Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Sama-sama Jadikan Rupiah Acuan, Ini Beda IDRT dan BIDR

IDRT dan BIDRsama-sama mematok harga sesuai dengan mata uang Rupiah, namun kedua aset ini seringkali memiliki harga yang berbeda. Hal ini membuat para pengguna terkadang bingung apa yang membuat keduanya bisa berbeda meskipun dipatok dengan mata uang yang sama?

Berikut adalah penjelasannya.

Apa itu BIDR

BIDR bisa kita temukan di Tokocrypto dan Binance ini adalah aset yang mempermudah pengguna Indonesia jika ingin trading di Binance salah satu bursa yang memiliki banyak sekali pilihan crypto. BIDR adalah aset yang dipasangkan langsung oleh Binance, karena itu likuiditas aset ini dikelola oleh Binance.

Setiap bursa tentu memiliki aturan dan perhitungan sebelum menentuka harga aset, karena itu BIDR seringkali memiliki nilai yang berbeda dengan IDRT, karena mereka dikelola oleh perusahaan yang berbeda.

Ayo trading di Binance

Meski begitu dengan menggunakan BIDR kita dapat mengetahui berapa IDR yang akan kita dapatkan jika kita melakukan penarikan aset dari Binance ke bursa lokal sebelum dicairkan ke mata uang fiat melalui ATM konvensional.

Apa itu IDRT

Rupiah Token (IDRT) adalah stablecoin yang juga menggunakan rupiah sebagai patokan. Berbeda dengan BIDR, IDRT ini dikelola oleh PT Rupiah Token Indonesia. IDRT dibangun di atas teknologi blockchain yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim Rupiah ke seluruh dunia dengan instan.

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang

Ia menggunakan blockchain Ethereum (ERC-20), aset ini juga ada di Binance Chain dengan nama IDRB dan bekerja di Binance Chain (BEP-2) yang merupakan jaringan blockchain yang dikembangkan oleh Binance dengan waktu konfirmasi transaksi yang lebih cepat dan biaya gas yang lebih rendah. Setiap transaksi di Binance Chain dibebankan biaya dalam bentuk BNB.

Setelah mengetahui apa itu IDRT dan BIDR kita bisa menyimpulkan jika perbedaan utama yang terlihat adalah siapa yang mengelola kedua aset itu. BIDR dikelola oleh Binance dan IDR oleh Rupiah Token.

Perbedaan pengelola ini tentu membuat perbedaan harga menjadi wajar sebab ada aturan berbeda yang mereka terapkan seperti biaya gas, transaksi, pengelolaan dan lain sebagainya.

Mana yang Lebih Bagus?

Hal ini tergantung dengan kebutuhan jika kamu ingin melakukan trading di Binance ada baiknya kamu menggunakan BIDR. Sebab pasangan BIDR lebih banyak dibandingkan dengan IDRT.

Kamu bisa mengirim IDRT ke Binance kemudian kamu jual ke BIDR untuk pengalaman perdagangan yang leboh beragam. Namun jika kamu tidak ingin trading secara aktif kamu bisa menggunakan  IDR di PINTU yang otomatis sudah terkonversi menjadi IDRT.

Pertanyaan penting

Apa itu BIDR?

BIDR adalah aset yang dipasangkan langsung oleh Binance, karena itu likuiditas aset ini dikelola oleh Binance.

Apa itu IDRT?

Rupiah Token (IDRT) adalah stablecoin yang juga menggunakan rupiah sebagai patokan. Berbeda dengan BIDR, IDRT ini dikelola oleh PT Rupiah Token Indonesia.

Apa itu ERC-20?

Token ERC-20 adalah token yang dibuat dan digunakan hanya pada platform Ethereum.

Apa itu BEP-2?

Merupakan jaringan blockchain yang dikembangkan oleh Binance dengan waktu konfirmasi transaksi yang lebih cepat dan biaya gas yang lebih rendah.

Mana yang lebih bagus antara BIDR dan IDRT?

Tergantung dengan kebutuhan jika kamu ingin melakukan trading di Binance ada baiknya kamu menggunakan BIDR.

Kosa Kata

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Hash Rate