Apa itu Flip NFT? Cara dan Keuntungannya

Ada berbagai cara untuk mendapatkan uang dari NFT, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan flipping NFT. Berikut ini adalah penjelasan flipping NFT dan caranya.

Apa itu Flip NFT 

Flip NFT adalah metode meraih keuntungan dari kepemilikan NFT dengan cara membeli di harga rendah dan menjualnya di harga tinggi.

Meski terdengar mudah, Flipping NFT tidak bisa dilakukan dengan sederhana, untuk melakukannya kamu harus memiliki kemampuan tertentu seperti mampu membaca peluang, memilih NFT yang potensial, dan membuat perencanaan yang matang dalam melakukannya.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa NFT Mahal

Fungsi Flip NFT 

Flipping NFT berfungsi untuk mendapatkan keuntungan besar dari selisih harga beli dan jual. Namun tantangan untuk Flip NFT adalah menemukan mana NFT yang memiliki harga rendah dan berpotensi untuk memiliki harga mahal di masa depan, sehingga bisa menguntungkan saat di flip. 

Cara Flip NFT 

Berikut ini adalah cara untuk flipping NFT. 

Pilih Waktu yang Tepat untuk Beli NFT

Sama seperti pasar perdagangan kripto, pasar NFT bisa naik (bullish) atau turun (bearish). Kamu dapat dengan mudah menganalisis tren pasar dengan melihat volume perdagangan NFT minggu demi minggu di situs web yang kredibel.

Waktu terbaik untuk membeli adalah ketika pasar telah mencapai titik terendah. Dengan kata lain, ketika grafik menunjukkan bahwa volume perdagangan telah mencapai rekor terendah dan tren mulai bergerak naik, itulah waktu terbaik untuk membeli. Ini karena kamu lebih mungkin menemukan NFT dengan harga lebih rendah.

Pilih Proyek NFT yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih satu atau beberapa proyek NFT yang kredibel. Kamu harus melakukan penelitian, analisis, dan pengambilan keputusan yang adil untuk memilih yang terbaik untuk dibalik. Berikut adalah beberapa faktor yang akan membantu memilih proyek NFT yang menjanjikan.

Jumlah NFT yang Beredar

Kamu perlu melihat aturan dasar permintaan dan penawaran di sini. Proyek dengan persediaan terbatas cenderung memiliki nilai lebih tinggi dan karenanya, lebih mungkin memberi kamu keuntungan.

Floor Price

Harga dasar pada sebuah proyek adalah harga terendah untuk membeli item NFT atau sering disebut sebagai floor price.

Ini akan memberikan kamu  gambaran umum tentang berapa biaya setiap token dan membantu mu mengesampingkan proyek yang berada di luar anggaran  yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Jika harga dasar di atas atau mendekati anggaran investasi berinvestasi dalam proyek itu artinya tidak sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya.

Saat kamu mencari proyek baru untuk di flip, coba temukan kombinasi harga dasar yang rendah dan persediaan yang terbatas.

Kegunaan

Apakah suatu proyek menawarkan fasilitas atau manfaat khusus kepada pembelinya? Misalnya, beberapa pemegang NFT mendapatkan diskon khusus di kedai kopi tertentu, sementara yang lain mendapat kesempatan untuk bertemu selebriti.

Fasilitas seperti itu menambah kredibilitas proyek dan juga membuatnya lebih berharga.

Tim di Balik Proyek

Jauhi penjual NFT anonim. Tim yang profesional dan meimiliki latar belakang yang baik bisa meningkatkan kepercayaan pembeli.

Ini jauh lebih baik daripada proyek yang dijalankan secara anonim yang memiliki risiko kerugian atau penipuan yang jauh lebih tinggi.

Kualitas Seni

Terakhir setiap token yang tidak dapat dipertukarkan pada dasarnya adalah sebuah karya seni. Semakin unik dan berkualitas tinggi karya seni tersebut, semakin besar nilainya.

Temukan NFT Bernilai Rendah

Di sini kamu harus ingat jika flip NFT bukan skema untuk cepat kaya, kamu harus menghabiskan banyak waktu di halaman proyek dan menelusuri ratusan item sehari untuk menemukan NFT potensial.

Pada dasarnya, kamu mencari item atau token undervalued yang menurut kamu akan meningkat nilainya dalam waktu dekat.

Strategi terbaik adalah mengatur filter harga terlebih dahulu dari Rendah ke Tinggi. Ini akan menampilkan NFT termurah pada proyek terlebih dahulu. Tidak semua token akan dijual, jadi klik Beli Sekarang untuk melihat mana yang akan diperebutkan. 

Selanjutnya kamu bisa memindai halaman untuk menemukan outlier, item yang harganya lebih rendah daripada yang lain dalam proyek yang sama.

Misalnya, jika kamu melihat bahwa beberapa item pertama berharga 0,5 ETH dan semua item berikutnya berharga 0,9 ETH atau lebih dari 1, kamu memiliki peluang untuk menukar 0,5 ETH dengan harga lebih tinggi dan kamu bisa menjualnya di 0,89. 

Kamu bisa juga mengurutkan NFT berdasarkan sifat. Sebab, sifat atau properti menentukan seberapa langka NFT dan karenanya menentukan nilainya.

Jika kurang dari 100 NFT memiliki sifat yang sama, mereka cenderung lebih mahal daripada kebanyakan NFT lainnya.

Demikian pula, jika kamu melihat item yang kurang dihargai, selalu periksa ciri-cirinya untuk mengidentifikasi keunikannya. 

Tentukan Harga

Sekarang kamu harus menetapkan harga yang wajar untuk mendapatkan keuntungan dengan sukses.

Agar aset digital terjual dengan cepat, kamu bisa memberi harga baranglebih rendah dari yang lain sambil tetap menghasilkan keuntungan.

Pertimbangkan biaya pembelian dan penjualan pasar saat menentukan harga.

Gunakan harga psikologis untuk meningkatkan peluang penjualan secepat mungkin. Misalnya, jika ingin menjual sesuatu dengan harga 1,0 ETH, beri harga 0,99 ETH. 

Flip NFT

Jika sudah menerapkan langkah di atas, kamu bisa mulai untuk flip NFT. 


Flip NFT terdengar seperti cara mudah untuk menghasilkan banyak uang. Tetapi penting bagi kamu untuk mengingat bahwa tidak ada yang namanya mendapatkan uang secara instan.

Kamu perlu meneliti dan menghabiskan sebagian besar waktu untuk menemukan proyek yang menjanjikan untuk mendapatkan NFT yang tepat.

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari NFT

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin