Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Cara Trading Everlasting Options di Deri Protocol

Deri protocol merupakan produk yang tersedia di DeFi dan menyediakan perdagangan derivatif, salah satunya adalah everlasting options, yang merupakan jenis derivatif baru baru untuk memberikan eksposur opsi jangka panjang kepada trader tanpa perlu rolling posisi. Berikut ini adalah cara trading jenis options tersebut.

Masuk ke Situs Deri.io 

Situs Deri.io
Situs Deri.io

Langkah pertama masuk ke situs Deri.io, kamu bisa menggantinya ke versi tampilan Indonesia agar lebih mudah untuk mengoperasikannya.

Selanjutnya klik options di bagian atas menu situs web Deri untuk masuk ke bagian Opsi. Selanjutnya pilih simbol trading yang ingin dilakukan. Klik panah kecil yang mengarah ke atas, selanjutnya akan muncul kotak yang menggambarkan market. 

Setiap simbol ini mencakup strikes yang berbeda. Klik panah yang mengarah ke bawah untuk menampilkan tanda masing-masing. Tutorial ini akan diilustrasikan menggunakan strike BTCUSD-50000-C sebagai contoh, klik “BTCUSDT-50000-C” untuk memilih strike yang digunakan. 

Baca juga: Deri Protocol, Produk Derivatif Terbaru di DeFi

Deposit

Mulai deposit
Mulai deposit

Kemudian klik “Deposit” untuk mentransfer dana dari Wallet ke Deri Protocol. Pertama pilih token dasar yang ingin ditransfer ke platform Deri dan gunakan sebagai margin, dalam artikelnya ini akan menggunakan BUSD sebagai contoh.

Kedua, masukkan jumlah BUSD yang ingin ditransfer dari  wallet, setelah menentukan jumlah klik deposit.

Konfirmasi Deposit

Konfirmasi Deposit
Konfirmasi Deposit

Konfirmasikan permintaan deposit mu di metamask dengan klik “Konfirmasi” agar dana ditransfer ke Protokol Deri. Deposit berhasil ditransfer setelah petunjuk ” Deposit berhasil” muncul di sudut kanan atas.

Pada info Panel Akun yang terletak di sudut kiri atas, kamu dapat melihat Margin tambahan yang tersedia. Selamat, kamu telah sukses menambahkan Margin ke Deri Protocol dan siap untuk membuka posisi pertama untuk trading everlasting options. 

Buka Posisi

Buka posisi
Buka posisi

Pilih apakah ingin melakukan long atau short posisi pada bagian “Buy/Sell di sudut bawah, atur jumlah nosional dalam BTC yang ingin dibeli/jual.

Selain dengan input manual, kamu juga bisa menggunakan mode geser untuk  menyesuaikan jumlahnya. Dalam tutorial ini kita akan membuka Long (Posisi Beli) Setelah selesai, tekan tombol “Buy/LONG”. 

Konfirmasi Posisi

Konfirmasi posisi
Konfirmasi posisi

Jendela konfirmasi transaksi muncul yang merangkum semua detail transaksi. Setelah yakin, tekan tombol “Buy/Long”. Konfirmasikan permintaan wallet untuk membuka posisi. 

Selanjutnya jika  ““Buy Order Executed”” berarti kamu telah berhasil membuka transaksi.  Informasi posisi yang terbuka dapat diakses di bagian posisi. 

Informasi posisi yang terbuka
Informasi posisi yang terbuka

Tutup Posisi

Tutup posisi
Tutup posisi

Jika ingin benar-benar menutup posisi tertentu, klik “Close” di tab posisi, yang menghasilkan penutupan total posisi. Setelah menekan close, perlu sekali lagi untuk “Konfirmasi” permintaan penutupan di wallet. Petunjuk ”Sell Order Executed” berarti posisi telah berhasil ditutup. 

Kamu dapat melihat riwayat perdagangan terperinci  di bagian “History”. Mengacu pada gambar di bawah ini, informasi dari dua transaksi yang kami lakukan, yaitu membeli BTCUSDT-50000-C & BTCUSDT-50000-C tercatat di bagian “History” sekarang.

Riwayat trading

Tutup Sebagian Posisi

Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu memperdagangkan sebagian posisi ke arah yang berlawanan. Jika ingin membuka posisi  menggunakan tab “Buy” misalnya, alihkan ke tab “Sell” untuk menyingkatnya sebagian.

Ubah buy menjadi sell
Ubah buy menjadi sell

Pastikan tombol close only dicentang. Gunakan penggeser dan tombol persentase yang telah ditentukan untuk memilih persentase jumlah yang ingin  ditutup. Tekan tombol di bawah untuk menutup sebagian posisi. 

Menutup sebagian posisi
Menutup sebagian posisi

Setelah  menekan tombol,  perlu sekali lagi untuk “Konfirmasi” permintaan penutupan di wallet. Konfirmasi juga bisa dilihat di BSC Scan. Petunjuk “Sell Order Executed” berarti telah berhasil menutup sebagian posisi

Tambah dan Tarik Margin

Pada level akun (per pool), dimungkinkan untuk menambah atau menarik margin yang tersedia. Mengapa seorang trader harus menambahkan Margin tambahan?

Jika posisi dari pool yang sama berada dalam bahaya dilikuidasi karena bisa jatuh di bawah persyaratan margin, ada baiknya untuk menambahkan margin tambahan untuk mencegah likuidasi. 

Trader berusaha meningkatkan eksposur Long/Short yang memungkinkan mereka untuk melindungi posisi spot mereka.

Contohnya, trader yang memiliki banyak btc tetapi takut harganya jatuh, sehingga ia membeli beberapa OPSI PUT, demikian pula seseorang memiliki banyak usd menunggu untuk membeli BTC saat harga murah tetapi harganya justru naik, dengan kondisi ini trader bisa melakukan beberapa call option.

Ada juga kemungkinan untuk menghapus margin yang tersedia di tingkat akun (by pool), tetapi ini memiliki konsekuensi langsung bahwa posisi trader lebih dekat untuk jatuh di bawah persyaratan margin, yang akan mengakibatkan likuidasi. Trader wajib berhati-hati! 

Baca juga: Perbedaan Spot dan Futures Trading di Crypto

Tambah Margin

Untuk menambahkan margin tambahan, pilih trading pool yang kamu inginkan dan klik “DEPOSIT”.


Tambah margin
Tambah margin

Tentukan token dasar mana yang ingin  ditambahkan, pilih jumlah, dan tekan Deposit. 

Deposit
Deposit

Konfirmasikan permintaan  di wallet dengan mengklik “Konfirmasi” agar dana ditransfer ke Protokol Deri. Deposit berhasil ditransfer setelah petunjuk “Deposit Margin Executed” muncul di sudut kanan atas.

Tunggu konfirmasi
Tunggu konfirmasi

Tarik Margin

Untuk menarik margin yang tersedia, pilih trading pool yang  diinginkan dan klik “Withdraw”

Lakukan withdraw
Lakukan withdraw

Tentukan token dasar mana yang ingin ditarik, pilih jumlah,  dan tekan tombol WITHDRAW. 

Selanjutnya konfirmasikan permintaan di wallet  dengan mengklik “Konfirmasi” agar dana ditransfer dari Protokol Deri ke wallet.. Penarikan berhasil ditransfer setelah petunjuk “ Withdraw Margin Executed muncul di sudut kanan atas.

Withdraw berhasil

Itu dia cara trading  everlasting options di protokol Deri, sama seperti trading derivatif pada umumnya, setiap trader yang memutuskan untuk melakukan trading everlasting options perlu mengetahui segala risiko dan keuntungan yang didapatkan.

Hanya gunakan uang dingin untuk melakukan trading options dan jangan gunakan uang yang tidak mampu kamu hilangkan. Semua tindakan trading di Deri protocol dilakukan secara sadar oleh investor tanpa paksaan apa pun. 

Baca juga: Cara Diversifikasi Aset Crypto untuk Manajemen Risiko

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin