Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Mengenal Chiliz (CHZ), Tokennya Penggemar Olahraga

Pernah dengar aset kripto bernama Chiliz yang sering disebut tokennya penggemar olahraga.

Nama itu muncul, sebab token CHZ tadinya ada untuk mendukung platform penggemar bernama Socios, namun seiring waktu token ini pun dapat dimanfaatkan untuk para klub olahraga memiliki token sendiri agar interaksi dengan penggemar bisa lebih mudah dan menyenangkan. 

Beberapa klub olahraga yang terlah bermitra dengan Chliz dan memiliki token sendiri adalah  AC Millan, Barcelona, PSG, dan lain sebaginya.

Hadirnya Chiliz ini pun tidak lepas dari kemampuan blockchain yang makin luas dan membuktikan bahwa kegunaan blockchain tidak hanya berhenti di aset kripto semata.

Nah, apa itu Chiliz, bagaimana cara kerjanya, kelebihan dan kekurangannya? Selengkapnya di artikel berikut ini.

Apa itu Chiliz

Chiliz adalah perusahaan di balik platform Socios dan token CHZ. CHZ adalah token ERC-20 yang berjalan pada blockchain Chiliz berbasis Ethereum.

Token berfungsi sebagai mata uang yang memungkinkan pengguna untuk membeli NFT di pasar token penggemar Socios Chiliz.

Tidak akan ada token CHZ tanpa Socios. Situs Socios memungkinkan penggemar membeli NFT bermerek yang menghubungkan mereka dengan tim atau bahkan artis favorit mereka.

CHZ adalah mata uang yang memungkinkan penggemar untuk membeli NFT bermerek. Ini adalah satu-satunya mata uang yang diterima di pasar Socios NFT.

Apa itu Socios? Socios adalah ekosistem berfitur lengkap untuk token penggemar.

Situs web dan aplikasi seluler memungkinkan pengguna untuk membeli NFT, mendapatkannya dalam kontes, memperdagangkannya dengan pengguna lain, dan menukarnya dengan manfaat dan barang dagangan bermerek tim.

Situs saat ini menawarkan NFT bermerek untuk lebih dari dua lusin tim olahraga dan esports, dengan lebih banyak lagi yang akan datang.

Sejarah Chiliz

Chiliz didirikan pada 2012 sebagai bagian dari Mediarex Group yang berbasis di Malta, sebuah organisasi olahraga dan hiburan internasional.

Pekerjaan aktif pada platform Socios berbasis blockchain dimulai pada 2018. Chiliz meluncurkan token CHZ pada Oktober 2018. Token tersebut segera terdaftar di berbagai bursa cryptocurrency.

Mitra Chiliz pertama adalah klub sepak bola Juventus yang berbasis di Turin, Italia. Tim mengadakan Penawaran  Fan Token pada November 2019, menjual 1,3 juta token  dari pasokan 20 juta.

Chiliz meluncurkan aplikasi dan situs Socios pada akhir Desember 2019. Pengembangannya dibantu oleh investasi $66 juta oleh Private Placement.

Saat ini, aplikasi Socios telah digunakan di internet dan di jutaan perangkat seluler. Selain kantor utamanya di Malta, Chiliz memiliki kantor di Prancis, Turki, Spanyol, Korea Selatan, dan Brasil.

Perusahaan terus fokus untuk menambahkan tim sepak bola dan esports ke daftar mitranya, tetapi berharap dapat menambahkan token olahraga dan hiburan tambahan ke pasar Socios. Perusahaan baru-baru ini mengumumkan ekspansi ke pasar olahraga Amerika.

Cara Kerja

Fan token Chz dibuat dan diverifikasi di sidechain Socios melalui algoritma konsensus Proof of Authority.

Proof of Authority (PoA) beroperasi secara berbeda dari algoritme konsensus lainnya seperti Proof of Work atau Proof of Stake, alih-alih mengandalkan lebih sedikit verifikator yang disetujui daripada jaringan terdistribusi dari node anonim untuk menegakkan kebenaran jaringan.

Sementara PoA dianggap sebagai metode konsensus yang kurang terdesentralisasi, ini sering digunakan oleh jaringan blockchain yang ingin lebih terukur dan efisien.

Energy Web Token (EWT) dan VeChain (VET) adalah contoh platform lain yang menggunakan mekanisme konsensus Proof of Authority.

Chiliz telah mengumumkan kemitraan dengan jaringan oracle terdesentralisasi Chainlink, sebuah layanan yang menyediakan data dunia nyata untuk kontrak pintar.

Melalui kemitraan ini, Chiliz bertujuan untuk membuat token non-fungible (NFT) unik yang ditujukan untuk memperingati acara khusus seperti pencapaian pemain atau kemenangan kejuaraan dalam waktu dekat.

Kasus Penggunaan Chiliz

Fan token yang ditawarkan untuk dijual di Socios bukan sekadar koleksi. NFT bermerek tim memberi penggemar hubungan interaktif dengan tim dan pengaruh dalam keputusan tim.

Penggemar yang memperoleh token dapat mengekspresikan diri mereka dengan memberikan suara dalam jajak pendapat yang diadakan oleh tim yang telah menjadi mitra Socios.

Contohnya klub sepak bola Juventus FC ingin memilih lagu perayaan saat mereka memenangkan pertandingan, pihak Juventus kemudian mengabarkan hal ini di platform Socios.

Nantinya penggemar yang memiliki token bisa melakukan voting mengenai lagu apa yang akan didengarkan di stadion.

Dengan mekanisme ini tim Juventus pun telah memilih Blur’s Song 2 sebagai pengganti lagu perayaan, tadinya Juventus menggunakan berjudul Chelsea Dagger selama delapan tahun,

Penggemar klub sepak bola FC Barcelona memilih mural untuk digantung di dinding ruang ganti tim. Fans klub sepak bola Paris Saint-Germain memilih pesan untuk ditulis di ban kapten selama pertandingan.

Tim esports OG membiarkan penggemar memilih spanduk dalam game yang muncul saat mereka bermain di acara amal. Skuad esports Team Heretics Spanyol membiarkan penggemar memilih desain syal bermerek yang akan mereka kenakan selama turnamen dan dijual sebagai perlengkapan penggemar.

Itu berbagai kasus dan cara kerja dari token Chiliz bagi para penggemar dan klub yang bekerja sama dengan Socios.

Jika kamu memiliki NFT bermerek tim untuk klub yang menjalankan polling, kamu bisa mendapatkan suara. Jika Anda memiliki dua NFT, kamu mendapatkan dua suara.

Pengaruh kamu terhadap pengambilan keputusan tumbuh saat kamu  memperoleh lebih banyak  fan token. Itu menciptakan insentif bagi pengguna untuk membeli dan berdagang dan memperoleh lebih banyak NFT.

Tim dan penghibur dapat menawarkan manfaat tambahan bagi pemegang token, termasuk kursi premium di acara, acara pertemuan tim yang disiarkan langsung, merchandise bermerek tim, program gamifikasi, dan papan peringkat.

Saat penggemar memperoleh lebih banyak NFT bermerek tim, mereka mendapatkan lebih banyak manfaat dan hubungan yang lebih dekat dengan tim.

NFT diterbitkan oleh mitra Socios dalam Penawaran Token Penggemar. Harga token penggemar naik dan turun sesuai dengan popularitas tim dan hukum penawaran dan permintaan.

Kelebihan Chiliz

Chiliz memiliki visi yang jelas dan strategi bisnis yang pasti berdasarkan token penggemar.

Meskipun cryptocurrency dan NFT dapat digunakan dengan berbagai cara, Chiliz melihat crypto sebagai teknologi yang memungkinkan untuk bisnis utamanya, yaitu membangun komunitas penggemar.

Fokus ini telah membantu Chiliz menarik investor dan memoderasi volatilitas yang sering mengguncang pasar cryptocurrency.

Chiliz bukanlah perusahaan crypto, tetapi perusahaan yang menggunakan crypto sebagai teknologi penting dalam mencapai tujuan bisnis yang tidak ada hubungannya dengan crypto.

NFT telah membuktikan nilainya dalam industri game, di mana mereka memungkinkan pengguna untuk naik level, mempersonalisasi profil mereka, dan mencapai tujuan dalam game. Mereka banyak digunakan dalam program loyalitas pelanggan.

Chiliz telah mengambil posisi yang jelas dalam menggunakan teknologi untuk mendukung tim olahraga dan penggemar mereka.

Token CHZ

Token CHZ  adalah token asli Chiliz, ini adalah token ERC-20 dan BEP20  yang berjalan pada blockchain Chiliz berbasis Ethereum . Token berfungsi sebagai mata uang yang memungkinkan pengguna untuk membeli NFT di pasar token penggemar Socios Chiliz.

Chiliz meluncurkan token CHZ pada tahun 2018 tanpa acara penawaran umum. Saat ini, 5.344.064.580 token CHZ beredar dari total pasokan 8.888.888.888. Token ini bisa dibeli di berbagai bursa.

Cara Menggunakan dan Membeli CHZ

Kamu bisa menggunakan token CHZ sebagai alat untuk melakukan voting di platform Socios. Pergi ke marketplace Socios, beli fan token yang kamu inginkan dan gunakan token tersebut untuk bisa terlibat di berbagai kegiatan tim olahraga favorit mu.

Kedua, kamu bisa membeli token CHZ langsung di bursa dan melakukan trading dengan berbagai pasangan CHZ untuk meraih keuntungan.

Kesimpulan

Chiliz adalah sumber daya olahraga dan esports yang membuat token bermerek yang memungkinkan penggemar berinteraksi dengan tim.

Bisnis ini menggabungkan platform Socios dan pasar token dengan koin berbasis Ethereum dan lusinan token penggemar bermerek untuk menciptakan ekonomi yang lengkap untuk interaksi tim-penggemar.

Token CHZ memiliki dua kegunaan utama. Beberapa orang memperolehnya sehingga mereka dapat membeli token penggemar dan mendukung tim favorit mereka di Socios. Yang lain memperoleh token sebagai alternatif investasi menarik yang agak terlindung dari pasang surut di pasar crypto yang lebih luas.

CHZ bisa menjadi alternatif atau tambahan stablecoin dalam menciptakan portofolio investasi crypto, tentu saja dengan memerhatikan segala keuntungan dan risiko yang ada.

Top exchange
Pintu
16 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

16 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar