Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini
RAHASIA PROJECT DEFI TERBAIK

Dapatkan rahasia dan ulasan beragam project DeFi terbaik untuk perluas pilihan investasi aset kripto mu

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini

Cara Jual Beli Crypto di DeX Pancakeswap

Bursa terdesentralisasi atau DeX adalah sebuah bursa yang bergerak secara terdesentralisasi yang berarti tidak memiliki pihak ketiga.

Berbeda dengan bursa tersentralisasi seperti Indodax, Tokocrypto, Binance, dan FTX, DeX bergerak secara otomatis tanpa perlu otoritas pusat.

Contoh DeX yang ternama di dunia crypto saat ini adalah Uniswap, Pancakeswap, SushiSwap, dan Serum.

Cara Jual Beli Crypto di DeX Pancakeswap

Saat ini salah satu DeX yang sedang mengalami apresiasi dalam volumenya adalah Pancakeswap.

Hal ini disebabkan fenomena membeli crypto dari proyek yang baruuntuk menjadi investor awal agar mendapatkan keuntungan maksimal.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara mudah untuk menggunakan Pancakeswap untuk mencoba membeli crypto terbaru.

Perlu diingat kembali untuk membeli crypto baru adalah hal yang berisiko. Selalu gunakan uang yang tidak digunakan atau “uang dingin”. Artikel ini bukan ajakan atau saran untuk investasi atau trading.

Buka Pancakeswap

Langkah pertama adalah membuka pancakeswap.finance di browser pada komputer, laptop atau smartphone.

Contoh dalam artikel ini, akan menggunakan browser yang berada di smartphone.

Langkah kedua adalah membuka kolom “Exchange” dengan menekan tulisan “Trade” dan kemudian menekan tulisan “Exchange” di bawahnya.

Setelah menekan tulisan tersebut Pancakeswap akan mengarahkan ke kolom dimana jual beli crypto dapat dilakukan.

Sambungkan Wallet

Setelah menemukan kolom perdagangan atau “Exchange” langkah berikutnya adalah menyambungkan Wallet pribadi ke Pancakeswap.

Caranya adalah dengan menekan tulisan “Connect” atau “Unlock Wallet” untuk menyambungkan wallet pribadi ke Pancakeswap.

Setelah menekan tulisan tersebut, akan terdapat pilihan beberapa wallet yang bisa disesuaikan dengan wallet pribadi.

Pancakeswap mengakomodasi tujuh wallet yaitu MetaMask, TrustWallet, MathWallet, TokenPocket, WalletConnect, Binance Chain Wallet, dan SafePal Wallet.

Jika belum memiliki wallet pribadi, masing-masing tulisan wallet tersebut memiliki tautan yang bisa kalian klik untuk menuju ke situsnya masing-masing.

Dengan masuk ke situs tersebut, kalian akan bisa mendaftarkan diri untuk memiliki wallet pribadi agar bisa menggunakan DeX.

Dalam Pancakeswap terdapat tulisan “Learn how to connect” yang bisa digunakan untuk melihan panduan menghubungkan wallet pribadi.

Setelah menekan salah satu Wallet yang tersedia di Pancakeswap, kalian sudah bisa untuk mulai menggunakan DeX.

Pilih Crypto

Langkah berikutnya adalah memilih crypto yang ingin diperjualbelikan. Dalam Pancakeswap,  perdagangan terjadi dengan menggunakan Swap.

Jadi walau secara teknis sama dengan perdagangan biasa, dalam Pancakeswap, kalian akan menukarkan satu crypto dengan crypto lain.

Untuk crypto pertama yang di atas, adalah crypto yang kalian miliki yang ingin ditukarkan dengan crypto lain.

Cara memilih adalah dengan menekan tulisan “BNB” pada bagian pertama dan menekan tulisan crypto lain untuk mengganti.

Kalian bisa menekan tulisan crypto yang ada, mencari namanya di seach bar atau menuliskan alamat kontrak crypto tersebut.

Terakhir kalian harus memasukkan jumlah crypto yang ingin kalian keluarkan dalam pertukaran crypto yang akan terjadi.

Untuk crypto kedua yang berada di bawah, adalah crypto yang kalian ingin beli atau ingin miliki yang akan ditukarkan dengan crypto yang sebelumnya kalian pilih.

Cara memilih yang kedua adalah dengan menekan tulisan “Select a currency” yang kemudian bisa kalian pilih untuk memilih crypto yang diinginkan.

Langkahnya sama seperti langkah sebelumnya dan dapat mengacu pada gambar sebelumnya.

Nanti jumlah crypto yang akan kalian dapatkan akan keluar secara otomatis akibat melihat nilai terhadap crypto yang akan kalian tukarkan.

Contoh ini akan menggunakan crypto TKO yang akan ditukarkan dengan Safemoon.

Langkah berikutnya adalah menekan tulisan “Approve *Crypto*” dimana Crypto adalah nama crypto yang digunakan, kemudian tekan tulisan “Swap”.

Pastikan kalian memiliki BNB dengan alamat BEP20 akibat nantinya akan digunakan untuk membayar biaya gas atau biaya transaksi.

Setelah konfirmasi selesai, kalian dapat melihat transaksi yang baru saja terjadi pada BSCScan. Setelah ada di BSCScan, transaksi telah resmi terjadi.

Kalau kalian sudah mengikuti langkah-langkah tersebut kalian sudah dapat melakukan transaksi pada Pancakeswap.

Setelah memahami Pancakeswap, kalian dapat menjelajahi lebih dalam mengenai DeX tersebut akibat banyak yang bisa dilakukan selain jual beli crypto.

Kalian bisa melihat video di youtube channel Coinvestasi mengenai Pancakeswap untuk mengetahui lebih dalam tentang DeX ini.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Kosa Kata

Defi

1 month ago

Zapper

Defi

1 month ago

yVault

Defi

1 month ago

yToken