Cara Membuat NFT di Binance

Non-fungible token (NFT) adalah jenis token kripto yang tersimpan dalam smart contract yang mewakili aset unik.

Unik yang dimaksud adalah setiap NFT memiliki kontrak yang berbeda sehingga walaupun wujud secara kasat mata terlihat sama namun smart contract-nya berbeda. NFT dapat berfungsi sebagai bukti keaslian dan kepemilikan dalam dunia digital.

Sama seperti token fungible, NFT akan berada di sebuah alamat wallet. Perlu diperhatikan bahwa NFT tidak dapat diduplikasi atau ditransfer tanpa izin pemiliknya, meskipun oleh penerbit NFT.

NFT pertama kali dibuat pada jaringan Ethereum dengan token standard ERC-721 yang kemudian seiring dengan meningkatnya popularitas NFT, beberapa blockchain layer-1 dengan smart contract juga mengembangkan token standard NFT-nya seperti BNB chain dengan token standard NFT BEP-721. NFT juga bisa dibuat melalui Binance NFT.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa NFT Mahal

Binance NFT

Binance NFT adalah ekosistem NFT dengan token standard BEP-721 yang disimpan dalam smart contract di jaringan BNB chain. 

Ketika popularitas NFT meningkat, Binance meluncurkan fitur perdagangan NFT yakni Binance NFT Marketplace pada 24 Juni 2021. Pengguna dapat menjadi kreator NFT sekaligus melakukan jual-beli NFT dengan jutaan pengguna Binance.

NFT pertama yang diluncurkan pada Binance NFT Marketplace adalah Three Self Portraits remake dari karya Andy Warhol yang laku seharga kurang lebih $2.800.000 atau sekitar Rp43,8 miliar.

NFT
Gambar: NFT Three Self Portrait terjual dengan harga 2.800.000 BUSD

Cara Membuat NFT di Binance

Daftar dan Verifikasi

Sebelum menggunakan Binance NFT Marketplace, maka harus memiliki akun Binance terlebih dulu. Setelah membuat akun, maka lakukan verifikasi identitas dengan KTP. Cara membuat akun Binance dan verifikasi selengkapnya dapat dibaca di artikel cara verifikasi di Binance.

Minimal 2 Pengikut Profil Binance NFT

Selain membutuhkan verifikasi identitas, untuk bisa memulai membuat NFT syarat lainnya adalah memiliki minimal 2 pengikut pada profil akun Binance NFT.

Untuk mendapatkan lebih banyak pengikut, pengguna bisa membagikan tautan profil pengguna Binance NFT ke akun media sosial atau meminta bantuan kerabat.

Deposit Saldo BNB atau ETH

Binance NFT Marketplace mendukung dua jaringan dalam pembuatan NFT yaitu BNB chain dan Ethereum. Pastikan melakukan deposit sejumlah BNB atau ETH sesuai dengan jaringan yang diinginkan karena dalam proses pembuatan NFT akan memerlukan gas fee.

Membuat ‘Koleksi’

Koleksi (collection) berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan NFT yang akan dibuat. Untuk membuat Koleksi, pengguna dapat langsung ke web Binance NFT Marketplace untuk login kemudian klik ‘Create’. Setelah itu akan muncul pop up pembuatan Koleksi kemudian klik ‘+Collection’

Gambar: klik ‘Create’ pada kanan atas jendela web Binance NFT Marketplace
Gambar: Untuk memulai ‘Koleksi’ baru, klik ‘+Collection’

Dalam membuat Koleksi adapun detail yang harus diisi:

  • Nama, yakni nama Koleksi. Perlu diperhatikan bahwa nama tidak boleh mengandung unsur yang dilarang dalam kebijakan pengguna Binance NFT Marketplace seperti ujaran kebencian dan SARA.
  • Deskripsi, yakni penjelasan singkat tentang Koleksi yang dibuat dengan susunan kata-kata sesuai dengan kebijakan pengguna Binance NFT Marketplace.
  • Kategori, pengguna dapat memilih jenis Koleksi ke dalam kategori seperti: seni, olahraga, hiburan, game, e-sport, dan NFT for good. Kategori yang dipilih akan diterapkan secara otomatis ke semua NFT yang dibuat di bawah koleksi ini.
  • Gambar Logo, unggah logo Koleksi.
  • Gambar Banner, unggah banner Koleksi.
  • Simbol, simbol (token tracker) akan digunakan untuk membuat smart contract NFT dan akan ditampilkan di semua pesan on-chain. Pengguna dapat memasukkan hingga 10 karakter, termasuk huruf dan angka. Direkomendasikan menggunakan nama yang sama dengan nama Koleksi agar konsisten.
  • Jaringan, pilih jaringan BNB chain atau Ethereum.
  • Alamat Pemilik Smart Contract, pengguna dapat memilih untuk menautkan wallet eksternal ke dalam Koleksi. Harap perhatikan bahwa jika pengguna tidak memberikan alamat wallet, maka pengguna tidak akan bisa mengklaim kepemilikan Koleksi di marketplace DeFi. Wallet eksternal yang didukung adalah Metamask dan Wallet Connect.
  • Biaya Royalti, sebagai kreator dari Koleksi, pengguna akan menghasilkan royalti dari setiap penjualan. Pengguna dapat menyesuaikan persentase royalti antara 1 – 10%. Harap diperhatikan bahwa biaya royalti tidak dapat diubah setelah Koleksi dibuat.

Membuat NFT

Untuk membuat NFT, pengguna dapat langsung ke web Binance NFT Marketplace untuk login kemudian klik ‘Create’. Pengguna akan diarahkan ke jendela pencetakan NFT. Namun apabila akun terdapat kendala, maka akan muncul jendela ‘tidak dapat melakukan minting’, untuk itu bisa langsung menghubungi customer support Binance.

Gambar: Notifikasi akun yang tidak dapat membuat NFT

Pada jendela pencetakan NFT, pengguna diminta untuk mengisi detail berikut:

  • Nama, yakni nama NFT.
  • Deskripsi, yakni penjelasan singkat tentang NFT yang dibuat.
  • Jaringan, pilih jaringan BNB chain atau Ethereum.
  • Koleksi, pilih Koleksi tempat meletakkan NFT yang akan dibuat. Pengguna dapat memilih Koleksi yang sudah dibuat pada langkah poin sebelumnya.
  • Properti, pilih properti terkait NFT, kamu dapat mengklik ‘Add More’ guna menambahkan hingga 100 properti terkait NFT Anda. Contoh, misal pengguna membuat NFT bertema anime maka pengguna dapat menambahkan nama properti seperti: rambut (hair), pakaian (clothes), kulit (skin), dan lain-lain.

Setelah semua detail telah diisi, maka lanjut ke jendela estimasi biaya gas fee yang diperlukan serta setujui Aturan Pencetakan Binance NFT lalu klik ‘Create’.

Gambar: Jendela estimasi fee dan ringkasan detail yang telah diisi

Biasanya jika NFT yang dibuat tidak terdeteksi adanya pelanggaran, maka NFT diproses otomatis. Namun terkadang NFT perlu direview terlebih dulu oleh pihak Binance sehingga pengguna mendapatkan notifikasi untuk mengecek email jika proses pencetakan sudah selesai.

Gambar: NFT yang dibuat masih dalam proses review oleh pihak Binance

Apabila terdapat isu dalam NFT yang dibuat, ada kemungkinan pencetakan gagal dan pengguna mendapatkan notifikasi. Jika pengguna dinyatakan gagal melakukan pencetakan NFT sebanyak 5 kali dalam 24 jam, maka akun Binance NFT pengguna akan ditangguhkan selama 24 jam ke depan.

Gambar: Notifikasi akun yang ditangguhkan akibat gagal melakukan pencetakan sebanyak 5 kali dalam 24 jam

Binance menawarkan fitur perdagangan NFT yakni Binance NFT Marketplace, di mana NFT yang terdaftar pada marketplace sudah terkurasi dengan baik oleh pihak Binance sehingga meminimalisir adanya NFT hasil plagiasi dan menciptakan ekosistem yang nyaman dan aman. Selain itu, royalti dan fee di platform ini sangat kompetitif dibandingkan dengan marketplace NFT lainnya.

Baca juga: Apa Itu NFT Marketplace? Panduan untuk Pemula

Top exchange
Lihat semua

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin