalu disimpan di dompet pengguna sendiri, bukan di bursa itu. Sebaliknya, bursa terpusat menyimpan dana sampai memutuskan untuk menariknya. Jika mereka ditutup atau dikompromikan oleh serangan keamanan, aset  bisa hilang selamanya.

Top exchange
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Binance DEX?

Binance DEX adalah pertukaran cryptocurrency terdesentralisasi. Lebih dari 100 aset kripto terdaftar aktif yang tersedia pada platform tersebut.

Perbedaan Binance dan Binance DEX?

Binance adalah bursa sentralisasi. Sementara Binance CEX bertindak sebagai pihak ketiga yang memegang aset atas nama penggunanya.

Apakah Binance DEX Aman?

Dengan sifatnya yang terdesentralisasi, saat kamu melakukan perdagangan, pertukaran itu sendiri tidak menyentuh satu aset pun. Sangat Aman!

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar