Berita Altcoins · 6 min read

XRP Dinyatakan Bukan Sekuritas, Harga Aset Naik 95%

SEC vs Ripple

XRP kripto utilitas ekosistem Ripple mengalami kenaikan signifikan +95% setelah hakim AS, Analisa Torres, menyatakan bahwa XRP bukan aset kripto sekuritas.

XRP Dinyatakan Bukan Sekuritas

Pemberitaan tentang keputusan atas kasus Ripple dengan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) menyebar pada 13 Juli 2023 sekitar pukul 22.30 WIB, salah satunya dari crypto twitter Watcher Guru.

Menurut dokumen yang diajukan pada tanggal 13 Juli 2023, hakim AS, Analisa Torres, telah memberikan keputusan peninjauan kasus yang menguntungkan bagi Ripple dengan menyatakan bahwa XRP bukanlah aset kripto sekuritas, namun hanya dalam konteks penjualan di bursa.

Namun, SEC juga mencatatkan kemenangan sendiri, karena hakim federal telah memutuskan bahwa XRP merupakan aset kripto sekuritas ketika dijual kepada investor institusional, karena memenuhi kondisi yang ditetapkan dalam Uji Howey.

Setelah keputusan ini, beberapa exchange kripto seperti Coinbase dan Gemini memutuskan untuk me-listing kembali XRP.

Baca juga: Harga XRP Melesat Naik dalam 24 Jam, Komunitas Optimis Ripple Menang Lawan SEC

XRP Naik 95%

Sebelum keputusan hakim AS beredar, XRP diperdagangkan di kisaran US$0,474. Ketika berita keputusan beredar, XRP mengalami kenaikan 95% ke harga tertinggi dalam 24 jam terakhir, yakni US$0,927.

Gambar: Grafik harga XRP

Walaupun dengan kenaikan yang signifikan, XRP masih mengalami penurunan -61,2% dilihat dari harga tertinggi US$1,969 pada bullrun 2021 dan masih turun -77% dari harga tertinggi keseluruhan (ATH) yakni di harga US$3,317.

Berdasarkan Fibonacci Retracement, XRP sempat berhasil menembus resistance US$0,855 dan sedang berusaha berada stabil pada level ini. Setelah level resistance ini, terdapat resistance lanjutan di US$1 sekaligus sebagai harga psikologis bagi XRP.

Per 14 Juli 2023 pukul 10.30 WIB, XRP diperdagangkan pada harga US$0,764.

xrp
Gambar: Grafik harga XRP dengan perbandingan harga tertinggi

Keputusan bahwa XRP bukan aset kripto sekuritas tidak hanya membuat harga XRP naik, melainkan hampir semua harga aset kripto terutama aset kripto yang dicap sekuritas oleh SEC seperti Solana (SOL), Cardano (ADA), dan Polygon (MATIC).

Terlihat bahwa dalam 24 jam terakhir, SOL mengalami kenaikan +41,52%, ADA naik +27,82%, dan MATIC naik +26,89%.

Gambar: Perubahan harga SOL, ADA, dan MATIC

Baca juga: Dokumen Hinman Dirilis, Perkuat Argumen Ripple di Pengadilan!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.